5 Tips Merawat Warna Cat Tembok Dengan Baik

Warna cat biasanya akan pudar atau mengelupas ketika kita tidak mengurusnya dengan baik dan hal ini juga dapat membuat tampilan pada rumah kita tampak tidak enak dilihat. Lalu bagaimana caranya untuk merawat warna cat tembok dengan benar dan baik? Sedangkan dari warna cat itu sendiri dapat menunjukan karakter dari si pemilik rumah tersebut, dan di sini mimin ingin membantu kalian untuk dapat terus memperhatikan dan merawat warna cat tembok rumah kalian.

Berikut ini adalah beberapa tips merawat cat tembok rumah kalian dengan baik dan benar.

1. Bersihkan Tembok

Untuk dapat mengaplikasikannya dengan baik, alankah lebih baiknya kalian membersihkan permukaan temboknya terlebih dahulu sebelum kalian melakukan pengecatan. Yang harus kalian ingat, bersihkan permukaan tembok dari beberapa kotoran seperti lumut, jamur dan debu. Kalian juga bisa menggunakan sikat kawat untuk menghilangkan beberapa kotoran tersebut.

Lalu bagaimana min jika sebelumnya sudah dicat dengan cat minyak? Jika kalian sudah mengecat dinding kalian dengan cat minyak, alangkah lebih baiknya kalian mengaplas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan karena dapat membantu penyerapan secara sempurna ke dalam tembok, laluk jika ada beberapa permukaan yang retak dan kasar kalian harus meratakan atau merapihkannya terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Hindari pengecatan pada saat ingin hujan

Ketika kalian ingin mengecat alangkah lebih baiknya untuk lebih memperhatikan kondisi cuaca. Jika kondisi cuacanya sedang mendung atau sehabis hujan, kalian harus mengurungkan niat kalian untuk mengecat tembok. Karena hal ini dapat membuat tembok rumah kalian menjadi lembab dan mengandung air yang sangat banyak yang membuatnya menjadi lembab. Hal ini juga dapat mengakibatkan catnya tidak merekat dengan baik pada tembok rumah kalian dan membuat warnanya menjadi pudar ketika kering.

Lalu bagaimana cara merawat warna cat tembok untuk tetap lebih indah saat dipandang? Jika kalian memang sudah terlanjur untuk mengecat saat kondisi cuaca yang kurang baik. Alangkah lebih baiknya kalian rajin-rajin untuk mengeringkan dengan sinar matahari untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

3. Memperbaiki Kerusakan Tembok

Untuk cara merawat warna cat tembok selanjutnya adalah dengan cara memperbaiki kerusakan yang ada. Kalian harus lebih teliti memeriksa kerusakan yang ada, contohnya seperti retakan pada tembok rumah kalian. Meskipun retakan yang di alami sangatlah kecil, akan tetapi kalian harus lebih waspada untuk menghadapi keretakannya. Jangan menganggap sepele meskipin retakan tersebut tipis, kecil ataupun besar, karena keretakan pada tembok rumah kalian dapat membuat air mudah menyerap dan dapat menimbulkan lembab yang membuat warna cat menjadi rusak.

Jika memang ada retakan pada tembok rumah kalian, alangkah lebih baiknya untuk menambal dengan semen putih atau pasir halus untuk mengisi celah yang ada. Jangan pernah membiarkan dinding rumah kalian terlalu lama terkena rembesan air, karena hal tersebut membuat bercak yang membuat catnya langsung mengelupas.

4. Menggunakan Cat khusus

Untuk cat itu sendiri memiliki 2 jenis, cat yang khusus untuk diaplikasikan pada interior atau eksterior. Alang lebih baiknya kalian untuk lebih teliti dalam mengaplikasikan catnya, karena jika kalian salah menggunakannya, maka hasilnya tidak akan sempurna. Contohnya kalian menggunakan cat eksterior untuk mengecat interior dan sebaliknya juga, hal ini yang wajib kalian perhatikan.

Lalu cara membedakannya seperti apa sih? Nah, kalian bisa melihat katalog dari beberapa cat interior dan eksterior dibawah ini.

  1. Katalog Produk cat Interior
  2. Katalog Produk cat Eksterior

5. Cara Mengaplikasikannya

Cara terakhir merawat warna cat tembok dengan baik adalah kalian tidak boleh salah untuk mengaplikasikannya. Kalian harus lebih memperhatikan cara dan tips cara mengecat dinding yang benar, larena hal tersebut sangatlah penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah beberapa tips diatas bisa kalian lakukan untuk merawat warna cat tembok kalian. Jika kalian ingin menanyakan yang lain, bisa komentar di kolom komentar ya.