Pacific Paint Indonesia

Begini Cara Mengecat Dinding yang Benar dan Mudah

Mulai bosan dengan suasana interior yang gitu-gitu aja, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti warna dindingnya lho. Bebas memilih warna cat dinding karena cat interior Metrolite Acrylic Emulsion menyediakan ribuan warna yang cocok untuk dinding di berbagai ruangan. Nah, bagi beberapa orang mungkin merasa mengecat ulang dinding tidak mudah dan harus keluar banyak uang. Selain biaya cat yang cukup menguras kantong, pengeluaran untuk proses pengecatan oleh tukang juga mahal. Tapi pernah gak kepikiran untuk mengecat dinding interior sendiri? Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga bisa berkreasi dengan pilihan warna cat dan motif sesuai keinginan. Kali ini, Pacific Paint akan memberikan beberapa cara mengecat dinding yang benar dan mudah. Jadi, gak perlu takut gagal deh.

Siapkan peralatan dan bahan untuk mengecat

Sebelum melakukan pengecatan dinding, siapkan peralatan dan bahannya sehingga Anda tidak kerepotan mencari dan membuang-buang waktu lebih lama saat mengaplikasikan. Tonton video berikut ini untuk mengetahui apa saja peralatan dan bahan yang dibutuhkan serta kegunaannya:

Bersihkan dan ratakan dinding

Agar mendapatkan hasil cat dinding yang bagus, bersihkan dahulu dinding dari debu, kotoran, dan permukaan yang tidak rata menggunakan sapu, kemoceng, atau penghisap debu (vacuum cleaner). Apabila kondisi permukaan dinding yang lama tidak lagi bagus maka amplaslah permukaan dinding, bersihkan menggunakan spons yang diberi sedikit air detergen dan tunggu hingga dinding kering. Anda juga bisa lho mengaplikasikan Glotex Paint Remover dan tunggu 1-2 jam hingga cat lama terkelupas dengan sendirinya.

Apabila ada retakan atau dinding Anda tidak rata, aplikasikan Metrolite Plamur untuk menutup pori-pori, mengisi retak/cacat kecil pada dinding serta membuat dinding semakin kuat. Oleskan Metrolite Plamur secara merata menggunakan kape dan tunggu hingga kering. Kemudian, amplas dinding hingga halus agar proses pengecatan dinding dapat dengan mudah dilakukan dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Tutupi bagian yang tidak dicat

Gunakan koran untuk menutupi bagian bawah/lantai agar tidak terkena cipratan cat. Tutupi juga bagian lain seperti jendela, tepi plafon, dan gagang pintu menggunakan lakban atau masking tape agar bagian yang tidak perlu dicat tetap bersih.

Encerkan dan aduk cat

Setelah selesai mempersiapkan seluruh peralatan dan telah meratakan dinding yang akan dicat, Anda bisa mulai mencampur cat dinding Metrolite dengan air sebanyak 5-10% dan aduk hingga rata kurang lebih lima menit sebelum pemakaian untuk menghindari adanya gumpalan cat yang bisa menyebabkan masalah pada hasil pengecatan.

Aplikasikan Pacific Alkali Wall Sealer 2 in 1

Sebelum memulai pengecatan dinding dengan warna cat interior pilihan, aplikasikan dahulu cat dasar. Tahap ini sering dilewati untuk menghemat pengeluaran ataupun mempersingkat waktu dalam proses pengecatan. Padahal, dengan menjalankan tahap ini maka proses mengecat bisa dilakukan hanya dengan 2 kali lapis tanpa berulang-ulang lagi. Akan membuat pengeluaran lebih irit dalam penyediaan cat ya.

Gunakan cat dasar dengan formula yang mampu menjaga dinding dari serangan garam/alkali dan jamur akibat dinding yang belum kering yakni Pacific Alkali Wall Sealer 2 in 1. Produk ini mampu menyesuaikan PH semen dengan PH cat yang akan membuat warna dinding indah dengan jangka waktu yang lebih lama.

Mulai pengecatan

Gunakan roller atau tiang ekstensi saat mengaplikasikan cat Metrolite Acrylic Emulsion pada dinding yang luas dan tinggi. Namun, untuk mengecat sudut-sudut ruangan atau lis, Anda cukup menggunakan kuas. Mulailah mengecat dari sudut kiri ruangan menuju sudut kanan agar hasil pengecatan rata. Aplikasikan dua lapis cat dinding dan berikan jarak waktu antara lapisan satu dan lainnya sekitar 1 hingga 2 jam. Setelah selesai mengecat seluruh bidang dinding interior, Anda tinggal menunggu hingga cat kering sempurna deh.

Rapi dan bersihkan peralatan

Sambil menunggu cat dinding interior yang telah diaplikasikan kering sempurna, Anda bisa merapikan dan membersihkan semua peralatan cat agar tidak ada sisa yang menempel pada kuas atau roller. Lalu, tutup kemasan sisa cat dengan rapat agar tidak kering sehingga dapat digunakan kemudian hari. Selain itu, lepaskan lakban atau penutup bagian yang tidak dicat secara perlahan sehingga tidak merusak dinding dan menghindari cat yang sudah kering ikut terangkat.

Nah, itu dia cara mengecat dinding yang benar dan mudah. Selamat mencoba yaa..

Baca juga: 5 Kegunaan Perlengkapan Pengecatan

Exit mobile version