Sejarah

Menelusuri jejak awal Pacific Paint, adalah awal dari mimpi seorang anak bangsa Indonesia memulai kesuksesan. Di daerah Segitiga Senen, Achmad Suriawinata membangun usahanya pada tahun 1943, sebuah industri rumahan merek dagang cat dekoratif (cat tembok / cat rumah). Dari sebuah pabrik mungil, bisnis Pacific Paint terus berkembang selama empat generasi, karena pada saat itu, hanya ada satu merek cat dekoratif yang tersedia di pasar local dengan persediaan terbatas.

Achmad Suriawinata menurunkan warisan usaha dan etos kerjanya sejak awal pada tahun Pacific Paint berdisi. Beliau mengawali usahanya lewat tawaran mengambil alih pabrikan cat sederhana yang dimiliki oleh orang Belanda. Saat itu, usaha pabrikan cat masih menggunakan proses manual berupa drum dan panel. Berjualan pun menggunakan transportasi sederhana, yaitu sepeda dari rumah ke rumah.

Setelah bertahun-tahun melalui usaha dan kerja keras, bisnis Pacific Paint semakin berkembang. Kemudian, alat produksi buatan lokal ditambah untuk mendukung proses produksi dan juga berkeja sama dengan pihak asing. Pada tahun 1970, proses produksi menjadi jauh lebih baik dan efisien, salah satunya berkeja sama dengan Dainippon Ink & Chemicals inc untuk membangun pabrik produksi resin sintetik. Kemudian Pacific Paint juga melakukan terobosan dengan  membangun produksi kalengnya sendiri. Kami mempekerjakan ahli kimia dan teknisi laboratorium untuk memonitor kualitas dan konsistens produk.

Pada tahun 1970an, Pacific Paint menorehkan prestasi  dengan memperoleh lisensi untuk memproduksi cat untuk kapal laut dari sebuah perusahaan asal Denmark “Hempel’s Marine Paint” dan menandatangani lisensi perjanjian dengan BASF AG di Jerman untuk memproduksi cat otomotif dan menyuplai cat-cat yang diproduksi ke produsen mobil mewah terkemuka di dunia, salah satunya adalah Mercedes Benz dan BMW di Indonesia.

Seiring suksesnya Pacific Paint melebarkan bisnisnya, pada tahun 1980an, pabrik Pacific Paint pindah lokasi ke Ancol, Jakarta Utara, hingga akhirnya terus berkembang ke daerah Tangerang dan Surabaya. Selain itu prestasi yang di torehkan adalah bekerja sama dengan Carboline International Corporation USA, untuk memproduksi cat dan anti karat untuk alat-alat berat dan menyuplai ke perusahaan minyak terkemuka USA “Atlantic Richfield Co” di Asia.

Pada tahun 1994, Pacific Paint mampu menjawab lonjakan ekonomi yang terjadi dan memperoleh prestasi sertifikasi ISO 9002, standar efisiensi produksi dan kualitas produk paling terkenal di dunia.

Sekarang, Pacific Paint telah tumbuh dalam rentang empat generasi dan telah menjadi salah satu dari perusahaan-perusahaan besar produsen cat, dengan cakupan wilayah operasi ke seluruh Indonesia.

Pacific Paint adalah satu-satunya perusahaan Indonesia yang memproduksi cat dengan cakupan yang komprehensif, termasuk pelindung hasil akhir dan bahan kimia yang berkaitan dengan cat. Produk kami mencakup kebutuhan untuk cat rumah tinggal hingga penggunaan komersil khusus untuk otomotif, industry, dan kebutuhan kelautan. Sebagai tambahan, kami juga memproduksi thinners, removers, lacquers, sealers dan enamels.

Pacific Paint secara total memiliki lebih dari 500 tenaga kerja. Disamping memiliki hasil-hasil riset terkini dan departemen pengembangan, kami juga menggunakan proses produksi dari negara maju seperti, Amerika, Jerman, Swiss dan Belgia.

Kami memulai sebagai pelopor pada bisnis pembuatan cat, dan terus menerus melakukan berbagai inovasi-inovasi seperti implementasi mesin warna cat tembok pada toko-toko untuk menawarkan akses yang lebih baik dan lebih mudah bagi pelanggan-pelanggan kami.

Penggunaan teknologi computer ACS dan QUV telah membuat perusahaan tidak tersaingi dalam pemasangan warna pada produk cat melalui langkah-langkah urutan produksi.

Visi dan Misi

TUJUAN

  • Kualitas tanpa kompromi.
  • Keinginan terus menerus untuk berkembang dan efisiensi.
  • Saling menghormati, kepercayaan dan integritas.

NILAI UTAMA

Menjadi penyedia solusi cat nomor satu di Indonesia.

VISI

Memberikan solusi tepat bagi masalah cat yang dimiliki konsumen kami dengan layanan prima.

MISI

Pacific Paint bukan hanya produsen cat tapi juga berbangga pada kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan yang handal dan bernilai bagi pelanggan umum maupun pelanggan dengan kebutuhan khusus.

Penghargaan dan Sertifikasi
  • Sertifikasi ISO 9002
  • Lisensi Perjanjian bersama BASF AG, Jerman untuk Cat Otomotif.
  • Lisensi Perjanjian bersama Carboline International Corporation, USA.
  • Top 250 Brand Award untuk Metrolite di 2012
  • Lisensi dari Transocean Marine paint, Belanda
  • Lisensi Hempel’s Marine paint, Denmark
  • Rekor Bisnis untuk kategori pelopor industri cat Nasional di Indonesia.
  • Rekor Muri untuk pengecatan rumah ibadah secara estafet terbanyak.
penghargaan cat tembok terbaik 2015
penghargaan cat tembok terbaik 2014