Warna Cat Kamar Tidur Anak, Mana yang Lebih Cocok?

Kamar Tidur Anak Laki-laki

Tiga warna cat kamar anak yang paling umum dipilih para orang tua adalah putih, pink atau biru. Warna putih biasa digunakan agar terlihat bersih, simpel dan mudah untuk mengkombinasikannya dengan dekorasi, sementara pink dipilih untuk warna kamar tidur anak perempuan, dan biru untuk kamar tidur anak laki-laki. Apakah Anda pernah terlintas untuk memilih warna lainnya? Tapi timbul pertanyaan mana yang cocok ya. Nah, berikut ada beberapa pilihan terbaik warna cat kamar anak. Mari kita simak!

1. Kuning

Kamar Tidur Anak

Warna kuning untuk diaplikasikan di cat dinding kamar anak dapat membantu menenangkan dan juga dikenal dapat merangsang aktivitas otot. Karakter yang muncul pada anak adalah lebih imajinatif dan konsisten terhadap apa saja yang sedang mereka pelajari.  Warna ini dinilai mampu meningkatkan konsentrasi, daya ingat dan kecerdasan.

2. Orange

Anak yang menyukai warna ini merupakan pribadi yang menyenangkan dan ingin tampak menonjol. Menyukai interaksi sosial, tidak kenal takut, penuh rasa penasaran, dan tidak mudah lelah.  Selain itu, cat dinding kamar anak warna orange juga menumbuhkan sifat sosial yang membuat anak merasa nyaman bermain bersama temannya, bahkan dapat meningkatkan komunikasi dan kerja sama.

3. Ungu

Kamar Tidur Anak Perempuan

Warna ini sering dikaitkan dengan kemewahan, ambisius dan kepercayaan diri yang tinggi. Warna yang dalam dan emosional ini sangat baik untuk mengasah kepekaan dan kasih sayang pada diri anak-anak. Cat dinding warna ungu cocok untuk diaplikasikan di kamar tidur anak perempuan maupun laki-laki.

4. Hijau

Kamar Tidur Anak Hijau

Memberikan kesan pribadi yang santai dan tidak menyukai konflik. Anak yang menyukai warna hijau biasanya lebih percaya diri dan tidak takut dalam menghadapi tantangan dalam hidup. Selain memberikan rasa sejuk, segar, dan nyaman di dalam kamar mereka, cat dinding untuk kamar anak dengan warna ini juga dapat membantu meningkatan kekebalan tubuh (sistem imun) dan kemampuan baca anak.

5. Merah

Pemilihan warna merah untuk cat dinding kamar anak akan memunculkan energi, keinginan dan membuat mereka lebih bersemangat sehingga dapat merangsang daya pikir serta meningkatkan energi. Namun untuk warna cat dinding kamar anak ini perlu diperhatikan juga bahwa bisa merangsang agresivitas sehingga dapat mengakibatkan anak kurang dapat berkonsentrasi.

6. Putih

Kamar Tidur Anak Putih

Warna yang paling umum dipilih orang tua untuk warna cat dinding kamar anak adalah putih yang melambangkan kegembiraan, kedamaian, kemurnian dan kebersihan. Dominasi warna putih di kamar mereka dapat menimbulkan kelelahan loh, jadi perlu dikombinasikan ya.

7. Biru

Kamar Tidur Anak Biru

Melambangkan keyakinan, perdamaian dan kebijaksanaan dan dapat membantu menenangkan saraf anak, serta memberikan mereka tidur yang baik di malam hari. Warna cat dinding ini memiliki efek menenangkan, meningkatkan rasa percaya diri serta dapat menurunkan kecemasan dan sifat agresif. Anak-anak yang mengalami tantrum atau masalah perilaku lainnya bisa dilakukan terapi menggunakan efek menenangkan dari ruangan dengan warna biru

8. Pink

Kamar Tidur Anak Perempuan

Memiliki kesan feminin, punya efek menenangkan, dapat meningkatkan rasa empati merupakan karakter warna pink untuk cat dinding kamar anak. Perlu diperhatikan juga pengaplikasiannya agar tidak berlebihan karena akan membuat anak mudah cemas.

Sudah menentukan warna apa yang akan dipilih? Selanjutnya, Anda bisa mendapatkan beragam warna cat dinding seperti inspirasi di atas dari Pacific Paint yaitu menggunakan cat dinding interior Metrolite Acrylic Emulsion yang akan memberikan hasil maksimal serta perlindungan menyeluruh untuk cat dinding kamar anak.

Nah setelah mengetahui pilihan warna cat dinding kamar anak serta karakter yang akan muncul dari anak, ajak mereka untuk mendekorasi kamarnya. Penggunaan warna cat di atas dapat dikombinasikan satu dengan yang lainnya bukan pada seluruh ruangan. Lengkapi juga dinding kamar dengan frame foto, lukisan, tirai maupun dekorasi lainnya.

 

Baca juga : Sudah Tepatkah Pilihan Warna di Rumah Anda?