Stop Khawatir Rumah Bocor saat Hujan!

Memasuki musim hujan membuat sebagian besar keluarga waspada. Rumah mewah maupun biasa saja, luas maupun cukup, baru atau lama, air hujan di musim penghujan akan menghadirkan ancaman rutin seperti atap bocor atau ngerembes. Apalagi, hujan belakangan ini lebih sering disertai angin ditambah intensitas yang luar biasa lebat. Kalau sudah begitu, membuat sebagian orang repot karena harus menyiapkan beberapa alat ‘tempur’ (ember, panci, dan lainnya) untuk menampung kebocoran air dan memindahkan barang-barang yang ada di bawahnya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan budget khusus untuk memperbaiki atap.

Nah, Anda tidak perlu khawatir masalah tersebut terjadi, jika mengikuti langkah-langkah taktis berikut ini:

1. Periksa atap rumah

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tidak ada celah kebocoran di atap. Periksalah atap secara berkala, jika mendapati air masih menggenangi talang maupun atap rumah, segera keringkan dan ambil langkah untuk tutup titik bocor tersebut. Jangan biarkan titik-titik kebocoran kecil semakin lama menjadi rusak dan membuka peluang kebocoran lebih besar.

Selain celah kebocoran, perlu diperhatikan juga usia dari atap di rumah apakah sudah saatnya diperbaiki karena rapuh karena akan sangat mudah membuat air merembes ke pinggiran dinding maupun juga menimbulkan lubang sehingga timbul bocor. Mengganti atap rapuh dengan yang baru menjadi solusi terbaik sebelum terjadi kebocoran di kala musim hujan.

2. Periksa talang air

Cek dan bersihkan talang air karena daun gugur serta kotoran lain yang mengendap akan mengakibatkan rembes maupun bocor. Jika Anda mendapati dedaunan tersangkut di atap rumah, segera singkirkan karena daun-daun akan menghambat jalur air hujan turun ke tanah. Mari rutin membersihkan talang air agar atap rumah bebas dari hambatan.

3. Tebang pohon yang rawan tumbang

Apabila terdapat pohon tinggi dengan cabang yang besar di dekat rumah, segeralah tebang untuk meminimalisir pohon tumbang terkena angin saat hujan dan beresiko jatuh atau kena atap rumah sehingga bisa mengakibatkan juga kebocoran. Bekerjasama dengan tetangga untuk merapikan batang-batang pohon yang rentan patah.

4. Cek sakelar atau jaringan listrik

Anda juga wajib untuk mengecek sakelar atau jaringan listrik yang ada untuk meminimalisir konsleting listrik saat hujan. Pastikan juga tidak ada kabel yang terkelupas karena berisiko untuk bersentuhan dengan air.

5. Aplikasikan cat anti rembes dan bocor

Pencegahan terhadap rembes dan bocor dapat dilakukan sebelum musim hujan yaitu dengan cara mengaplikasikan cat genteng yang mampu melindungi atap atau genteng serta menghindari timbulnya jamur maupun lumut. Namun apabila telah terjadi rembes atau kebocoran di rumah, solusinya yaitu menunggu waktu datangnya panas sehingga genteng tidak basah dan sudah bisa dilewati oleh Anda maupun tukang bangunan, lalu aplikasikan cat genteng.

Pacific Paint berinovasi untuk dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia dengan menghadirkan produk cat genteng yaitu MetroRoof dengan emulsi berkualitas tinggi, dibuat dari bahan Styrene Acrylic. MetroRoof direkomendasikan untuk pengecatan atap khususnya yang terbuat dari asbes, beton, dan tanah liat baik untuk atap lama maupun baru. Melindungi atap agar lebih tahan lama terhadap cuaca ekstrem, lumut dan jamur.

5 langkah di atas dapat dilakukan agar membantu Anda mencegah terjadinya rembes serta atap bocor di rumah. Kini tak perlu khawatir lagi ketika memasuki musim hujan. Keluarga terlindungi dengan baik.

Selamat mencoba.

Salam warna warni.