3 Cara Mudah Mengecat Atap dengan Benar

Rumah atau bangunan tanpa atap? Wah itu bisa juga dijadikan sebagai area outdoor pada rooftop ya. Lantai atas bisa digunakan untuk menyalurkan hobi menanam tanaman kekinian maupun dijadikan tempat menjemur pakaian, bersantai maupun berkumpul bersama keluarga sambil menikmati udara yang segar.

Namun pada umumnya, hunian maupun gedung-gedung pasti dilengkapi atap atau biasa disebut juga genteng karena tidak membutuhkan ruangan di atasnya serta tentunya untuk melindungi bagian dalam bangunan. Keindahan tempat tinggal dapat diwujudkan melalui pengaplikasian cat atap dengan memilih warna menarik yang juga akan lebih maksimal melindungi dari lumut, jamur, atap bolong sehingga mengakibatkan rembes hingga kebocoran.

Tips Mengecat Atap dengan Benar

Pengaplikasian cat pada atap baru tentunya lebih mudah karena hanya tinggal melakukan pengecatan dahulu, baik sebelum pemasangan maupun setelah atap terpasang. Apabila Anda ingin melakukan pengecatan pada atap lama, maka dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan produk cat atap yang tepat

cat metroroof

Di pasaran tersedia beragam jenis cat berdasarkan spesifikasi penggunaannya, ada cat dinding, besi, kayu, kolam, dan juga cat atap. Pacific Paint merekomendasikan cat atap atau genteng MetroRoof yang dibuat dari bahan Styrene Acrylic berkualitas untuk pengecatan atap khususnya yang terbuat dari asbes, beton, dan tanah liat baik untuk atap lama maupun baru. Kandungan cat ini mampu melindungi atap agar tahan terhadap cuaca ekstrem, lumut, jamur dan lebih tahan lama.

2. Bersihkan atap

membuat genteng mengkilap

Bersihkan permukaan atap terlebih dahulu dengan lap kain atau sikat sebelum melakukan pengecatan agar tidak ada kotoran, lumut maupun debu yang menempel. Kemudian, bilas dengan air bersih agar semua kotoran tersebut terlepas dan terbuang.

bersihkan cat genteng

Gunakan deterjen atau kaporit untuk menghilangkan kotoran atau jamur yang membandel agar bisa memperoleh hasil pengecatan lebih bagus dan optimal.

3. Lakukan pengecatan dengan baik dan benar

Tuangkan cat MetroRoof ke wadah atau baki cat dan tambahkan air 5-10% aduk rata. Lalu, aplikasikan cat menggunakan kuas atau spray dengan gerakan searah, lakukan minimal dua lapis pada permukaan atap secara merata. Biarkan mengering sempurna selama satu hingga dua jam.

Nah, itu dia tiga cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengecat atap dengan baik dan benar. Gimana? Mudah kan…

Semoga tips ini bisa jadi solusi dan inspirasi bagi Anda yaa.

Jika Anda sedang memilih warna yang tepat untuk atap bangunan, cek pilihan warna menarik dari MetroRoof pada artikel berikut ini ya : https://pacificpaint.com/rekomendasi-warna-cat-atap/

Selamat mencoba.