Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Bagus

Memilih warna cat rumah yang bagus bukan hanya bisa membuat tampilan hunian jadi lebih menarik. Jika Anda berencana menjual rumah tersebut, punya kombinasi warna cat yang bagus juga membantu calon pembeli untuk tertarik melihat lebih dalam interior dan detail lain mengenai rumah.

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih menganggap enteng masalah pemilihan cat. Pasti masih ada dari kita yang mengira selama memilih cat dengan warna kesukaan, hasilnya pasti bagus.

Pemikian tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Tapi jika ingin hasilnya terlihat seperti dirancang oleh profesional, dibutuhkan kombinasi cat yang diplih berdasarkan psikologi warna layaknya yang dijelaskan dalam website Pacific Paint.

Nah, dalam artikel kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara mencari kombinasi warna cat rumah yang bagus dan dampaknya untuk hunian Anda.

Rekomendasi Warna Cat Rumah yang Bagus

Untuk Anda yang masih bingung memilih warna cat rumah baru, silahkan baca artikel ini sampai selesai. Siapa tahu ada rekomendasi warna cat yang cocok dengan kesukaan Anda.

1. Blue Gray

Warna yang pertama adalah warna blue gray atau biru keabu-abuan. Jika digunakan untuk eksterior rumah, warna ini bisa menunjukan kesan tenang dan calm sesuai kepribadian pemilik hunian tersebut.

Warna blue gray cocok untuk dikombinasikan dengan warna putih, abu-abu, atau warna-warna biru gelap seperti navy blue. Jika ingin menggunakan warna hitam, sebaginya Anda gunakan sebagai aksen warna saja dan jangan gunakan terlalu banyak.

Hunian dengan warna blue gray cocok untuk dibangun baik di daerah kota, perumahan, maupun di daerah dataran tinggi.

2. Wheat

Selanjutnya ada warna wheat, warna yang kesannya sangat natural, cheerfull, tapi tidak sepenuhnya kuning maupun sepenuhnya putih. Rumah dengan warna ini akan terlihat seperti rumah-rumah di Amerika Serikat, apalagi jika posisi hunian Anda ada di pinggir jalan.

Warna wheat juga cocok bila digabungkan dengan warna putih. Sehingga bisa membuat hunian terlihat lebih mewah dan bersih.

Selain itu, warna wheat juga bisa dikombinasikan dengan warna hijau dari tanaman di depan rumah.

3. Putih

Untuk Anda yang belum tahu, Pacific Paint memliki banyak sekali pilihan warna putih. Tapi warna putih bersih tetap jadi salah satu best seller yang paling banyak dicari oleh masyarakat.

Menggunakan warna putih untuk eksterior rumah bisa memberikan kesan yang sederhana, tidak neko-neko, dan tentunya membuat rumah tampak bersih. Selain itu, warna putih juga bisa dikombinasikan dengan hampir semua warna lain, baik warna gelap maupun warna cerah.

Jika Anda ingin membuat rumah terlihat minimalis dan modern, warna cat putih bisa jadi pilihan terbaik untuk renacana tersebut.

4. Off-White

Jika warna putih terasa terlalu cerah atau terlalu nge-jreng untuk Anda, cobalah gunakan warna off-white.

Warna off-white artinya warna putih yang diberi sentuhan warna lain, baik itu kuning, merah, biru, hijau, ungu, tapi dengan saturasi yang rendah. Sehingga warna putihnya tetap menjadi dominan, namun ada kesan warna apapun yang Anda sukai.

Menggunakan warna off-white ini bisa disesuaikan dengan kesan rumah yang ingin Anda tampilkan. Sebagai contoh jika ingin menampilkan kesan ceria, gunakan off-white dengan sentuhan warna cerah seperti kuning atau merah. Tapi jika ingin menunjukan kesan tenang, gunakan warna cool seperti biru dan ungu.

Selain itu, warna off-white juga bisa menjadi pilihan alternatif jika Anda merasa warna putih bersih seperti terlalu membosankan.

5. Taupe

Taupe merupakan salah satu warna cat rumah yang bagus tapi jarang sekali digunakan oleh masyarakat Indonesia. Jadi Anda bisa menjadi orang pertama yang menggunakan warna cat ini dan tidak akan ada rumah lain yang menyamai dalam waktu dekat. Warna taupe tergolong sebagai warna kuning, namun dengan saturasi dan value yang sangat rendah sehingga warnanya mirip abu-abu.

Dengan menggunakan warna taupe, rumah Anda bisa memberikan kesain minimalis, ceria, tapi tidak terlalu mencolok.

Umumnya rumah dengan kombinasi warna taupe lebih cocok jika digunakan di daerah kota atau perumahan.

6. Coklat Kayu

Untuk Anda yang ingin membuat rumah dengan kesan natural dan back to nature tapi tidak mau menggunakan bahan material kayu asli, Pacific Paint siap mengatasinya dengan menyediakan cat warna coklat kayu.

Warna coklat kayu dari Pacific Paint terlihat sangat alami dan mirip dengan kayu asli.

Warna coklat kayu sangat cocok jika dikombinasikan dengan warna-warna dengan kesan natural lainnya, seperti biru langit, biru laut, warna hijau, dan lain sebagainya.

Tentunya, rumah dengan warna coklat kayu sangat cocok bila ingin dibangun di daerah perkotaan maupun di desa di atas gunung.

7. Hijau

Jika Anda ingin memfokuskan konsep alami pada rumah, sekalian saja pilih warna cat hijau.

Tapi perlu diingat, hijau terkenal sebagai warna yang paling tidak menarik dalam dunia seni dan arsitektur. Sebab banyak elemen di alam dengan warna hijau lebih bagus yang tidak bisa disaingi oleh cat apapun. Oleh karena itu jangan pilih warna hijau normal atau hijau flat.

Kami sarankan Anda pilih warna hijau yang lebih cerah alias warna mint, atau warna hijau yang lebih gelap alias matcha. Sebab kedua warna tersebut tidak bisa ditemukan di alam pada umumnya.

Jika ingin menggunakan warna hijau flat, kami sarankan pilih tosca yang punya sentuhan biru di dalamnya. Hal ini bisa membuat warna cat rumah tidak terkesan kotor dan membosankan.

8. Kuning

Dan warna yang terakhir adalah salah satu pilihan warna paling ceria selain putih, yaitu kuning. Anda semua pasti sudah tahu bahwa warna-warna cerah seperti kuning selalu memberikan kesan menyenangkan, ceria, dan kebahagiaan.

Tapi berbeda dengan warna putih, warna kuning adalah warna yang sangat mencolok. Mata manusia secara alami akan tertarik dan melihat bangunan dengan warna kuning.

Oleh karena itu warna ini kurang cocok jika Anda ingin memberikan kesan minimalis pada rumah.

Rekomendasi Cat dengan Pilihan Warna Lengkap dan Bagus

Anda sudah tahu apa saja rekomendasi warna cat rumah yang bagus. Sekarang waktunya pilih brand cat yang bisa memberikan koleksi warna di atas dengan kualitas yang bagus, tahan lama, dan cepat kering.

Jika Anda belum tahu mau pilih cat dari merek apa, kami sarankan cek katalog Pacific Paint dari situs resminya. Sebab Pacific Paint punya ribuan koleksi warna cat yang bisa dipilih oleh masyarakat Indonesia.

Belum tahu mau pilih cat warna apa?

Tenang saja, website Pacific Paint memiliki fitur Paint Simulator. Di sana Anda bisa membuat simulasi cat dinding dengan pilihan warna yang disediakan oleh Pacific Paint agar tahu bagaimana kira-kira hasil akhirnya nanti.

Setelah tahu warna cat rumah yang bagus, sekarang waktunya Anda berdiskusi dengan keluarga atau pasangan untuk menentukan cat mana yang akan digunakan di rumah. Pastikan pilihan cat sesuai dengan konsep dan perencanaan awal agar tidak menyesal waktu sudah jadi.