Warna Terbaik untuk Rumah sesuai Feng Shui

Ingin mengecat ulang dinding rumah Anda tapi bingung mau warna apa? Ikuti pedoman Feng Shui saja!

Apa sih Feng Shui itu? Feng Shui di salah satu pengertiannya merupakan suatu sistematika dalam kepercayaan Tionghoa, di mana setiap bangunan serta benda – termasuk warna – dianggap memiliki karakter tertentu, dan jika dikombinasikan dengan karakter benda atau unsur lain, bisa memberi dampak baik psikologis dan fisik. Feng Shui juga melibatkan arah mata angin yang diharapkan akan tercipta keharmonisan di dalam rumah tersebut.

Lalu, warna apa saja yang pas untuk interior dan eksterior rumah menurut Feng Shui?

Merah dan Pink

Kedua warna ini melambangkan status sosial, pencapaian hidup, dan hubungan dengan pasangan. Merah dan pink juga merefleksikan penuh semangat dan gairah sehingga baik untuk diaplikasikan pada rumah yang menghadap ke selatan, barat daya, dan timur laut.

Cat tembok merah-pink

Interior serba merah juga bisa tampil kalem – Photo by Lisa Cohen

Kuning dan Variannya

Berdasarkan feng shui, warna kuning merupakan warna dari kebajikan, kebijaksanaan, dan ilmu. Warna kuning dan berbagai warna turunannya seperti beige, terracotta, emas, dinilai mampu menjaga kestabilan dan hubungan Anda dengan pasangan. Warna-warna tersebut diprediksikan sangat baik untuk rumah yang menghadap timur laut, barat, barat daya, serta barat laut.

cat exterior berdasar feng shui

Rumah dengan eksterior kuning yang memukau

Putih

Warna putih baik untuk rumah yang menghadap ke arah barat, barat laut, dan utara karena merefleksikan cahaya dengan sangat baik serta mampu menstimulasi aura positif dari arah tersebut. Mengaplikasikan warna putih untuk cat dinding rumah sangat baik bagi peningkatan kreativitas serta cocok juga bagi Anda yang memiliki anak.

warna cat tembok putih feng shui

Interior rumah yang didominasi cat warna putih

Biru

Warna biru berdasarkan feng shui mampu mengundang banyak kesempatan emas, meningkatkan kemakmuran, dan memberikan dukungan bagi karir baik untuk diri sendiri maupun keluarga. Rumah berwarna biru banyak meraih kesuksesan. Warna ini cocok untuk rumah yang menghadap utara, timur, dan tenggara.

cat tembok biru berdasar feng shui

Warna biru juga cantik untuk eksterior

Warna khusus untuk kusen

Selain perlu memperhatikan warna cat dinding, feng shui juga menyarankan untuk mengecat kusen dengan warna putih, karena putih kaya akan limpahan cahaya dan bisa menyatu dengan warna lainnya. Pilihlah warna yang gelap hanya untuk warna-warna yang sesuai. Bisa juga dengan memilih tone yang lebih gelap dari warna pintu atau jendela.

warna putih cat kayu feng shui

Bagaimana? Sudah menemukan warna yang cocok untuk rumah Anda? Semoga informasi ini berguna ya.

Salam warna-warni!