Langkah Tepat Mengecat Besi Agar Tidak Mengelupas dan Berkarat

Besi merupakan material yang cukup kuat dan awet. Tidak heran, banyak bagian rumah yang menggunakan besi sebagai material utamanya. Misalnya tangga, teralis jendela, pagar, kursi taman dan lain-lain. Sayangnya, besi dapat mengalami korosi yang ditandai dengan munculnya karat atau rusaknya lapisan cat (mengelupas) apabila tidak terawat. Nah, cat besi yang mengelupas atau berkarat inilah yang merusak keindahan hunian.

Besi berkarat dan cat mengelupas disebabkan beberapa faktor, diantaranya akibat suhu atau cuaca panas atau lembab, terkontaminasi debu saat proses pengecatan dan lain-lain. Oleh karena itu, butuh langkah yang tepat saat mengaplikasikan cat besi, agar awet dan tidak mudah mengelupas.

Baca juga : Tampilan Baru Furnitur dengan cat kayu dan besi Glo-Lite 

Maka dari itu, melalui artikel ini Pacific Paint akan memberikan langkah tepat mengecat besi agar tidak mudah berkarat dan mengelupas. Sebelum itu, siapkan dahulu beberapa peralatan yang akan digunakan antara lain:

  • Amplas
  • Kuas
  • Sarung tangan
  • Masker
  • Lap
  • Glotex Thinner
  • Glotex Zinc Chromate
  • Glo-Lite Super Synthetic Paint

Setelah semua peralatan sudah lengkap, ikuti Langkah-langkah berikut ini:

1. Gunakan masker dan sarung tangan.

2. Bersihkan permukaan besi dari debu, minyak dan kotoran menggunakan lap, lalu amplas hingga permukaannya halus. Apabila ada lapisan cat lama yang mengelupas dan berkarat, gunakan Glotex Thinner untuk menghapus/merontokkan cat lama atau karat, lalu amplas hingga permukaan halus.

3. Aplikasikan Glotex Zinc Chromate sebagai cat dasar besi untuk mencegah timbulnya karat dan cat akhir dapat menempel sempurna.

 

 

 

4. Kemudian, aplikasikan cat kayu dan besi Glo-Lite Super Synthetic Paint ke seluruh permukaan secara merata menggunakan kuas dan diamkan di tempat kering yang teduh hingga kering sentuh.

 

 

5. Terakhir, lapisi satu lapis lagi secara merata untuk mendapat hasil yang optimal sehingga cat tidak mudah mengelupas.

Aplikasikanlah cat dengan baik dan benar mulai dari memastikan permukaan bidang yang akan dicat sudah bersih hingga pengecatan lapisan akhir. Hal ini tentu akan membuat besi jadi lebih awet dan hunian jadi lebih menarik!

Selamat mencoba!