Sentuhan Mewah untuk Rumah

sentuhan warna mewah

Tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan membeli furnitur mahal agar rumah terlihat mewah loh. Cukup berkreasi dengan palet warna cat dinding saja!

Banyak orang menginginkan rumah mereka terlihat mewah dan berkelas. Tentunya kesan mewah tidak bisa didapat semata dari pemilihan furnitur berharga mahal. Justru sebaliknya bisa didapat dengan konsep dan desain yang tepat meski simpel dan sederhana antara lain melalui pemilihan warna cat.

paduan warna cat interior

Kombinasi dan palet warna yang diaplikasikan pada ruangan berdesain minimalis dapat ditentukan melalui pemilihan warna dominan, warna komplementer, dan warna aksen. Mari kita bahas satu persatu.

Abu-abu dan cokelat yang dominan

Umumnya warna yang selama ini dianggap berkelas adalah warna lembut seperti krem. Namun, tren warna kini mulai berubah. Di era milenial ini, warna yang dianggap berkelas adalah warna abu-abu. Agar rumah Anda lebih terkesan mewah, aplikasikan warna abu-abu sebagai warna dominan. Sementara itu, untuk warna komplementer dapat gunakan gradasi dari warna abu-abu yang lebih terang mengarah ke putih. Terakhir, pilih warna terang seperti merah sebagai warna aksen.

Alternatif selain abu-abu, Anda juga bisa menggunakan warna cokelat sebagai warna dominan. Untuk komplementer, pilih warna-warna tanah yang juga memberikan kesan mewah. Nah, agar ruangan di rumah terlihat lebih ceria dan mewah, padukan warna pastel muda sebagai warna aksen, seperti pink pastel cerah atau hijau tosca pastel yang lembut.

Pemilihan warna abu-abu dan cokelat tidak hanya berkelas, namun juga akan memberikan kesan nyaman pada hunian. Warna aksen pun tidak selalu harus muncul sebagai warna pada cat dinding, namun juga bisa diaplikasikan pada warna hiasan ruangan maupun furniture seperti pada warna sofa, bantal, karpet maupun lukisan agar lebih menonjol.

paduan warna abu-merah

Penggunaan warna abu-abu yang dipadukan aksen merah agar ruangan terkesan berkelas

Perhatikan bentuk dan ukuran ruangan

Cahaya yang masuk ke sebuah ruangan juga harus diperhatikan. Semakin banyak cahaya alami dari sinar matahari yang masuk, artinya Anda semakin bebas berkreasi dengan tone warna yang lebih tua atau lebih gelap, karena ruangan mendapatkan pencahayaan yang banyak sehingga terkesan lebih luas. Sebaliknya, jika ruangan kurang mendapat cahaya matahari, gunakan warna yang lebih cerah dengan tambahan lampu hias sehingga ruangan tidak terkesan gelap dan sempit.

paduan warna dan cahaya interior

Hindari hiasan berlebihan

Agar ruangan tampak berkelas, Anda tidak perlu menempatkan furnitur atau ragam hiasan mahal di dinding maupun meja. Cukup pasang satu atau dua aksesori yang tampak menonjol, misalnya lukisan di dinding polos yang akan menarik perhatian tamu yang berkunjung. Harus diingat bahwa terlalu banyak furnitur walau berharga mahal justru menghilangkan kesan berkelas dari suatu ruangan.

paduan cat internior kesan mewah

Bagaimana, ternyata untuk memberikan kesan mewah pada rumah Anda, tidak harus mahal bukan?
Selamat berkreasi.

Salam warna warni!