Warna-Warni Pecinan Tingkatkan Nilai Sejarah Kejayaan Cirebon

Pacific Paint Keraton Kasepuhan Cirebon 4 1

Kawasan Pecinan Warna Warni di area Pasar Kanoman

Cirebon merupakan kota peninggalan masa kejayaan Kerajaan Islam di Indonesia, yang biasa dikenal sebagai Kota Wali, dan termasuk salah satu wilayah strategis masuknya pendatang dari beragam bangsa dan budaya. Meskipun terdapat perbedaan, namun tetap terjalin kerukunan hidup bersama yang harmonis, terbukti dari adanya Kawasan Pecinan di Pasar Kanoman yang lokasinya berdekatan dengan Keraton Kasepuhan.

Untuk mendukung semangat persatuan dan kesatuan di Cirebon, Pacific Paint memberikan sentuhan keindahan ragam warna dengan meresmikan Pecinan Warna Warni di area Kawasan Pecinan, Pasar Kanoman yang merupakan representasi tempat pertemuan beragam budaya, suku dan bangsa. Kawasan pecinan Pasar Kanoman berpotensi menjadi salah satu daya tarik utama pengunjung yang sayang apabila tidak dijaga, karena selain sebagai pusat ekonomi, pasar ini juga merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia.

Pacific Paint melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR) ini berkolaborasi dengan Forum Pedagang Kanoman dalam merevitalisasi Kawasan Pecinan untuk pengecatan 200 ruko menggunakan cat tembok Metrolite Weatherseal, mengganti 67 tenda serta 16 kanopi mengusung konsep warna-warni yang menggambarkan keanekaragaman etnis, budaya dan agama namun tetap berdampingan selaras dan harmoni. Senyum ceria pun terlihat dari wajah para pemilik ruko serta penjual karena tempat mencari nafkahnya kini menjadi lebih berwarna sehingga menumbuhkan semangat baru dalam menyongsong masa depan.

Tampak luar Keraton Kasepuhan yang telah dicat kembali oleh Pacific Paint dan dibuatkan papan petunjuk informasi

Pacific Paint dengan konsisten mengaplikasikan visi dan misinya untuk mewarnai Indonesia juga memiliki sejarah panjang dalam menjadi pelopor pabrik cat di Indonesia sejak 1943. Kesamaan akan nilai sejarah yang dimiliki, Pacific Paint selain meresmikan Pecinan Warna Warni juga melakukan pengecatan kembali Keraton Kasepuhan serta pembuatan papan petunjuk informasi sejarah di sekitar halaman menuju keraton. Menempati lahan seluas 25 hektar, pengunjung dapat mengetahui informasi mengenai fungsi dan sejarah bangunan dan ruangan yang ada di dalam kawasan keraton. Dalam proses pengecatan ini Pacific Paint bekerja sama dengan tiga Kesultanan Cirebon, di antaranya Kesultanan Kasepuhan, Kesultanan Kanoman dan Kesultanan Kacirebonan.

Banyak tempat bersejarah di dalam keraton yang dapat dijadikan lokasi mengabadikan momen bersama keluarga maupun kerabat, antara lain berlatar belakang benda kuno atau barang peninggalan keraton yang memperlihatkan perpaduan unsur berbagai agama dan budaya, serta kereta kencana Singa Barong yang merupakan kereta kencana tua canggih pertama buatan Indonesia.

Diresmikannya Pecinan Warna Warni dan dicatnya kembali Keraton Kasepuhan oleh Pacific Paint ini bertujuan untuk melestarikan budaya serta sejarah bangsa di Cirebon serta meningkatkan minat kunjungan wisatawan baik lokal maupun internasional.

 

Jadikan situs bersejarah sebagai salah satu tujuan wisata Anda.
Lestarikan budaya serta sejarah Indonesia.

Salam warna warni!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *