Tips Dan Cara Mengecat Dinding

Ketika kalian sudah merasa tidak nyaman dengan cat dinding rumah kalian dan kalian sudah tidak sabar untuk menggantinya,kalian bisa mengambil keputusan untuk mengecat ulang rumah kalian. Akan tetapi, jika kalian ingin mengecat alangkah lebih baik untuk lebih memperhatikan cara mengecat dinding nya terlebih dahulu. Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal, kalian harus berfokus kepada pengecatan dari bagian luar ke bagian dalam. Dan sebenarnya masih banyak lagi cara mengecat dinding yang akan mimin jelasin dibawah ini, yuk simak penjelasannya:

1. Jauhkan barang-barang

Jika kalian ingin memulai mengecat, alangkah lebih baiknya kalian untuk menjauhkan barang-barang kalian dari dinding. Saran dari mimin sih kalian harus menyimpannya terlebih dahulu di suatu ruangan agar tidak mengganggu proses pengecatan. Jika kalian tidak memiliki ruangan yang cukup di dalam rumah kalian, kalian dapat menggesernya agak tidak terlalu menempel pada dinding. Pastikan juga, kalian dapat menutup barang-barang kalian dengan penutup seperti drop cloth.

Baca Juga : Karakter Warna yang Menenangkan untuk Warna Cat Ruang Tamu Minimalis

Kenapa seribet itu? Padahal hanya ingin mengecat dinding dan tidak ada pengaruhnya dengan barang-barang disekelilingnya. Ketika mengecat, hampir sangat tidak mungkin untuk kita mencegahnya tidak mengenai barang lainnya. Jadi ketika kalian melipisinya dengan drop cloth atau menjauhkannya, maka kesempatan cat kena barang kita sangatlah kecil. Dan jangan lupa juga untuk menjauhkan barang-barang elektronik dari tempat yang kalian ingin cat.

2. Jauhkan aksesoris yang menempel

Lalu cara mengecat dinding yang ke dua adalah kalian bisa memulainya dengan melepaskan penutup stopkontak dan benda-benda lainnya yang menempel pada dinding. Karena hal tersebut dapat mengganggu atau menghambat proses dari pengecatannya, dan yang terpenting adalah proses dari pengecatan dapat dilakukan secara efisien.

Jika memang banyak sekali aksesoris yang menempel pada dinding kalian, kalian dapat melepas sekrupya. Dan jangan lupa juga untuk meletakannya kembali ketempatnya berasal. Lalu bagaimana dengan barang yang tidak bisa dilepas? Kalian dapat menutupnya terlebih dahulu menggunakan koran atau drop cloth.

3. Bersihkan dinding secara merata dan lembut

Untuk langkah selanjutnya dari Cara Mengecat Dinding selanjutnya adalah kalian dapat membersihkan dindingnya terlebih dahulu menggunakan air dan kain/spons. Kalian dapat membasuh kainnya ke dalam air lalu mengelapnya secara merata dan secara perlahan, hal ini dapat membantu menghilangkan kotoran pada dinding. Dan yang harus kalian ingat, Kalian hanya perlu membersihkannya saja tidak perlu sampai membasahinya.

4. Menggunakan Drop Cloth

Langkah keempat yang harus kalian lakukan adalah menutup lantai kalian menggunakan drop cloth dan kanvas. Atau kalian juga bisa menutupnya menggunakan terpal untuk dapat menghindari cat yang tumpah ke lantai. Saran dari mimin kalian jangan menggunakan penutup yang tipis seperti koran karena bahan-bahan ini sangat tipis sehingga dapat ditembus cat.

Baca Juga : Glotex Pelopor Cat Kayu dan Besi di Indonesia

Kalian juga tidak perlu menutup seluruh bagian lantai pada ruangan yang ingin kalian chat. Kalian hanya perlu menggeser drop clothnya ketika kalian ingin berpindah tempat ke dinding berikutnya.

5. Tutup permukaan dinding Menggunakan Selotip

Tahapan berikutnya ialah, tutupi permukaan bagian yang paling bawah dan di sekitar pintu menggunakan selotip cat. Kalian juga sudah harus memastikan selotip yang ditempel pada bagian bawah tidak miring. Saran dari mimin juga kalian harus perlu membeli selotip dengan ukuran yang berbeda-beda agar kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk memotongnya.

6. Cat dasar berwarna putih

Lalu tahapan selanjutnya adalah kalian harus melapisi dinding kalian dengan cat dasar terlebih dahulu. Dengan kalian melakukan hal ini cat yang baru bisa memberikan warna yang lebih jelas dan tidak ada warna lama yang ikut melapisinya. Warna dasar ini diusahakan berwarna putih karena warna tersebut yang paling netral dari warna-warna lainnya.

Cara ini biasanya disebut dengan cara mengecat dinding bagian dalam, dan cara ini sangat berguna sekali untuk kalian yang ingin mengganti warna dinding kalian dari gelap ke warna yang lebih terang.

Untuk cara pengecetannya itu sendiri, kalian dapat menggunakan kuas rol untuk bagian yang luas dan kalian dapat menggunakan kuas biasa untuk bagian sudutnya. Lalu biarkan cat dasar ini mengering terlebih dahulu.

7. Cat Luar / Cat Utama dengan warna yang kalian inginkan

Tips selanjutnya ketika cat dasar sudah kering secara maksimal, kalian sudah dapat mengecatnya dengan cat utama. Pilih cat yang tepat dan terdapat warna cat yang kalian temuka di pacific paint. Kalian juga wajib membeli catnya dengan jumlah yang cukup agar tidak kehabisan dan kekurangan dalam proses pengecatan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Cat Tembok Berkualitas dengan Harga Terjangkau

Kalian jangan sampai lupa untuk mengaduk catnya terlebih dahulu, supaya warna pada cat tersebut tercampur secara merata dan mendapatkan kekentalan yang maksimal. Agar cat tidak tumbah kemana-mana kalian dapat menggunakan ember berukurang yang cukup besar untuk mencampurnya.

Ketika sudah mencampurnya, kalian dapat memulai pengecatan menggunakan kuas rol untuk bagian luasnya dan bagaian sisinya menggunakan kuas biasa. Dan yang terpenting juga, untuk arah penngecatannya harus selaras tidak boleh merubah arahnya. Tunggu 2-4 jam untuk mendapatkan hasil kering yang maksimal lalu kalian dapat mengecatnya kembali untuk lapisan bagian ke 2nya. Ketika sudah, kalian dapat menunggunya hingga selama satu malam dan jangan menggeserkan barang kalian terlebih dahulu.

Tips:

– Kalian harus mengukur luas dari ruangan yang kalian ingin chat, karena untuk mengatahui berapa banyak cat yang harus kalian gunakan.

– Diusahakan mengerjakannya saat libur kerja, karena mengecat itu sendiri membutuhkan waktu luang yang cukup lama. Jadi tidak bisa kalian kerjakannya secara estafet.

– Kalian harus menambal ruangan yang bolong terlebih dahulu menggunakan semen lalu kalian bisa meratakannya menggunakan ampelas.

– Lalu tips selanjutnya adalah kalian dapat mencampur sedikit warna pada cat bagian dalam untuk mendapatkan warna yang sempurna pada saat akhir.

– Lepaskan lah selotipnya ketika cat masih basah, hal ini dapat meminimalisir terjadinya cat yang retak.

Saran:
– Jangan biarkan anak atau hewan kalian mendekati dinding

– Jika ada kabel yang terbuka dan terlihat tembaganya, alangkah lebih baiknya kalian benarkan terlebih dahulu. Karena dapat memicu tersengat listrik.

– Berhati-hati ketika kalian ingin menjangkau tempat yang tinggi menggunakan tangga atau kursi.

Semoga dengan tips dan cara mengecat dinding ini sangat bermanfaat untuk kalian, jika kalian merasa bingung saat memilih warna yang cocok untuk ruangan anda. Kalian dapat melihatnya pada artikel “8 Rekomendasi Warna Cat rumah Di Tahun 2022“.