5 Kegunaan Perlengkapan Pengecatan

Peralatan Mengecat Dinding

Melakukan proses pengecatan tanpa tukang sudah banyak dilakukan oleh pemilik rumah saat ini dikarenakan mampu menghemat biaya serta dapat mengecat sesuai konsep tersendiri. Namun sebelum melakukan pengecatan, banyak yang tidak mengetahui harus menyiapkan perlengkapan apa serta kegunaan dari alat-alatnya.

Perlengkapan pengecatan didesain untuk mempermudah dan mempercepat proses serta memberikan hasil yang baik. Nah, supaya Anda tidak bingung mengenai berbagai macam peralatan serta fungsinya, di bawah ini Pacific Paint telah merangkum informasi serta penjelasannya :

1. Kuas

Peralatan yang satu ini sangat krusial dalam segala kegiatan mengecat. Kuas cat ada berbagai jenis ukuran  yaitu 1″,11/2″,2″,21/2″,3″dan 4″. Kuas digunakan untuk mengecat dinding, tembok, furnitur kayu maupun pagar besi yang tidak terlalu luas.

2. Papan/Baki Cat

Wadah ini digunakan untuk menampung cat yang akan digunakan pengecatan yang memakai kuas roll. Tujuannya agar cat di kuas roll merata sebelum diaplikasikan.

3. Kuas Roll

Alat ini digunakan untuk mengecat permukaan dinding atau plafon yang relatif luas. Penggunannya akan membuat hasil pengecatan lebih rata, halus, dan cepat.

4. Amplas

Amplas adalah alat dengan permukaan kasar, digunakan untuk menghaluskan permukaan tembok kasar agar pengaplikasian cat menjadi lebih mudah.

5. Kape/Scraper

Alat ini berfungsi untuk mengerok cat lama, menambal retakan atau lubang yang ada pada tembok serta lantai.

6. Masking Tape

Memberikan batas serta melindungi area tepi bidang yang akan dicat agar tidak ternodai oleh cat.

Informasi di atas dapat juga disaksikan pada video berikut ini mengenai kegunaan perlengkapan pengecatan.

Selain alat-alat tersebut, mungkin dibutuhkan juga perlengkapan lain sesuai dengan keperluan Anda. Siapkan seluruhnya agar memperlancar proses dalam menghasilkan tampilan indah di rumah.