4 Faktor Penting Memilih Atap untuk Rumah

Memilih rumah memang harus sangat teliti, tidak beda jauh dengan memilih teman hidup karena rumah akan dijadikan tempat menghabiskan waktu setelah seharian lelah beraktifitas. Banyak faktor dalam menentukan pilihan pada satu rumah mulai dari lokasi, biaya, fasilitas pendukung dan apabila memilih perumahan cluster maka desain juga bisa jadi salah satu yang diperhatikan. Setelah berbagai pertimbangan seperti yang disebutkan di atas, perlu juga diperhatikan rumah yang akan dipilih menggunakan atap berbahan dasar apa karena rumah yang berada di iklim tropis seperti Indonesia, mayoritas menggunakan atap berbahan genting/tanah liat. Pemilihan atap menjadi penting karena tentunya tidak mau adanya rembes bahkan bocor saat musim hujan tiba. Yuk simak empat faktor penting dalam memilih atap untuk rumah berikut ini:

  1. Bahan dasar atap

4 Faktor Penting Memilih Atap untuk Rumah

Atap rumah memiliki beberapa material dasar yang membuatnya jadi berbeda-beda. Jenis atap antara lain genting tanah liat, aspal, seng, beton, kaca dan beberapa lainnya yang tentunya berfungsi untuk melindungi seluruh bagian rumah dari panas matahari serta air hujan. Setelah mengetahui jenis atap maka langkah selanjutnya harus mengetahui kualitas, biaya serta cara merawatnya.

  1. Kualitas atap

Salah satu bagian rumah yang menjamin kenyamanan serta keamanan penghuni adalah atap rumah. Atap yang ideal juga mengurangi risiko bangunan cepat runtuh. Faktor penting untuk mengetahui kualitas dari atap rumah. Sebagian produk atap rumah menawarkan garansi yang menjamin kualitas material untuk jangka waktu tertentu seperti garansi kualitas ketahanan selama 15 tahun. Periode garansi biasanya tergantung dengan produk atau merek atap rumah yang dipilih. Silakan konsultasikan dengan kontraktor atau datang langsung ke toko bangunan untuk mengetahui mengenai produk atap yang dipilih.

  1. Biaya

Ada kualitas ada harga, itu merupakan ungkapan yang biasa diutarakan saat memilih suatu barang. Tapi sebenarnya tidak selalu seperti itu. Bagi calon pemilik rumah atau yang sedang melakukan renovasi atap harus memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan untuk membeli atap. Tips dari kami, coba sesuaikan dengan dana yang dimiliki, tidak perlu membeli atap yang mahal jika tidak sesuai dengan kebutuhan.

  1. Perawatan

4 Faktor Penting Memilih Atap untuk Rumah

Faktor penting dalam memilih atap juga cara perawatannya. Atap yang mudah dibersihkan dan tidak membutuhkan perhatian khusus adalah atap baja, seng, atau tanah liat. Cara membersihkan hanya membutuhkan air bersih dan sabun cair, tinggal semprotkan air pada atap menggunakan selang lalu gosok menggunakan sabun cair sampai kotoran hilang. Frekuensi membersihkan atap cukup dilakukan sekali atau dua kali dalam setahun. Apabila kedepan terlihat warna atap mulai kusam, maka lakukan pengecatan ulang agar warna kembali indah dan mendapatkan kembali perlindungan sehingga tidak terjadi rembes atau kebocoran saat hujan tiba.

Nah setelah tahu empat faktor dalam memilih atap untuk hunian, jangan lupa untuk menggunakan produk dari Pacific Paint yaitu MetroRoof untuk cat atap bahan asbes, beton serta tanah liat. Cat khusus atap ini mampu melindungi atap agar lebih tahan lama terhadap cuaca ekstrem, lumut dan jamur.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya. Jangan lupa pantau terus artikel menarik lainnya di website Pacific Paint.

 

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengecat Atap dengan Benar