Efek Dekorasi Warna-Warni pada Suasana Hati

Efek warna warni pada suasana hati

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa setiap warna memiliki efek yang berbeda pada suasana hati seseorang. Pengetahuan tentang dampak warna pada mood dimanfaatkan oleh seniman, dekorator interior, dan pemasar di banyak industri untuk berbagai bidang kehidupan. Kita dapat melihatnya pada warna pakaian, warna dekorasi rumah, hingga warna untuk makanan.

Sudah menjadi bagian dari keseharian kita dalam pemilihan warna pakaian tertentu untuk suatu acara khusus, atau memilih makanan dari foto buku menu yang tampak paling menggugah selera dikarenakan ada peran warna yang menarik pada foto itu.

warna warni pada makanan

warna warni makaron

Ada suatu ilmu yang disebut psikologi warna, yang mengacu pada efek warna pada pikiran maupun perilaku manusia. Misalnya, seseorang akan lebih enerjik, bergairah atau bersemangat bila menggunakan baju berwarna merah. Efek yang sama juga terjadi bila seseorang berada di ruangan dengan interior cat dinding didominasi berwarna merah. Apa perilaku yang diharapkan timbul dengan warna merah tersebut? Banyak restoran cepat saji mengecat dinding mereka dengan nuansa merah karena dampak warna merah pada suasana hati pengunjungnya yang membuat mereka makan dengan cepat dan memesan makanan lebih banyak.

Namun pernahkah kita berpikir, apa dampaknya pada suasana hati bila banyak warna dipadukan menjadi satu?

Pelangi

Apa yang Anda rasakan ketika melihat pelangi? Melihat pelangi memiliki efek menenangkan pada diri kita, menumbuhkan rasa percaya diri dan juga menghilangkan kecemasan. Mungkin ini berhubungan dengan fenomena alam bahwa setelah hujan, tampak pelangi dan setelah itu hari akan kembali cerah kembali.

Di luar dari urutan peristiwa alam tersebut, ternyata paduan berbagai warna yang tidak beraturan seperti warna pelangi juga memberi efek yang sama, memberi keceriaan, rasa senang dan dapat mengusir bad mood di dalam hati.

Banyak orang merasa paduan berbagai warna memberikan nuansa kehidupan yang berkelimpahan, bebas, memberi energi hangat dan juga dapat memicu kreativitas serta kegembiraan. Perasaan itu juga yang kita dapati ketika melihat pemandangan alam yang indah penuh warna.

keindahan warna alam

Nah, Anda dapat menerapkan paduan warna-warni ini dalam mendekorasi rumah, tentu dengan tidak berlebihan dan tetap memperhatikan padu padan warna yang digunakan.

asesoris ruang duduk penuh warna

dekorasi penuh warna

Kami sarankan untuk menggunakan warna netral dan terang pada dinding rumah serta apabila ingin menggunakan dekorasi bisa gunakan warna-warni. Warna terang akan membuat warna-warna lainnya terasa lebih kuat dan menonjol.

Walau demikian, bila Anda sudah terlanjur menggunakan warna yang cenderung gelap untuk dinding atau warna latar, paduan berbagai warna cerah pada dekorasi tetap akan mampu mencuri perhatian setiap kali Anda maupun tamu memasuki ruangan.

asesoris warna warni

Aksesoris warna warni dapat diletakkan di ruangan seperti kamar tidur, ruang tamu, terlebih lagi di ruang keluarga yang menjadi tempat bermain bersama anak-anak.

dekorasi warna warni kamar tidur

ruang bermain anak warna warni

kamar tidur penuh warna

karpet warna warni

Warna memberikan kita lebih dari sekedar daya tarik estetika, warna dapat mempengaruhi bagaimana pikiran kita memandang dunia dan memberi rasa nyaman ketika kita berada di suatu tempat yang kaya akan warna. Anda dapat merasakannya ketika berada di daerah penuh warna seperti Kampung Bekelir (Tangerang) maupun Kampung Ragam Warna (Mranggen) dan berbagai daerah yang telah diberikan warna baru melalui program CSR Pacific Paint Ekspresikan Warna Negeriku.

Salam warna warni!