Karakter Warna yang Menenangkan untuk Cat Ruang Tamu Minimalis

warna cat ruang tamu yang menenangkan

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan terpenting dalam hunian, sehingga dalam menatanya pun dibutuhkan sedikit perhatian. Salah satu hambatannya adalah ruangan yang terbatas namun ingin tercipta suasana nyaman baik bagi pemilik rumah maupun para tamu yang datang. Solusi termudah untuk mengatasi hambatan ini adalah dengan mengubah warna cat ruang tamu minimalis yang berukuran relatif kecil dengan warna-warna tertentu agar terlihat lebih luas.

Tren penggunaan warna monokromatis dari warna berkarakter yang menenangkan (calm) banyak diimplementasikan pada rumah bergaya minimalis dewasa ini. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan luas pada ruangan yang ada. Agar dapat mengaplikasikannya pada di rumah Anda, berikut kami berikan tips pemilihan warna cat ruang tamu minimalis dan memadukannya dengan furnitur yang ada. Dengan beberapa contoh berikut, Anda akan dapat menciptakan suasana rumah tamu yang tenang dan menyenangkan bagi tamu yang berkunjung.

 

Putih dan Biru Pucat untuk Kesan Minimalis yang Luas

Mengimplementasikan konsep monokromatis dapat juga membuat ruangan menjadi tampak lebih mewah. Penggunaan warna putih bersama biru pada dinding dan dipadukan dengan furnitur yang berwarna senada akan membuat ruang tamu Anda tampak sejuk, tenang dan luas. Perpaduan warna ini dapat membuat tamu Anda betah duduk berlama-lama disana.

warna cat ruang tamu monokromatik

Untuk memberi suasana rileks namun tetap segar dan terjaga dari kantuk, pemilihan warna cat ruang tamu minimalis dapat dipadukan dengan aksesoris dengan karakter warna tegas. Anda dapat menambahkan pot tanaman hias berwarna hitam di sudut ruangan. Warna hijau dari tanaman hias di ruang tamu tentu akan menambah kesegaran dan menjadikan aksen pada warna interior ruang tamu. Hasilnya adalah sebuah perpaduan warna yang memberikan kenyamanan bagi siapa saja yang berkunjung ke rumah Anda.

 

Warna Krem dengan Aksen Ungu

Anda memiliki sofa lama berwarna beige?  Tambahkan beberapa bantal aksesoris berwarna ungu atau pink tua untuk membuatnya lebih berwarna serta terkesan menonjol. Tanpa perlu mengganti sofa lama, Anda dapat memilih warna cat ruang tamu minimalis berwarna krem untuk memberikan kesan luas dan menjadikan ruangan terasa lebih nyaman. Baik digunakan untuk tamu maupun maupun diri sendiri, duduk di sofa itu akan terasa lebih menyenangkan.

warna cat ruang tamu rumah minimalis

Anda juga dapat menambahkan sebuah lukisan berbentuk bujur sangkar yang digantung di atas sofa secara simetris. Lengkapi dengan aksesoris tanaman hias berwarna hijau untuk menambah kesegaran ruangan. Kombinasi warna cat dinding dan sofa ditambah hiasan dinding tersebut akan memberi kesan lebih seimbang dan menarik bagi ruang tamu Anda.

 

Biru Pastel untuk Me Time

Dekorasi interior ini sangat cocok untuk Anda yang ingin memiliki ruang untuk Me Time di rumah, mengevaluasi hari yang telah Anda lalui. Dekorasi dapat diterapkan untuk ruang tamu maupun ruang keluarga di rumah minimalis berjendela besar. Warna biru pastel pada dinding dipadukan warna sofa dan karpet yang senada akan menjadikan ruangan memiliki nuansa yang menenteramkan serta menciptakan suasana tenang dan meditatif.

Motif kayu pada lantai dan jendela besar yang mengarah ke taman akan membuat suasana dalam ruangan menjadi lebih berkesan alami. Anda dapat dengan mudah berkonsentrasi di dalam ruangan ini, sehingga cocok untuk bersantai maupun untuk menerima tamu di rumah.

biru paste cat interior rumah

Manfaatkan cahaya alami yang masuk dari jendela secara optimal, sehingga pada siang hari tidak diperlukan pencahayaan dari lampu sama sekali. Perpaduan warna lembut dari cat dinding dan furnitur akan membantu mereduksi silau dari cahaya yang masuk disana.

 

Kesejukan Warna Abu-Abu

Kombinasi abu-abu dan putih atau krem akan menciptakan kesan sejuk dan tenang. Dengan menambahkan aksesoris lampu, paduan warna furnitur dan warna cat ruang tamu minimalis yang Anda gunakan akan membuat ruangan tampak lebih besar, luas dan modern.

Agar tidak terlihat pucat, Anda dapat menambahkan asesoris bantal pada sofa dengan warna yang cerah. Sertakan juga lukisan dinding berbingkai segi empat atau tanaman hias, untuk menambah kesan kontras namun segar dan alami.

cat interior rumah sejuk dan nyaman

Bagaimana jika Anda tidak menginginkan kesan modern, melainkan kesan alami dari warna abu-abu berpadu putih? 
Anda dapat melakukannya dengan memadukan warna coklat dan elemen kayu pada dekorasi rumah Anda. Gunakan kusen jendela warna coklat dan lantai kayu di ruang tamu Anda untuk menimbulkan kesan alami tersebut.

 

cat ruang tamu minimalis

 

Implementasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis dan Ruang Lainnya

Karakter warna yang menenangkan dapat menjadi pilihan pertama bagi siapapun yang ingin memiliki rumah dengan nuansa sejuk, nyaman dan berkesan luas. Begitu juga untuk mereka yang mencari kemudahan dalam mendekor interior rumah dengan furnitur lama yang telah dimiliki. Baik itu digunakan untuk ruang tamu, ruang keluarga atau ruang lainnya. Dapat disimpulkan bahwa semua warna muda dapat dipadukan dengan warna-warna berkarakter menenangkan untuk ruang tamu Anda.

Itulah beberapa tips dan rekomendasi warna cat ruang tamu yang dapat diaplikasikan pada ruang tamu Anda. Selamat bereksplorasi dengan warna ruang tamu yang baru!

Salam warna warni.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *