Cara Ampuh Merawat Furnitur Kayu

Akhir-akhir ini banyak sekali rumah yang menggunakan furnitur kayu karena memberikan warna yang sangat natural dan hangat pada rumah. Akan tetapi banyak juga dari kalian tidak tau, bahan ini juga memerlukan perawatan. Kenapa membutuhkan perawatan? Karena bahan kayu ini sangatlah rentan rapuh dan warna menjadi kusam jika tidak mendapatkan perawatan yang dan perhatian khusus.

Jadi untuk kali ini mimin mau ingin memberikan informasi atau tips untuk kalian yang memiliki rumah dengan banyak furnitur kayu, yuk simak tipsnya.

1. Lilin dapat melembapkan kayu

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan nutrisi atau vitamin bagi tubuhnya, ternyata kayu juga memerlukan nutrisi dan vitamin loh untuk mendapatkan warna yang baik. Caranya menggunakan lilin, kalian dapat oleskan lilin kayu pada permukaan dengan perlahan lalu bersihkan dengan kain yang halus. Kenapa dengan kain halus? Karena kain yang halus dapat memberikan daya rekat pada kayu.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan cepat, menggunakan kain dan air saja lalu menutupi kayu tersebut dengan kain yang sudah dibahasi. Akan tetapi hal ini tidak memberikan kelembabpan yang cukup untuk kayu, karena kita perlu memberikan lapisan yang rekat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Tidak terpapar sinar matahari.

Pasti banyak dari kalian berpikir bahwa furnitur yang terbuat dari bahan kayu sangat baik jika terpapar matahari? Akan tetapi kenyataannya adalah salah, karena Ultraviolet dan inframerah sangatlah tidak baik untuk furnitur kayu. Sebaiknya kalian menyimpan furnitur kayu ditempat yang tidak terpapar sinar matahari untuk waktu yang panjang. Jika memang terkena sinar matahari dalam waktu yang singkat, pastikan furnitur kalian dilapisi terlebih dahulu dengan koran. Lalu kenapa sih alasannya tidak diperbolehkan untuk tidak terkena sinar matahari?

  • Ultraviolet

Sinar ultraviolet ternyata dapat memberikan dampak kekurangan serat daripada kayu kalian yang menyebabkan warnanya akan pudar. Selain itu juga, kalian harus mempertimbangkan penempatan dari furnitur kayu berada dimana dan didekat mana. Karena banyak sekali orang yang menggunakan peralatan pemanas atau pengering dan meletakan posisi barang tersebut didekatnya.

Karena ketika furnitur kayu kalian dekat dengan peralatan pemanas dan pengering untuk waktu yang cukup lama. Kayu juga akan kehilangan kelembapan yang membuatnya menjadi kering dan akan berdampak retak pada serat-seratnya. Hal ini yang membuat kayu akan menjadi keropos dan dapat dimakan oleh serangga.

  • Inframerah

Tidak hanya sinar ultraviolet saja yang berdampak pada furnitur kayu kalian, sinar inframerah juga sangat berpengaruh pada kualitas dan ketahanan dari furnitur kayu. Karena pada faktanya, jika kayu terlalu sering terkena sinaran inframera. Kayu akan berubah suhunya menjadi panas dan pada malam harinya kayu akan menjadi dingin yang membuat kayunya menjadi rapuh.

3. Lapisi dengan cat kayu

Nah untuk langkah paling akhir dan paling mutakhir adalah menggunakan cat kayu, kenapa sih harus cat kayu? Karena cat kayu itu sendiri pasti sudah memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh kayu. Jadi kalian tidak perlu repot-repot lai untuk membasahi kayu dengan kain atau juga kalian tidak perlu report-repot lagi untuk melapisi furnitur kayu kalian dengan lilin. Dan diusahakan juga cat kayu yang kalian pilih terkandung solvent base yang berfungsi untuk melapisi permukaan kayu.

Nah jadi sekarang sudah tidak boleh asal lagi yah dalam mengurus furnitur kayu kalian, karena dampaknya dapat berkepanjangan. Jika kalian ingin bertanya seputar cat atau yang lainnya, kalian bisa bertanya dikolom komentar ya.