Waktu yang Tepat Mendekorasi Teras Rumah

Pertanyaan awal muncul, apakah di rumah Anda ada teras? Sering kali teras yang merupakan salah satu bagian terdepan dari rumah, tidak diperhatikan. Padahal selain pagar, pastinya teras yang menjadi fokus pertama kali seseorang dari luar melihat hunian kita. Oleh karena itu, mendekorasi teras menjadi salah satu hal penting untuk memberikan kesan yang baik pada sebuah rumah sejak dari luar ruangan. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini beberapa rekomendasinya:

  1. Perhatikan ukuran

Kenyamanan sebuah teras di rumah tidak ditentukan dari seberapa luas ukuran yang kita punya, namun bagaimana cara mendekorasinya. Teras yang tidak terlalu luas atau bahkan sempit, sebaiknya dihias dengan dekorasi secukupnya agar tidak terlihat terlalu ramai namun tetap indah. Misalkan hanya tempatkan dua kursi dengan ukuran yang sesuai, tambahkan dekorasi minimalis.

  1. Tentukan tema

Konsep atau tema yang hendak diusung oleh pemilik rumah, tentu akan mempengaruhi cara mendekorasi teras. Tema yang banyak dipilih antara lain minimalis, pedesaan atau back to nature, rusty chic, mewah serta oriental dan lainnya. Setelah menetapkan tema, maka bisa dimulai untuk pemilihan warna cat dinding, furnitur, serta hiasan lain sebagai pemanis dan memperindah tampilan.

  1. Tambahkan tanaman hias
Hanging Flower Pots with fence

Teras rumah menjadi bagian yang memiliki hubungan langsung dengan alam terbuka. Kesan nyaman akan tercipta dengan memaksimalkan fungsi teras dengan menambahkan tanaman hias yang digantung atau disusun pada rak, bunga dalam vas maupun hamparan rumput hijau. Selain akan memberikan tampilan yang indah dan segar, tanaman tersebut juga akan menghasilkan oksigen yang dapat masuk ke dalam rumah sehingga mengasilkan kesejukan bagi pemilik rumah.

  1. Bahan anti air

Teras pasti membutuhkan tempat duduk sehingga perlu ditambahkan furnitur kursi atau bisa juga dilengkapi meja apabila luasnya mencukupi. Kursi pun bisa ditambahkan bantal serta meja dengan tamplaknya yang menarik. Namun perlu diperhatikan untuk bahan yang digunakan karena harus anti air, tahan terhadap segala cuaca karena sepanjang hari selama berbulan atau tahun akan terus berasa di luar rumah dan tidak tertutup kemungkinan terpapar sinar matahari langsung atau cipratan air hujan.

Apabila menggunakan kursi serta meja dari kayu atau besi, apabila warnanya telah pudar maka bisa dilakukan pengecatan ulang menggunakan cat kayu dan besi Glotex Super Synthetic Paint (SSP) dari Pacific Paint. Cat ini mudah diaplikasikan, cepat kering, akan memberikan hasil warna yang bagus, tahan lama, melindungi dari segala cuaca meskipun furnitur ditempatkan di luar rumah.

balkon taman

  1. Pencahayaan yang baik

Pencahayaan pada teras harus diperhatikan juga terutama saat malam hari. Anda pastinya tidak ingin teras rumah berubah menyeramkan saat malam hari karena kurangnya pencahayaan. Gunakan model lampu unik agar terlihat lebih cantik dan indah dipandang. Bersantai di teras rumah pada malam hari juga tetap dapat dilakukan karena adanya pencahayaan yang cukup.

Demikianlah informasi serta rekomendasi mengenai teras rumah serta elemen penting dalam mendesainnya. Semoga dapat membantu Anda mendapatkan ide dan inspirasi dalam menghadirkan teras rumah yang nyaman serta indah.