icon-floating-button

3 Rumah Tradisional Asal Turki yang Cukup Berpengaruh untuk Desain Hunian Modern

February 13, 2023

Tentu saja sebagian dari kita pasti pernah menjumpai rumah modern dengan sentuhan desain bangunan tradisional Turki bukan? Tak heran karena rumah tradisional asal Turki memiliki daya tarik yang megah dan berkelas.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengetahui lebih banyak mengenai rumah Turki klasik dan ingin mencoba menjadikan inspirasi rumah modern tentu saja sudah berada di halaman yang tepat. Kali ini kami akan mengulas 3 rumah tradisional Turki yang cukup memiliki pengaruh bentuk desain hunian modern saat ini.

Rumah Tradisional Turki yang Memiliki Pengaruh Besar pada Desain Bangunan Modern

Penasaran sekali bukan bagaimana saja penampilan rumah tradisional di Turki? Berikut ini keterangan lengkapnya:

1. Rumah Ottoman

Kita pahami bersama kalau Dinasti Ottoman memiliki pengaruh yang cukup besar untuk desain rumah di Turki saat itu. Rumah Ottoman memiliki karakteristik yang fungsional, kokoh, sederhana dan estetik. Dominan dengan dinding-dinding serta lantai dasar yang digunakan sebagai area servis.

Rumah tradisional asal Turki ini identik sekali dengan Cumba. Sebuah jendela besar yang menjorok ke arah Taman atau jalan.

2. Yali

Rumah Ottoman memiliki beberapa variasi salah satunya ada yang disebut sebagai Yali. Rumah Yali Turki banyak ditemukan di sepanjang selat Bosphorus. Ukurannya sangat luas serta pada atapnya memiliki detail kayu yang cukup rumit dan pada bagian eksteriornya dikelilingi oleh taman.

Sebagai rumah tradisional asal Turki yang cukup menginspirasi para desainer hunian modern ternyata termasuk paling eksklusif dan harganya tinggi. Biasanya rumah ini dibangun pada wilayah dengan musim panas tetapi saat ini sudah berubah menjadi hotel mewah dan restoran.

3. Rumah Batu

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daerah Cappadocia di Turki bukan? Nah, disana terdapat rumah Batu. Ciri khas rumah Turki ini tergolong cukup unik karena hanya terbuat dari batu.

Hunian legendaris ini terbangun dari sebuah formasi batuan berwarna putih berbentuk kerucut. Pasalnya, batuan yang membentuk rumah tersebut berasal dari letusan gunung api purba. Nampak menyerupai jamur sehingga jadi bangunan yang cukup bersejarah di Turki.

Tapi kalau Anda ingin membangun rumah modern dengan aksen desain rumah asal tradisional Turki, jangan sampai menyepelekan masalah finishing-nya. Sebab rumah Turki identik dengan kemewahan dan kekokohan.

Nah, cat Pacific Paint menjadi solusi untuk bangunan modern yang megah. Sebab memiliki ketahanan maksimal serta bebas noda. Cocok bagi Anda yang ingin membuat hunian selalu bersih dan berseri.

Artikel Terkait

Eid Mubarak Moment: Insipirasi Warna Untuk Hunian Hadirkan Semangat Kebahagiaan Lebaran!

Back to Nature: Insipirasi Warna Ruang Hunian dari Misool, Raja Ampat

Insipirasi Alam di Dalam Kamar: Inspirasi Warna Cat dari Kakaban Island, Kalimantan Timur

“Day of Silence: Hadirkan Nuansa Bali yang Asri Dalam Hunian Impian Anda”

Artikel Terkait

Scroll to Top