12 Jenis Batu Alam Terbaik Untuk Rumah

Ketika kita menggunakan batu alam dinding adalah pilihan yang tepat untuk kalian yang ingin memperindah atau mempercantik rumah kalian. Untuk batu alam itu sendiri memang sangatlah mudah dipadukan dengan warna-warna cat pada dinding rumah kalian. Akan tetapi kalian juga tidak boleh salah dalam menentukan batu alam yang cocok untuk rumah kalian, karena banyak sekali jenis-jenis batu alam yang bisa kalian pilih. Untuk warna dan bentuknya pun sangat berbeda-beda, sekarang mimin ingin memberikan sedikit informasi nih ke kalian untuk beberapa jenis batu alam yang bisa kalian pilih untuk dapat mempercantik rumah kalian.

Jenis-jenis batu alam dinding untuk rumah kalian.

1. Batu Alam Granit

Untuk batu alam granit itu sendiri sangatlah umum digunakan pada lantai rumah, karena ketika kalian menggunakan jenis batu ini. Lantai kalian akan terasa lebih dingin dan dapat menghindari jalan yang licin dibandingkan batu alam lainnya. Batu ini juga bisa dikatakan, batu yang cukup tahan lama atau awet, karena batu alam yang satu ini memiliki ketahanan anti gores dan anti jamur juga, lho! Dengan teksturnya yang tahan cuaca dan cukup kuat, batu ini juga biasa digunakan campuran untuk bahan bangunan seperti kolam renang, gedung hotel, perkantoran dan beberapa jenis kolam lainnya.

2. Batu Alam Marmer

Untuk batu yang satu ini memang sangat banyak sekali dijumpai dirumah-rumah, karena batu marmer sangatlah mudah untuk dibentuk dan batu ini akan terasa lebih dingin ketika di injak dan di pegang. Kelebihan batu ini juga memiliki warna yang sangat terang, yang membuatnya terkesan lebih mewah ketika diaplikasikan pada rumah kita. Meskipun batu ini terlihat cantik, batu ini sangatlah mudah rusak ketika langsung terpapar sinar matahari langsung. Saran dari mimin, untuk tidak menggunakan batu ini diluar rumah.

3. Batu Palimanan

Batu yang satu ini memang cukup terkenal dengan keawetan dan kekuatannya, batu yang satu ini diproduksi di Gunung Ciremai, KecamataN Palimanan, Cirebon. Dengan ketahanan yang luar biasa, membuat batu ini sering sekali digunakan pada taman, dinding luar rumah atau bisa digunakan juga sebagai dinding pagar. Perawatannya pun tidak terlalu ribet dan terlalu mahal, kalian hanya perlu menyikatnya menggunakan sikat plastik setiap 6 bulan sekali.

4. Batu Gamping

Biasanya kita menyebutnya dengan batu kapur, meskipun namanya batu kapur akan tetapi ketahanannya dalam cuaca ekstrim dan ketahanannya pada suhu ekstrim membuatnya banyak diminati. Untuk warnanya pun tidak hanya putih saja loh, meskipun namanya batu kapur akan tetapi batu ini memiliki beberapa warna seperti warna cokat, biru dan abu.

5. Batu Templek

Ketika kalian melihat rumah-rumah sekarang, pasti banyak sekali menjumpai batu templek yang satu ini. Karena banyak dari beberapa desiner rumah menggunakan batu yang satu ini, meskipun batu ini memiki permukaan yang tidak beraturan. Tetapi batu ini akan terlihat estetika ketika diaplikasikan pada dinding rumah kalian, lalu untuk ketahanannya sangatlah kuat meskipun bentuknya tipis. Sebenarnya orang-orang menggunakan batu ini bukan karena cantik saja, tetapi batu ini sangat mudah dirawat dan jarang sekali terkena jamur dan lumut. Ketika batu ini kotor terkena debu, kalian hanya perlu menyiramnya menggunakan air dan mengelapnya menggunakan kain lap.

6. Batu Candi

Meskipun batu ini memiliki nama Batu Candi, bukan berarti batu ini digunakan untuk candi-candi bersejarah di Indonesia. Untuk batu yang satu ini cocok juga ketika kalian gunakan untuk dinding luar rumah. Karena batu ini memiliki pori-pori yang cukup besar atau terbuka jadi membuatnya mudah untuk dirawat.

7. Batu Andesit

Jenis batu andesit itu sendiri berasal dari erupsi gunung berapi dan jadilah batu andesit yang lalu kita pakai untuk mempercantik rumah. Batu yang satu ini terbilang memiliki tekstur yang sangat kuat, jadi akan tahan dicuaca seperti apapun. Tidak hanya untuk dinding rumah saja, batu ini juga bisa kalian pahat dan menjadi sebuah hiasan rumah yang sangat cantik.

Baca Juga : 6 Cara Merawat Batu Alam Dengan Baik

8. Batu Sabak

Sabak atau yang biasa orang sebut batu kali ini sangat banyak ditemukan pada bagian eksterior rumah-rumah. Tidak hanya dijadikan eksterior saja, batu ini biasa dijadian sebagai pondasi dari bangunan-bangunan. Karena dengan teksturnya yang kuat membut rumah akan sangat kokoh ketika kita menggunakan batu ini. Saran dari mimin, ketika kalian ingin menggunakan batu yang satu ini alangkah lebih baiknya kalian memiliki alat pemotong batu. Karena batu ini sangat susah sekali untuk dipotong dan tidak mudah pecah, mungkin akan memakan waktu yang banyak ketika kalian memotongnya.

9. Batu Sukabumi

Ketika kita mendengar nama Sukabumi, pasti secara langsung terlintas nama kota yang berada di Jawa Barat. Memang untuk batu yang satu ini berasal dari kota Sukabumi dan batu ini sangat langka untuk di jumpai di Indonesia bahkan di dunia. Untuk batu yang satu ini biasanya digunakan untuk berbagai jenis kolam karena memiliki sifat yang anti air, anti licin dan yang paling penting. Batu ini memiliki kelebihan seperti menjenihkan air karena terdapat kandungan senyawa zeoilit.

10. Batu Koral

Pasti dari kalian sudah sering sekali menemukan jenis batu yang satu ini, biasanya batu ini digunakan sebagai dinding, lantai bahkan hiasan pada kolam dan taman. Batu ini juga bisa dikatakan sangat terjangkau untuk harganya, jika kalian ingin mencarinya dapat kalian jumpai dipinggir sungai.

11. Batu Paras Jogja

Jika rumah yang kalian impikan adalah rumah yang minimalis akan tetapi ingin terlihat elegan, mimin sarankan untuk menggunakan batu yang satu ini. Batu yang berasal dari kota Jogja ini bagus sekali jika kalian gunakan untuk dinding rumah kalian. Akan tetapi kekurangan dari jenis batu yang satu ini adalah permukaannya yang cukup kasar dan membuatnya sangat sulit untuk mengurusnya. Jika kalian tidak ingin batu ini berlumut, alangkah lebih baiknya untuk lebih rutin membersihkannya.

12. Batu Karang

Ketika kalian membutuhkan batu yang tahan lama dan anti cuaca ekstrim, batu karang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian gunakan. Kalian bisa menggunakan batu yang satu ini untuk dasar kolam bahkan untuk aquarium di rumah kalian. Dan tidak hanya itu saja, batu yang satu ini juga dapat kalian gunakan untuk dinding luar rumah kalian juga loh.

Mudah-mudah dengan informasi ini dapat membantu kalian untuk mendapatkan batu terbaik untuk rumah idaman kalian. Jika kalian ingin menanyakan sesuatu, kalian bisa langsung tulis dikolom komentar ya.