Pacific Paint Indonesia

Masih Lanjut WFH? Yuk Pilih Warna yang Cocok untuk Ruang Kerja

Di awal Maret 2020 kita masih ingat untuk pertama kalinya diberitakan mengenai Indonesia masuk dalam daftar negara yang ada warganya terjangkit virus corona atau covid-19. Kabar menggemparkan ini pun membuat seluruh warga merasa khawatir, ketakutan dan banyak yang berspekulasi mengenai apa yang akan terjadi kedepan. Pemerintah pun mengambil keputusan untuk ditetapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serta mengimbau masyarakat Indonesia dapat menerapkan kerja, sekolah, dan beribadah di rumah saja guna percepatan penanganan dan mencegah penyebaran virus covid-19.

Keputusan pemerintah tersebut akhirnya dijalankan oleh perusahaan yang menjadwalkan karyawannya untuk bekerja dari rumah (work from home/WFH). Banyak karyawan yang harus beradaptasi dengan cepat agar proses kerja berjalan lancar mulai dari menyiapkan perangkat kerja, internet, mempelajari berbagai aplikasi untuk rapat secara online (virtual meeting) hingga mengatur ruang kerja di rumah. Bagi yang telah memiliki ruang maupun sudut untuk bekerja di rumah mungkin tidak merasa adanya masalah, namun banyak di antara kita tentunya harus memikirkan kenyamanan selama bekerja sekitar 8 jam dari rumah.

Beberapa masalah sering kali terjadi saat harus bekerja di rumah mulai dari bekerja tanpa menggunakan meja yang sesuai misalnya menggunakan laptop di meja tamu, meja makan atau bahkan di atas tempat tidur akan membuat badan menjadi mudah pegal. Pencahayaan serta warna cat dinding juga menjadi faktor yang harus diperhatikan agar mata tidak sakit serta mood tidak semakin menurun dengan berjalannya waktu. Tak hanya itu, bekerja di tempat yang tidak sesuai juga bisa membuat kita merasa jenuh dan tidak fokus dalam mengerjakan tugas. Permasalahan tersebut tentu akan memengaruhi kinerja dan semangat bekerja.

Mungkin kita baru menyadari hal ini setelah menghabiskan banyak waktu berbulan-bulan di ruang kerja rumah karena kebijakan WFH. Yuk mari kita lihat beberapa informasi, tips serta trik dalam melakukan pekerjaan dari rumah.

Meskipun kita harus meminimalisir bertemu dengan banyak orang selama pandemi ini, namun saat bekerja di rumah apabila ruangan memiliki jendela, bisa kita buka agar terjadi pertukaran udara dari dalam dan luar. Perlu diperhatikan juga bahwa sirkulasi udara yang baik akan membantu kita berkosensentrasi dalam bekerja.

Jika Anda mudah terganggu dengan suara berisik, pilihlah sudut ruang kerja yang jauh dari ruangan televisi maupun dapur karena akan banyak menimbulkan banyak suara atau aktifitas anggota keluarga lainnya di rumah.

Ketika bekerja dari rumah, ruang kerja bisa dibuat seperti tampilan meja di kantor, agar membuat Anda merasa nyaman dan apapun yang dibutuhkan bisa tersedia. Apabila diperlukan juga bisa siapkan segelas kopi atau teh seperti yang biasa dilakukan kalau pagi di kantor ya.

Warna cat ruang kerja ternyata dapat menentukan mood dan juga tingkat produktivitas. Jangan sembarangan memilih warna cat dinding untuk ruang kerja karena malah bisa membuat kita bosan dan cepat mengantuk!

Berikut ini rekomendasi warna cat dinding untuk ruang kerja di rumah:

  1. Hijau : Warna cat tembok ini terkenal dengan kemampuannya yang membuat ruangan terlihat lebih asri dan segar.
  2. Biru : Warna biru yang diaplikasikan pada satu sudut dinding menjadikannya sentuhan apik yang dapat membawa kesegaran ke dalam ruang kerja.
  3. Kuning : Warn aini merupakan warna primer yang banyak dipakai para desainer interior sebagai aksen utama sebuah ruangan karena warnanya yang mampu menampilkan ruangan tampak lebih hidup dan ceria. Selain itu, warna ini juga dipercaya akan mampu membuat kita lebih bersemangat karena memicu hormon serotonin ketika dipandang.
  4. Putih : Jika di rumah memiliki ruang kerja yang cukup kecil dan ingin membuat ruang tampak luas, gunakan cat warna putih. Selain membuat ruangan terasa lebih luas, warna putih juga menambah kesan terang yang dapat membuat kita lebih bersemangat kerja.

Tak perlu bingung apabila mencari cat dinding apa yang akan mampu memberikan hasil maksimal terutama pilihan warna-warna tersebut di atas karena Pacific Paint memiliki produk cat dinding Metrolite Acrylic Emulsion yang siap menghadirkan indahnya warna di ruang kerja Anda. Wujudkan ruang kerja yang nyaman dengan warna cat dari Metrolite ya.

Pemilihan cahaya yang tepat juga menunjang produktivitas dalam bekerja, khususnya bagi mereka yang menatap layar komputer atau laptop sepanjang hari. Apabila memungkinkan, gunakanlah cahaya alami sinar matahari yang masuk dari jendela. Namun apabila tidak ada jendela maka ciptakanlah cahaya yang lebih bersih, nyaman tanpa silau, hemat energi dan pilihlah cahaya lampu LED.

Di kantor Anda merasa nyaman bekerja karena meja kerja yang selalu bersih dan terjaga kerapiannya, maka bisa diterapkan juga di rumah ya. Kebersihan dan kerapihan yang terjaga saat kerja dari rumah akan menciptakan suasana nyaman bekerja seharian. Work from home memang terkesan lebih fleksibel dan praktis, tapi bukan berarti Anda tidak memperhatikan kebersihan ya.

WFH perlu memperhatikan jadwal serta prioritas pekerjaan dengan cara membuat list tugas yang diberikan kepada kantor, atur jadwal dari jam berapa mulai bekerja, jam makan siang, serta jam berapa akan berhenti kerja. Pengaturan tersebut akan membuat Anda merasa lebih bertanggung jawab sehingga tidak pekerjaan yang tertunda.

Fokus pada pekerjaan ketika sedang bekerja di rumah. Usahakan hindari kegiatan lain seperti menyalakan tv, mengundang teman hingga membuka jejaring sosial di hp maupun perangkat komputer. Anda dapat melakukan kegiatan tersebut ketika pekerjaan sudah selesai semuanya.

Kalau Anda termasuk dalam tim WFH, pastikan untuk tetap fokus bekerja dan produktif dengan menerapkan tips di atas. Janganlah hanya diam depan perangkat kerja, Anda perlu tetap aktif bergerak agar tubuh selalu sehat dan terhindar dari berbagai virus berbahaya.

Ketika sudah berada di titik jenuh saat kerja di rumah, maka sebaiknya Anda keluar sebentar menghirup udara segar. Berjalan-jalan di sekitar rumah selama 10 menit tentu dapat menyegarkan otak Anda. Selain itu, Anda juga bisa membeli camilan yang sekiranya dapat menunjang produktivitas Anda ketika bekerja nanti. Setelah itu, tentu Anda harus kembali duduk dan menyelesaikan pekerjaan.

Itulah beberapa informasi, tips dan trik yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan produktivitas ketika sedang kerja di rumah. Semoga bermanfaat. Terus semangat ya.

Exit mobile version