Kampung Bekelir Raih Penghargaan Pokdarwis Prov Banten 2019

Kampung Bekelir yang berada di Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang meraih peringkat kedua dalam lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat Provinsi Banten untuk tahun 2019 ini. Lomba yang mengangkat tema ‘Melalui Lomba Kelompok Sadar Wisata Kita Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat di Setiap Destinasi Wisata Banten’ ini diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi Banten dan Pokdarwis Banten di Pandeglang, akhir Maret lalu.

Pokdarwis merupakan perkumpulan pemuda dan masyarakat desa yang memiliki tujuan menerapkan Sapta Pesona di tempat wisata desa. Sapta Pesona sendiri terdiri dari tujuh unsur yakni meliputi keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, ramah tamah dan kenangan. Kegiatan lomba yang diikuti delapan kabupaten atau kota ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan dalam proses pengembangan digitalisasi wisata.

Juara Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Banten Tahun 2019

Kabupaten dan Kota yang berhasil meraih Juara Lomba Pokdarwis Tingkat Provinsi Banten, yaitu :

Juara 1 : Kiamuk, Kota Serang
Juara 2 : Kampung Bekelir, Kota Tangerang
Juara 3 : Tanjung Layar Sawarna, Lebak

Hadiah berupa dana pembinaan untuk masing-masing juara pertama, kedua dan ketiga sebesar Rp 7.000.000, Rp 5.000.000 dan Rp 3.000.000 serta satu unit laptop, diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia, Bapak Arief Yahya yang hadir didampingi Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy dan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Hj. Eneng Nurcahyati.

Abu Sofyan, Lurah Babakan mengatakan, “Seluruh warga Kampung Bekelir berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata, Dinas Pariwisata Provinsi Banten serta Kota Tangerang dan Pokdarwis Banten yang telah menginisiasi dalam menyelenggarakan lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tingkat Provinsi Banten. Setelah berhasil meraih penghargaan tingkat provinsi, di bulan Mei mendatang, kami akan mengikuti lomba Pokdarwis tingkat nasional. Diharapkan Kampung Bekelir dapat menorehkan prestasi lainnya. Kami tentunya akan terus menjaga dan melestarikan kampung ini serta berupaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, salah satunya melalui beragam produk olahan yang dihasilkan oleh para warga.”

Belimbing wuluh merupakan salah satu sayuran yang berhasil diolah oleh warga dan menghasilkan minuman kesehatan dalam kemasan, sirup yang dikenal sebagai Sibiluh (Sirup Belimbing Wuluh) serta Masbiluh (Manisan Belimbing Wuluh). Selain itu juga warga berhasil mengolah belimbing bunga telang menjadi sirup yang diberi nama Sibelang. Ragam oleh-oleh juga disiapkan untuk para wisatawan mulai dari kaos, mug, tas, gantungan kunci, kacamata kayu dan lainnya.

Kampung Bekelir merupakan mitra binaan yang terwujud melalui program CSR Pacific Paint pada tahun 2017 sebagai ungkapan terima kasih perusahaan kepada masyarakat yang telah setia menggunakan cat Pacific Paint untuk rumah dan bangunannya. Di Kampung Bekelir ini terdapat kawasan dengan 300 rumah yang sebelumnya terlihat kumuh, kini seluruh dindingnya telah dicat warna warni serta dihias dengan mural dan graffiti tematik, menceritakan mengenai sejarah dan kearifan lokal Tangerang. Kampung ini menjadi obyek wisata baru yang lengkap bagi para wisatawan untuk menikmati wisata kuliner, melihat langsung wisata edukasi UKM lokal seperti emping jengkol, tauge kacang hijau, sayuran hidroponik, bank sampah dan lainnya.

Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pacific Paint menyatakan bahwa “Pacific Paint yang telah menjadi bagian dalam perkembangan serta kemajuan Kampung Bekelir merasa bangga dengan diraihnya kemenangan posisi kedua di lomba Kelompok Sadar Wisata untuk tingkat provinsi Banten. Melalui prestasi yang diraih ini, diharapkan seluruh warga dapat termotivasi untuk bersama-sama memajukan Kampung Bekelir baik jangka pendek maupun panjang dan menjadi contoh untuk kampung-kampung lainnya di seluruh Indonesia.”

Kegiatan memberikan warna baru oleh Pacific Paint tentu akan terus diselenggarakan agar dapat terwujud kehidupan penuh warna yang lebih baik untuk seluruh masyarakat. Mari kunjungi, lihat langsung serta abadikan keindahan warna-warni serta mural di seluruh sudut Kampung Bekelir. Nikmati juga ragam kuliner yang berada di dalam maupun di pinggir sungai Cisadane bersama keluarga maupun orang terkasih.