14 Cara Menghilangkan Bau Cat Dengan Mudah

Merubah tampilan pada ruangan itu sendiri adalah salah satu hal yang selalu ingin kita lakukan, karena merubah tampilan ruangan dapat membuat cantik pada ruangan rumah kita. Banyak juga yang dapat dilakukan dalam merubah tampilan pada ruangan, yang diantaranya adalah dengan mengecat ulang. Akan tetapi kendala dalam mengecat ulang itu sendiri adalah cara menghilangkan bau cat tersebut, karena bau dinding yang baru di cat biasanya sangat menyengat dan butuh waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya.

Oleh karena itu, Pacificpaint.com memiliki beberapa cara atau tips untuk menghilangkan bau cat pada dinding rumah kalian ketika baru dicat. Jadi kalian tidak perlu menunggu lama untuk menunggu kapan baunya akan hilang.

1. Sinar Matahari

Ketika kalian sedang mengecat dinding, cat tersebut membutuhkan banyak sekali sinar matahari untuk dapat kering dengan cepat dan hal ini yang dapat membuat bau cat akan hilang dengan cepat.

Bau cat itu sendiri berasal dari kelembapan, ketika cat tersebut semakin cepat mengering maka bau dari cat sendiri makin cepat hilang juga.

Hal ini yang membuat kalian jangan sampai mengecat pada malam hari, karena ketika kalian mengecat pada malam hari. Maka bau yang akan menempel pada dinding akan semakin lama dan akan sangat menganggu tidur kalian dimalam hari.

2. Arang

Pasti dari kalian banyak yang bingung dan bertanya-tanya, kenapa arang dapat membantu untuk menghilangkan bau pada ruangan kalian. Cara menghilangkan bau cat yang satu ini sebenernya cukup ampun untuk dilakukan dan sangat mudah sekali diaplikasikannya. Karena arang itu sendiri memiliki kemampuan untuk menyerap bau dari zat-zat kimia yang terdapat pada cat dinding.

Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya? Kalian hanya perlu meletakan arang pada beberapa sudut rumah kalian atau juga kalian dapat mendekatkan arang tersebut dengan dinding yang baru saja dicat. Letakan arang selama semalaman, maka pada pagi harinya bau cat tersebut akan berkurang dengan sendirinya.

3. Buka Pintu dan Jendela

Ketika kalian ingin memulai untuk mengecat dinding alangkah lebih baiknya untuk membuka semua jendela dan pintu yang ada di rumah kalian. Hal ini adalah salah satu cara menghilangkan bau cat yang sangat mudah dilakukan. Karena ketika kalian membuka semua pintu dan jendela pada rumah kalian, hal ini yang membuat udara akan membawa semua bau cat keluar dari ruangan kalian.

Pergantian udara inilah yang dapat mempercepat menghilangkan bau cat yang menyengat pada rumah atau ruangan kalian. Jadi kalian jangan lupa ya, untuk terus membuat semua pintu dan jendela ketika ingin mengecat.

4. Bubuk Kopi

Kalian tau ga sih, bahwa bubuk kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau cat yang menyengat. Karena bubuk kopi juga dapat menghilangkan bau amis pada daging sebelum kalian memasaknya. Karena pada dasarnya, bau kopi itu sendiri sangatlah mendominasi yang membuat ruangan menjadi lebih fresh.

Cara mengalikasikannya sama seperti dengan menggunakan arang diatas, kalian hanya perlu menaruh kopi pada gelas dan letakan pada dinding yang kalian cat. Lalu jangan lupa juga untuk menggunakan kopi yang berwarna hitam, karena kopi hitam bubuk memiliki aroma yang lebih kuat dibandingkan kopi yang dicampur dengan cream atau susu.

5. Kulit Jeruk dan Lemon

Memang agak sedikit tidak masuk akal, ketika mimin menyebutkan kulit jeruk atau lemon dapat menghilangkan bau cat pada dinding rumah kalian. Akan tetapi bau kulit jeruk atau lemon itu sendiri bisa dikatakan bau yang sangat menyengat dan memiliki aroma yang esensial yang membuat kita menjadi nyaman untuk menghirupnya. Maka dari itu, kalian jangan heran ketika kalian melihat produk sabun cuci tangan dan sabun cuci piring banyak sekali yang menggunakan aroma jeruk atau lemon.

Kulit jeruk dan lemon juga dapat membantu kalian untuk menghilangkan bau cat yang menyengat pada rumah kalian. Cara mengaplikasikannya juga sama seperti kalian menggunakan kopi dan arang di atas. Kalian hanya mendekatkannya saja dengan dinding yang baru saja kalian cat, lalu kalian tinggalkan semalaman. Bahan-bahan yang alami seperti ini dapat membantu menghilangkan bau cat dengan cepat dan mudah.

6. Tanaman Herbal

Tanaman herbal juga dapat membantu kalian menghilangkan bau cat yang menyengat loh, tanaman seperti kemangi, rosemery atau yang lainnya memiliki aroma yang sangat kuat. Kalian hanya perlu mendekatkan tanaman tersebut dengan dinding yang masih lembab karena baru di cat saja. Tinggalkan semalaman, maka pada besok paginya sudah dapat dipastikan bau catnya akan sedikit menghilang.

7. Kamper

Meskipun bentuknya yang kecil, akan tetapi kamper dapat membantu untuk menghilangkan bau-bau busuk pada ruangan atau lemari kalian. Kamper juga dapat membantu untuk menghilang bau cat yang menyengat ketika kalian dekat dengan dinding yang baru saja kaian cat.

8. Baking Soda

Baking soda tidak hanya bisa kalian gunakan dalam bahan makanan atau kue saja loh, ternyata baking soda dapat membantu kalian untuk menghilangkan bau cat pada ruangan kalian. Lalu bagaimana cara mengaplikasikan soda kue atau baking soda ini untuk menghilangkan bau yang tidak sedap ini?

Kalian hanya perlu menuangkan baking soda pada mangkuk saja dan tidak perlu banyak-banyak. Lalu letakan mangkuk tersebut di sekeliling ruangan yang baru saja di cat. Jika masih tercium bau pada ruangan kalian, kalian dapat menyemprotkan baking soda tersebut pada furnitur rumah kalian. Tapi kalian harus ingat ya, sebelum kalian menyemprotkan baking soda tersebut, kalian harus melapisi furnitur kalian dengan kain terlebih dahulu.

9. Cuka Apel

Tidak hanya baking soda saja, bahan makanan yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan bau cat pada ruangan kalian. Ternyata cuka apel juga dapat membantu kalian untuk membantu kalian memecahkan masalah ini. Kalian hanya perlu menuangkan sari cuka apel atau cuka putih pada mangkuk dan letakan dekat dengan dinding yang baru saja di cat. Atau kalian bisa letakan cuka ini pada sudut rumah kalian juga, jika kalian takut tertendang dan tumpah.

10. Bawang Bombai

Hampir semua jenis bawang memiliki bau yang sangat menyengat, dengan bau yang sangat menyengat itulah kalian dapat menggunakannya untuk menghilangkan bau cat. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Kalian hanya perlu memotong bawang bombang menjadi dua, lalu letakan pada piring kecil dan letakan pada suduh rumah kalian.

11. Air Garam

Sebenarnya cara yang satu ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membantu kalian menghilangkan bau cat pada dinding ruangan kalian. Akan tetapi cara ini dapat kalian coba, karena hal ini dapat sedikit membantu kalian. Kalian pasti memiliki garam pada dapur kalian, manfaatkan garam tersebut untuk menghilangkan bau dengan cara. Melarutkan garam pada air dan letakan larutan tersebut pada beberapa sudut rumah kalian. Cara ini memang sedikit memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi dapat membantu kalian dalam menghilangkan baunya.

12. Lilin

Ternyata lilin tidak hanya digunakan untuk menerangi ruangan ketika listrik mati saja loh. Lilin juga dapat membantu untuk menghilangkan bau cat pada dinding kalian juga loh. Akan tetapi yang harus kalian perhatikan adalah lilin yang di gunakan tidak mengandung banyak zat kimia dan alangkah lebih baiknya kalian menggunakan lilin yang mengandung bahan dasar kedelai atau bahan alami lainnya.

13. Batok Kelapa

Ternyata bagian luar dari batok kelapa itu sendiri memiliki bau yang menyengat ketika terbarak loh. Biasanya banyak orang yang dari daerah perdesaan menggunakan cara yang satu ini untuk mengusir nyamuk atau menghilangkan bau yang tidak sedap.

Kamu juga bisa menggunakan dan memanfaatkannya untuk menghilangkan bau cat yang menyengat ketika kalian baru saja mengecat ruangan kalian.

14. Cat Berkualitas

Yang terakhir dengan menggunakan cat berkualitas, cara yang satu ini adalah untuk mencegah ruangan kalian berbau ketika mengecat dinding rumah kalian. Memangnya ada cat yang tidak berbau?

Metrolite Acrylic Emultion Paint salah satunya, cat yang satu ini tidak memiliki aroma yang bau ketika kalian mengaplikasikannya pada dinding rumah kalian. Tidak hanya itu saja, produk cat berkualitas yang satu ini juga sangat mudah kering, bebas dari timbal, bebas dari merkuri dan yang terpenting adalah memiliki warna yang lebih cerah.

Demikian penjelasan cara untuk menghilangkan bau cat pada rumah kalian, semoga cara atau tips yang mimin kasih bermanfaat ya.