Cara Mengatasi Dinding Retak Dengan Baik

Dinding yang retak adalah salah satu permasalahan utama pada rumah kita, karena tidak ada rumah yang memiliki pondasi dan struktur tebok yang sangat sempurna. Dan biasanya kita suka menganggap remeh untuk dinding yang retak seperti ini, hal kecil bisa berdampak besar jika tidak ditangani dengan benar. Untuk mengatasi dinding retak itu sendiri banyak sekali caranya dan untuk tingkat kesulitannya pun bermacam-macam, akan tetapi disini mimin ingin membantu kalian untuk dapat bisa mengatasi dinding yang retak, yuk simak ulasannya.

Yang pertama mimin ingin memberikan alasan atau penyabab bisa terjadinya dinding yang retak.

1. Beban Bangunan

Faktor yang paling penting dan yang harus kalian perhatikan adalah beban bangunan yang berlebihan, terkadang kita juga tidak memperhitungkan saat proses pembangunan dimulai. Kita hanya ingin pembangunan cepat selesain dan tidak melihat bahan bangunan apa saja yang digunakan. Ketika tembok dirumah kalian di perhitungkan dengan baik, menggunakan bahan bangunan yang bagus dan dapat memperhitungkan ketahanan dari tembok tersebut maka tembok rumah kalian akan menjadi lebih kokoh. Kalian harus menghindari pembangunan rumah yang terlalu terburu-buru dan terutama untuk bangunan bertingkat.

2. Proses Acian Tidak Sempurna

Acian bisa disebut proses pelapisan pada tembok, untuk membuat permukaan dari dinding rumah kalian menjadi halus dan rapih ketika sebelum dicat. Lalu kenapa ada rumah yang sudah melalui proses acian tetapi tetap saja mengalami keretakan pada dindingnya. Nah untuk kendala yang satu ini bisa terjadi karena ketidak sabaran anda untuk menunggu aciannya itu kering. Kalian harus lebih sabar dalam proses yang satu ini, karena ketika acian belum mengering dan kalian sudah memaksakan mengecat dinding maka hasilnya akan mudah retak.

3. Faktor Lokasi

Ternyata salah satu penyebab terjadinya dinding retak adalah lokasi yang kurang strategis, ketika kalian membangun rumah didekat sawah atau daerah yang memiliki kelembaban tinggi dapat membuat dinding rumah kalian cepat retak. Pengaruhnya apa min dengan rumah yang dibangun dekat sawah? Jadi gini, ketika kalian membangun didaerah yang tanahnya lembab hal ini dapat menimbulkan bergesesaran karena tanah yang lunak. Dan hal tersebut juga dapat mempengaruhi keretakan pada dinding rumah kalian, jadi lokasi juga dapat berpengaruh untuk kekuatan dinding rumah kalian.

4. Faktor Alam

Ada juga faktor penyebab dinding retak karena alam seperti gempa bumi, faktor ini memang tidak bisa kita hindari. Apalagi Indonesia memiliki area didekat lempengan dan memiliki banyak sekali gunung berapi aktif.

5. Kualitas Bahan Bangunan

Faktor selanjutnya adalah kualitas dari bahan bangunan yang kalian beli kurang baik untuk di aplikasikan pada dinding rumah. Ketika kalian menggunakan bahan yang tidak berkualitas tentunya akan menyebabkan mudahnya keretakan pada dinding rumah. Alangkah lebih baiknya kalian untuk lebih menggunakan bata merah untuk tetap mengja kualitas dinding dirumah kalian.

6. Campuran Material yang kurang baik

Campuran material ternyata dapat berpengaruh pada keretakan pada dinding rumah kalian juga loh, ketika kalian melakukan proses pembangunan rumah alangkah lebih baiknya untuk menggunakan banyak material yang berbeda-beda. Ketika kalian memilih campuran material, pastikan material tersebut memiliki kualitas terbaik dan kalian juga wajib untuk memperhitungkan komposisi dari campural material tersebut. Supaya menciptakan dinding yang kuat, kokoh dan tidak mudah untuk retak memang membutuhkan proses yang cukup panjang dan membutuhkan biaya yang cukup banyak.

7. Kualitas Cat

Kualitas cat pun berpengaruh pada retaknya dinding di rumah kalian loh, kalian tidak boleh sembarangan menggunakan cat. Karena untuk cat itu sendiri memiliki keunggulan yang berbeda-beda, alangkah lebih baiknya untuk menggunakan produk terpercaya seperti Finatex Acrylic Emulsion, keunggulannya yaitu:

Keunggulan:

  • Kaya warna
  • Lebih aman: Rendah VOC, bebas logam, timbal, dan merkuri.
  • Daya tutup & sebar terbaik di kelasnya
  • Cepat kering
  • Warna tahan lama dan lebih cerah
  • Mudah diaplikasikan

Fitur:

  • Water base
  • Acrylic Emulsion
  • Cat dinding interior
  • Penampilan : Sedikit kilap
  • Warna : 26 warna sesuai kartu & 740 warna tinting
  • Kemasan : 5 kg dan 20 kg
  • Daya sebar per L / Kg : 6-7 m2
  • Rekomendasi pelapisan : 2 lapis
  • Waktu pengeringan :
    – Kering sentuh : 20 menit
    – Kering keras : 2 jam
  • Garansi : 3 tahun

7 penyebab dinding retak ini mudah-mudah bisa bermanfaat untuk kalian yang sedang ini membangun rumah dan kalian dapat memperhitungkan kembali bahan-bahan yang harus diperlukan untuk mencegah terjadinya keretakan pada dinding rumah kalian.