Cara Mudah Membuat Kuas Bekas Cat Tetap Awet

kuas-cat-awet

Mengecat adalah pekerjaan yang paling sering dilakukan untuk merubah atau mendekorasi rumah. Tapi mengecat juga butuh persiapan agar mendapatkan hasil yang bagus. Anda dapat melihat artikel Begini Cara Mengecat Dinding yang Benar dan Mudah

Nah, setelah melakukan pengecatan, penting untuk merapikan dan membersihkan peralatan cat yang sudah digunakan, khususnya kuas dan roller cat agar tetap awet dan bisa digunakan kembali.

Jika Anda ingin melakukan pengecatan lagi di lain hari, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli kuas maupun roller lagi deh, jadi irit kan?

Oleh karena itu, setelah kuas maupun roller selesai digunakan, segera bersihkan kuas dan roller sebelum cat keras dan mengering. Membersihkan kuas dan roller cat sangat mudah dan tidak butuh waktu lama kok.

Simak cara sederhana berikut ini Cara Mudah Membuat Kuas Bekas Cat Tetap Awet.

  • Cuci kuas atau roller bekas cat yang berbahan dasar air dengan air mengalir atau celupkan kuas atau roller ke dalam wadah berisi air hangat yang telah diberi sabun. Nah, untuk kuas yang digunakan pada cat berbahan dasar solvent, cuci kuas menggunakan Glotex Thinner.
  • Keringkan kuas atau roller cat dengan mengibaskannya beberapa kali. Jika serasa masih lembab / basah, lap kuas dengan kain bersih.
  • Diamkan / gantung kuas maupun roller cat dan tunggu hingga kering. Perhatikan posisi bulu kuas/roller menghadap ke bawah ya.

Gimana? Mudah kan? Jika kuas atau roller cat sudah benar-benar kering, simpanlah ke tempat yang terhindar dari debu ya, agar saat Anda ingin melakukan pengecatan tinggal langsung digunakan.

Semoga bermanfaat yaaa.