Tetap Nyaman di Rumah Saat Musim Hujan

tetap nyaman di rumah saat hujan

Setelah musim kemarau yang cukup panjang mungkin kita terlupa untuk menyiapkan rumah agar tetap nyaman di musim hujan. Padahal saat musim hujan rumah rentan lembab dan terkadang munculnya bocor. Selain mengganggu dan membuat tidak nyaman, kondisi itu bisa memicu timbulnya jamur yang tentunya akan berefek bagi seluruh penghuni rumah.

Pencegahan agar semua itu tidak terjadi, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar keluarga tetap nyaman berada di rumah saat musim hujan:

1. Periksa atap dan talang air

Posisi genting atap rumah bisa saja bergeser karena panasnya sinar matahari hingga angin kencang yang terkadang malah bisa membuat pecah atau rusak sehingga menyebabkan kebocoran. Selain itu juga talang air kotor akibat tertutup oleh daun-daun kering yang gugur di musim panas sehingga menghambat jalannya air. Air yang tersumbat di talang akan meluap dan mengakibatkan rembesan air di dinding rumah. Segera lakukan pengecekan, perbaiki atau ganti atap maupun talang air yang rusak agar Anda dan keluarga tidak kewalahan mengatasi kebocoran saat hujan tiba.

rumah aman di musim hujan

2. Bersihkan saluran air

Pastikan tidak ada kotoran yang membuat pembuangan air dari dalam rumah ke selokan tidak lancar. Kondisi selokan di luar rumah pun harus dicek agar terbebas dari tumpukan sampah yang dapat mengakibatkan tersendatnya saluran air hujan dan timbulnya genangan air hingga membuat banjir di depan rumah.

bersihkan saluran air

3. Perhatikan sirkulasi udara

Musim hujan datang seringkali membuat orang enggan keluar rumah, menutup pintu dan jendela rapat-rapat agar udara didalam rumah tetap hangat. Namun orang sering lupa untuk tetap memperhatikan sirkulasi udara melalui ventilasi agar udara segar dapat masuk ke dalam rumah.

Saat Anda melihat cuaca cukup cerah dengan cukupnya sinar matahari masuk ke rumah, buka jendela agar terjadi pertukaran udara sehingga membantu mencegah timbulnya jamur di dinding atau sudut yang lembab dan bahkan bisa lebih menyehatkan bagi seluruh anggota keluarga.

Jaga agar sirkulasi udara tetap baik

4. Periksa dinding yang retak

Dinding yang retak atau rusak bisa menjadi salah satu jalan masuknya air hujan ke dalam rumah, baik itu karena tampias ataupun air yang rembes dari tembok luar. Perlunya memperhatikan lapisan cat apakah ada yang terkelupas sehingga dibutuhkan untuk pengecatan ulang atau bahkan harus diperbaiki. Gunakan pelapis anti bocor dengan berbagai pilihan warna favorit Anda maupun keluarga ya. Cat anti bocor dari Pacific Paint dapat dilihat info lengkapnya pada website pacificpaint.com atau kunjungi akun sosial media Pacific Paint Indonesia agar rumah terlindungi dengan baik.

cat dinding rusak

5. Rapikan tanaman

Rapikan pot tanaman serta potong rumput di halaman rumah untuk menjaga keindahan tanaman hias serta agar lebih aman saat hujan deras. Tanaman yang terlalu rimbun dan menyemak dapat menjadi sarang serangga, tikus hingga ular. Mereka biasanya mencari tempat baru dikarenakan sarangnya terendam air saat musim hujan. Yuk luangkan waktu akhir pekan Anda untuk bersama keluarga merapikan kebun maupun halaman rumah.

amankan tanaman

Lakukan tips di atas sesegera mungkin agar Anda tetap nyaman berada di dalam rumah ketika hujan deras. Bila Anda menemukan dinding rumah Anda lembab, berjamur atau rusak karena hujan, Anda bisa mendapatkan tips mengatasinya di website kami https://pacificpaint.com/solusi-masalah-cat-dinding-cat-tembok-interior-dan-eksterior/

Salam warna warni!