Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di Rumah

membuat ruang kerja di rumah

Generasi Y atau biasa disebut sebagai generasi milenial merupakan kelompok usia produktif yang lahir antara periode 1980 hingga 2000. Di dunia profesional sendiri, generasi milenial terus mengalami peningkatan jumlah yang signifikan terutama di perusahaan rintisan (start up) berbasis teknologi. Generasi ini sangat fleksibel dan tidak mau terkekang oleh peraturan yang kaku di perusahaan, sehingga banyak dari mereka memutuskan untuk memilih bekerja dari luar kantor yakni bisa dari mana saja, termasuk di rumah.

Salah satu kunci sukses bekerja di rumah selain disiplin diri dan koneksi internet yang baik,  adalah memiliki ruang kerja yang nyaman sehingga akan dihasilkan beragam inspirasi dari ide-ide menarik untuk diaplikasikan pada pekerjaan. Berikut ini kami berikan beberapa kiat untuk membuat ruang kerja di rumah yang tidak saja terasa nyaman, namun juga akan membuat Anda mampu mengasah kreativitas sehingga dihasilkan banyak karya.

1. Pertimbangkan Kebutuhan Kerja Anda

Sebelum Anda memilih ruangan untuk bekerja di rumah, perhatikan jenis pekerjaan yang akan Anda lakukan. Apakah Anda membuat desain, menangani tugas administrasi, merencanakan suatu acara outdoor, atau melakukan pekerjaan yang sepenuhnya menggunakan komputer?

Memahami jenis pekerjaan menjadi hal yang paling penting sebelum memutuskan untuk membuat ruang kerja sendiri di rumah karena Anda harus menyiapkan beberapa benda yang sesuai seperti lemari atau kotak penyimpanan, meja untuk bekerja maupun meja untuk mesin printer. Seperti contoh seorang desainer grafis yang tentunya membutuhkan komputer dengan layar monitor berukuran besar, maka harus menyiapkan ruangan agak besar untuk penempatan meja kerjanya.

Jenis pekerjaan akan berdampak pada kebutuhan ukuran ruangan, peralatan yang digunakan serta berapa orang yang akan bekerja bersama Anda.

tips ruang kerja di rumah

 

2. Tentukan Zona Kerja Spesifik

Karakteristik pekerjaan mengharuskan sebagian besar jam sibuk para pekerja dihabiskan duduk di depan layar komputer baik desktop ataupun laptop, termasuk juga bagi Anda yang memilih bekerja di rumah.  Ruang kerja yang nyaman tentunya menjadi dambaan. Memiliki zona kerja yang spesifik akan membuat Anda dan anggota keluarga tidak merasa terganggu oleh aktifitas masing-masing. Dan bagi pekerja yang memiliki anak kecil, bekerja di area terbuka di rumah seperti ruang keluarga tentunya akan memiliki tantangan tersendiri, antara lain kehadiran buah hati yang belum mengerti bahwa Anda membutuhkan konsentrasi dalam bekerja.

kerja dari rumah

Itu sebabnya memilih tempat kerja khusus di salah satu ruangan atau area tertentu di rumah sangat penting untuk kelancaran pekerjaan serta kesuksesan Anda.

3. Bekerja dengan apa yang Anda Miliki

Jika di rumah tidak memiliki ruang cadangan untuk digunakan secara khusus sebagai ruang kerja, Anda tetap bisa memiliki area bekerja dengan sedikit kreatifitas. Dengan sedikit sentuhan dekorasi di salah satu sudut rumah, akan tercipta area kerja yang tampak berbeda dengan tampilan ruang di sekitarnya. Letakkan meja serta kursi untuk bekerja di antara tanaman hias dan rak, dengan demikian Anda dapat meletakkan barang-barang pendukung pekerjaan di area khusus bekerja di rumah.

ruang kerja dari rumah

Area kerja ini juga dapat membantu Anda lebih produktif karena ketika duduk dan berkreasi di depan komputer atau laptop, akan selalu teringat bahwa Anda sedang fokus bekerja, lupakan hal lain yang tidak berhubungan dengan pekerjaan.

4. Pilih Metode Pengarsipan

Walaupun sebagian besar pekerjaan dilakukan berbasis online, Anda akan tetap membutuhkan penyimpanan berkas seperti dokumen pajak, rekening koran dari bank, tagihan dan juga proposal. Dibutuhkan lemari atau kotak khusus untuk penyimpanan berkas dokumen agar tidak memenuhi meja kerja Anda.

penyimpanan berkas kerja di rumah

Sebaiknya Anda memiliki lemari untuk menyimpan dokumen dalam folder-folder, bukan memasukkan berkas dokumen ke dalam laci meja kerja Anda. Percayalah, dalam waktu 1-2 bulan saja, Anda akan menemukan laci meja kerja Anda penuh dengan dokumen dan Anda sendiri kesulitan untuk mencari dokumen tertentu yang saling bertumpuk di dalamnya.

5. Prioritaskan Kenyamanan

Jadikan area kerja di rumah sebagai tempat yang Anda sukai. Jika itu sebuah ruangan khusus, pertimbangkan juga untuk mengecatnya dengan warna kesukaan Anda suka dan pastikan adanya pencahayaan yang baik. Aplikasikan warna cat tembok yang lembut dan bersih agar mendapatkan suasana nyaman sehingga mampu fokus pada pekerjaan.

warna cat tembok ruang kerja

Berbeda dengan profesi seorang desainer kreatif yang menyukai gaya minimalis, warna cat dinding gelap nan elegan dapat diaplikasikan pada dinding ruang kerja di rumah untuk mendukung produktifitas. Padukan warna hitam atau abu-abu dengan warna putih dapat juga menjadi pilihan.

warna ruang kerja

Pilihan lain yang dapat menjadi pertimbangan adalah dengan membuat ruangan lebih ceria yang dilengkapi tanaman hijau, frame foto atau lukisan pada dinding di atas meja kerja. Gunakan tempat alat tulis unik dengan kreasi yang disukai serta dilengkapi berbagai dekorasi pendukung yang dapat membuat Anda nyaman. Ingatlah, bagaimana penampilan area kerja Anda dapat menentukan suasana hati untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Jadi, Anda membutuhkan sebuah area kerja yang nyaman dan menginspirasi.

6. Jaga Semuanya Tetap Teratur

Keteraturan tentu akan membantu produktifitas Anda. Kemudahan mencari dokumen atau alat tulis bukan hanya membuat pekerjaan menjadi lebih cepat, tetapi juga menghindari Anda merasa frustasi dan kehilangan mood karena kesulitan saat mencari barang yang dibutuhkan.

Menempatkan rak penyimpanan dokumen di samping tempat duduk akan membuat Anda dapat meraih dokumen yang dibutuhkan dengan mudah. Begitu juga dengan buku-buku referensi yang mungkin dibutuhkan, serta alat tulis.

cahaya alami ruang duduk

Posisi sumber pencahayaan juga berperan penting. Anda perlu memikirkan dimana posisi lampu baca untuk meja kerja tanpa perlu memindahkannya setiap kali membutuhkan tambahan penerangan.

Rapikan selalu area kerja setiap kali Anda selesai menggunakannya agar keesokan hari tidak perlu memulai bekerja dengan membereskan meja yang berantakan.

Nah, apabila sudah memutuskan untuk bekerja dari rumah, maka saatnya untuk meninjau kembali apakah area kerja di rumah sudah mendukung produktifitas bekerja? Semoga tips-tips di atas dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kreatifitas dalam meraih kesuksesan.

12 thoughts on “Tips Mempersiapkan Ruang Kerja di Rumah”

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *