Inspirasi Kreatif Membuat Tempat Cuci Tangan dari Kemasan Cat

Cuci Tangan

Memasuki fase kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi covid-19 tentunya tidak membuat kita untuk lengah dalam menjaga kesehatan. Protokoler kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan diharapkan tetap dilakukan oleh masyarakat adalah menggunakan masker, mencuci tangan, menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak. Semua anjuran tersebut dilakukan dalam upaya mencegah penularan covid-19.

Banyak dari kita yang mungkin sebelum adanya pandemi covid-19 tidak terlalu memperhatikan mengenai pentingnya mencuci tangan, namun kini harus dilakukan terutama untuk lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun agar mencegah penyebaran virus melalui tangan yang terkontaminasi. Agar kegiatan mencuci tangan mudah dilakukan, pemerintah bahkan mengajak warga untuk membuat dan menempatkan tempat cuci tangan di area publik.

Apakah di depan rumah serta lingkungan sekitar Anda ada tempat cuci tangan? Jika belum, mari kita buat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat sehingga tidak perlu harus banyak mengeluarkan uang atau bisa dikatakan terjangkau. Berikut ini inspirasi membuat tempat cuci tangan dari barang bekas berupa kemasan cat berukuran besar, ikuti langkah-langkahnya, yaitu:

Siapkan alat dan bahan :

  • Kemasan cat ukuran besar
  • Bor
  • Kran air
  • Seal tape
  • Lem tembak

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Lubangi kemasan cat pada bagian samping bawah menggunakan bor dengan ukuran sebesar lubang kran air. Harus diperhatikan agar tidak terlalu lebar lubangnya karena bisa membuat air menetes atau bahkan bocor.
  2. Lilit kran menggunakan seal tape.
  3. Masukkan kran ke dalam lubang pada kemasan cat lalu tambahkan lem disekelilingnya menggunakan lem tembak. Pilihan lain adalah gunakan kran yang sudah ada pengikat pada bagian dalam sehingga mempermudah dan tidak perlu menggunakan seal tape serta lem.
  4. Setelah langkah itu semua selesai, kemasan cat yang kini telah berubah fungsi menjadi tempat cuci tangan, sudah bisa diletakkan di depan rumah dengan menggunakan kursi. Jangan lupa untuk mengisi air ke dalam tempat cuci tangan.
  5. Lengkapi juga dengan sabun cair yang bisa dipakai saat cuci tangan.

 

DIY Pail Dispenser

 

Sangat mudah ya. Hanya dengan menggunakan bahan sederhana dan menghasilkan sesuatu yang baru, kita sudah bisa berkontribusi dalam upaya meredam peredaran covid-19 di Indonesia.

Scan QR Code di bawah ini untuk melihat video proses mudah dalam membuat tempat cuci tangan menggunakan kemasan cat:

QR Code DIY Pail Dispenser

 

 

 

 

 

Selamat mencoba.