Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Terbaik

Memilih warna cat rumah minimalis terbaik, tidak bisa sembarangan.  Karena selain mempengaruhi estetika juga berdampak pada kenyamanan hunian.

Misalnya saja untuk kamar anak mungkin lebih menarik dengan pilihan cat warna cerah. Sementara itu, ruang kerja akan lebih nyaman jika dicat menggunakan warna-warna netral.

Agar tidak bingung, yuk simak tips memilih warna cat rumah minimalis berikut ini.

Pelajari detail arsitektur rumah

Salah satu tips memilih warna cat  rumah minimalis terbaik adalah dengan mempelajari setiap detail elemen arsitektur di dalam rumah. Beberapa warna cat memiliki suasana yang dapat memberikan kehangatan dan kesejukan pada sebuah ruangan, sedangkan warna lainnya memunculkan kesan berani.

Misalnya, memilih warna batu bata dengan bintik abu-abu gelap tentu berbeda dengan memilih warna untuk plesteran yang umumnya memiliki aksen biru. Selalu perhatikan aksen warna satu elemen dengan elemen lainnya, agar memiliki warna yang sama.

Pilih finishing warna cat yang tepat

Selain pemilihan warna cat yang tepat, pemilihan lapisan cat juga penting untuk diperhatikan. Pasalnya, proses finishing ini akan mempengaruhi tampilan warna cat yang sudah diaplikasikan pada dinding.

Hasil akhir pelapisan cat dibagi menjadi lima kategori yaitu matte, cangkang telur, satin, semi gloss, dan high gloss. Anda bisa menentukan tampilan akhir cat sesuai selera Anda.

Lihat warna cat dalam berbagai kondisi

Sebelum mengaplikasikan cat warna rumah minimalis ke semua bangunan di rumah perhatikan beberapa hal. Pertama gunakan dinding uji bata mini yang terbuat dari kayu lapis yang menghadap ke jalan, sebagai rumah yang dibangun.

Baca Juga : Cara Mengecat Tembok Baru Agar Hasilnya Maksimal

Setelah itu, aplikasikan terlebih dahulu pilihan warna cat pada dinding uji dan lihat warna cat pada pagi, siang, sore, dan malam hari baik cerah maupun mendung. Hal ini penting karena warna cat bisa berubah karena pengaruh lingkungan, sinar matahari, dan cuaca.

Gunakan warna netral

Jika Anda tidak terlalu suka cat dengan terlalu banyak warna berbeda, sebaiknya pilih warna yang netral pada seluruh dinding rumah. Sehingga tidak terjadi kontras warna antara satu dengan yang lainnya.

Sedangkan pada kamar mandi, Anda bisa menggunakan warna yang lebih kental dari bagian dinding lainnya, atau putih.

Cocokkan furniturenya

Selain menyesuaikan tekstur elemen dinding, pemilihan cat juga harus disesuaikan dengan furniture di dalam rumah. Anda dapat melakukannya dengan menempatkan warna cat rumah minimalis terbaik yang Anda pilih di samping furniture utama, seperti meja atau kayu sebelum akhirnya memilih warna itu.

Tips memilih warna cat rumah minimalis diatas, bisa menjadi panduan Anda untuk memilih warna cat yang sesuai. Rekomendasi cat terbaik untuk rumah minimalis Anda yaitu Pacific paint.

Produk dari Pacific Paint sudah teruji kualitasnya. Menghasilkan warna cat mengkilap dan terbaik di kelasnya.