5 Cara Merawat Warna Cat Mobil Dengan Baik

Warna cat mobil adalah salah satu hal penting yang harus kalian perhatikan ketika kalian ingin merawat mobil dengan baik. Karena ketika kita melihat warna catnya rusak, tentu sangat menganggu sekali ketika di pandang dan lambat laun warnanya pun akan memudar dan akan merusak bahkan membuat karat body mobil. Nah di sini mimin ingin membagikan beberapa cara merawat warna cat mobil dengan baik dan benar, yuk simak ulasannya.

1. Debu

Sebenarnya hal yang satu ini sangat sepele akan tetapi dampaknya akan mempengaruhi warna cat mobil kalian loh. Debu, kita sering sekali menjumpai debu dan kita sering sekali menganggap sepele dengan debu yang menempel pada mobil kita. Akan tetapi jika kalian sadari, faktor utama mobil kalian timbul baret atau lecet pada permukaan cat adalah debu loh. Hal ini kenapa bisa terjadi?

Sebenarnya mudah saja, ketika debu menempel pada permukaan cat mobil kalian lalu kalian salah dalam membersihkannya itu adalah penyebab utamanya. Lalu bagaimana cara membersihkannya? hanya ada satu cara untuk dapat membersihkannya, adalah dengan mencucinya langsung dengan air lalu mengelapnya dengan kain yang memiliki permukaan halus. Karena hanya air lah yang dapat mengangkat debu tersebut tanpa menimbulkan gesekan dengan permukaan cat sehingga warna cat mobil kalian terhindar dari goresan yang halus.

2. Air

Mimin dengan berat hati harus menyebutkan air dapat merusak cat mobil kepada kalian semua, karena air itu sendiri dapat membantu kalian untuk memberikan cat yang kotor terkena debu atau kotoran lainnya. Akan tetapi yang harus kalian perhatikan adalah ketika air yang menempel pada mobil kalian terlalu lama menempel hingga mengering pada mobil kalian, karena hal tersebut dapat menimbulkan jamur yang menempel pada permukaan cat mobil kalian.

Baca Juga : 9 Daftar Warna Cat Rumah Yang Sejuk

Apalagi ketika musim hujan telat tiba, kita harus mengeluarkan tenaga lebih untuk rutin terus mencuci mobil atau membersihkannya. Tidak hanya air hujan saja yang dapat menimbilkan jamur pada permukaan dari warna cat mobil kalian, ternyata air yang kalian gunakan untuk mencuci mobil pun dapat memicu terjadinya penjamuran pada cat mobil kalian loh. Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Yang kalian harus perhatikan saat mencuci mobil itu adalah lokasi dimana kalian mencucinya. Ketika kalian mencuci mobil diluar rumah, kalian dapat pastikan bahwa sinar matahari tidak langsung mengenai mobil kalian yang sedang di cuci. Karena ketika sinar matahari langsung menyinari mobil kalian, sudah dapat dipastikan bahwa air yang akan menempel pada mobil kalian akan cepat mengering dan hal tersebut yang dapat memicu tumbuhnya jamur pada permukaan cat mobil kalian.

3. Cover Mobil atau Selimut Mobil

Memang pada dasarnya, cover mobil itu sendiri digunakan untuk melindungi mobil kalian terkena goresan benda asing atau air hujan. Akan tetapi yang kalian harus perhatikan adalah bahan dari cover mobilnya itu sendiri, mimin sering sekali menemukan bahan dari cover mobil yang masih tembus air. Ketika mobil kalian terkena air hujan pada saat kondisi tertutup dengan cover, maka akan membuat air terperangkap di bawahnya. Hal ini yang membuat cat mobil terlihat seperti bercak-bercak dan berjamur yang melekat pada permukaan cat mobil kalian. Kalian dapat memilih cover yang bahannya anti air supaya air hujan maupun air apapun tidak dapat masuk atau menembus permukaan cover yang akan langsung kena ke mobil.

4. Air Aki

Cairan elektrolit atau yang biasa kita sebut dengan air aki/accu adalah salah satu musuh utama dari cat mobil kita loh, karena tumpahan, tetesan atau uap dari air accu itu sendiri dapat merusak permukaan cat mobil kita. Ketika ada tetesan atau siraman dari aki/accu itu sendiri bisa kalian atasi dengan cara menyiramnya dengan air.

5. Air Wiper

Sebenarnya jarang sekali masalah warna cat mobil yang di alami dari air wiper itu terjadi. Akan tetapi mimin hanya ingin mengingatkan saja, bahwa ada beberapa air wiper atau wiper fluid mengandung bahan-bahan yang dapat merusak warna cat mobil kalian. Jadi alangkah lebih baiknya kalian lebih memperhatikan kandungan yang terdapat di dalam sabun wiper fuild kalian.

Nah 5 cara merawat warna cat mobil ini mungkin dapat berguna atau membantu kalian supaya lebih berhati-hati lagi dalam merawat mobil kalian. Jika kalian ingin bertanya sesuatu seputar cat mobil bisa langsung komentar di kolom komentar ya.

1 komentar untuk “5 Cara Merawat Warna Cat Mobil Dengan Baik”

  1. Ping-kembali: 13 Warna Cat Rumah Minimalis 2022 | Pacific Paint Indonesia

Komentar ditutup.