Kreasi Vertical Garden yang Jadikan Suasana Rumah Lebih Asri!

Pacific Paint

Tanaman hias yang tersusun secara vertikal dikenal dengan istilah vertical garden kini sedang menjadi tren. Konsep ini cocok bagi yang memiliki hobi berkebun namun lahan yang tersedia tidak luas. Pemasangan vertical garden bisa membuat ruangan maupun kebun Anda menjadi lebih asri, indah dan dapat berfungsi juga sebagai latar belakang saat berfoto bersama keluarga atau teman. Yuk cek beberapa kreasi vertical garden dari kami di bawah ini!

Spot Instagrammable

Pacific Paint

Memiliki dinding kosong di halaman belakang rumah, kini bisa dimanfaatkan dengan menambahkan kotak-kotak berisi tanaman hias sehingga tercipta vertical garden. Tampak seperti gambar referensi, tanaman yang dipajang pada bidang dinding ini akan menghadirkan ruang hijau yang asri.

Sinar matahari langsung dari pagi hingga sore sangat bermanfaat agar menghemat listrik, dan digunakan untuk berjemur para penghuni rumah. Vertical garden dengan tampilan ini sangat cocok dijadikan spot berfoto yang Instagrammable.

Tips sebelum memasang tanaman hias di dinding yang terkena matahari atau hujan, pastikan dinding telah dilapisi cat eksterior Metrolite Weatherseal karena akan melindungi dinding dari berbagai cuaca, anti jamur serta lumut.

Susunan pot vertikal

Pacific Paint

Tidak perlu khawatir apabila tidak memiliki dinding kosong di rumah. Anda bisa membuat dari rangka dari besi atau kayu dan menambahkan pot yang disusun secara vertikal. Kaitkan pot berisi tanaman menggunakan paku atau kawat. Agar terkesan rimbun, silakan memilih tanaman rambat atau yang daunnya menjuntai ke bawah.

Aplikasikan cat kayu dan besi Glotex Super Synthetic Paint (SSP) pada rangka sebelum memasang pot yang telah diisi dengan tanah dan tanaman ya. Pilih warna kesukaan atau sesuaikan dengan tema eksterior rumah Anda serta dapatkan perlindungan anti ngeletex meski terkena beragam cuaca.

Rak tanaman

Pacific Paint

Kreasi vertical garden tidak terbatas pada bidang dinding atau ruangan di bagian luar rumah saja, lho! Anda bisa membuat vertical garden yang tetap space-saving dengan rak dengan berbagai gaya. Letakkan pot-pot dan tanaman hias berukuran kecil. Rak dapat diletakkan baik di ruang tamu, keluarga bahkan sudut ruangan yang digunakan untuk work from home (WFH). Disarankan untuk meletakkannya di dekat jendela agar bisa mendapatkan sinar matahari. Jangan lupa untuk secara rutin memindahkannya sebentar ke luar ruangan lalu menyiramnya. Cara ini cukup ideal supaya tanaman bisa tetap tumbuh dengan baik. Pilih juga rak transparan biar ruangan terasa lebih lapang dan cerah.

Gimana, semua inspirasi vertical garden di atas mudah untuk diwujudkan serta asri banget ya. Dijamin kamu dan keluarga akan lebih semangat serta betah beraktivitas di rumah saja. Yuk, ajak seluruh anggota keluarga untuk gotong royong membuat vertical garden di rumah! Selamat berkreasi!

Baca juga: Waktu yang Tepat Mendekorasi Teras Rumah