Segarkan Ruangan dengan Tanaman di Jendela

Segarkan Ruangan dengan Tanaman di Jendela

Membuka jendela di pagi hari akan membuat terjadinya sirkulasi udara sehingga ruangan menjadi segar serta menambah semangat untuk beraktifitas. Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya apa yang bisa kamu lakukan dalam mendekorasi jendela.

Kali ini Pacific Paint memberikan beberapa factor yang harus diperhatikan serta tips dalam menghias jendela dengan tanaman hias sehingga seluruh anggota keluarga bisa menikmati udara segar dari dalam rumah.

Perhatikan bentuk dan ukuran jendela, hal ini nantinya akan menentukan metode peletakan pot dan yang tanaman yang kamu inginkan, apakah bisa menggunakan pot gantung atau pot dengan rak khusus.

Segarkan Ruangan dengan Tanaman

 

Letak jendela akan membantu menentukan jenis tanaman yang akan digunakan. Jika jendela yang dihias adalah jendela dapur kamu bisa menggunakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk masakan seperti rosemary, mint, thyme dan jenis herbal lainnya, atau bahkan tanaman sayur seperti sisa bonggol sayur, daun bawang bisa ditanam, dan muncul tunas baru untuk dikonsumsi. Sedangkan, untuk jendela kamar tidur, kamu bisa menggunakan tanaman yang bisa membersihkan toksin diudara agar udara dikamar tetap bersih dan sehat.

Segarkan Dapur dengan Tanaman di Jendela

Jenis tanaman, sebaiknya pilih jenis tanaman yang “bandel” atau minim perawatan sehingga tidak memerlukan penyiraman setiap hari contohnya: jenis kaktus atau sukulen, spider plant, sirih gading dan masih banyak lainnya.

Segarkan Ruangan dengan Tanaman Kaktus

Media Tanam, pemilihan media tanam juga menjadi faktor penting menjaga kesuburan tanaman itu sendiri, jika kamu memilih media tanam air atau hidroponik sering-seringlah mengganti air agar tidak menjadi sarang nyamuk dan tidak sehat.

Segarkan Ruangan dengan Tanaman Hidroponik

Untuk menimbulkan kesan antik dan artistik, kamu bisa menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah sebagai wadah tanaman, seperti botol kaca, bohlam bekas, atau kamu bisa juga mencari barang-barang unik yang memberi kesan klasik atau vintage.

Segarkan Ruangan dengan gantung

Selanjutnya kamu bisa bermain-main dengan pilihan tanaman dengan aneka bentuk daun, warna daun, warna bunga yang bisa menambah ceria ruangan.

Terakhir, perhatikan juga kebutuhan sinar matahari untuk tanaman kamu, selain agar tanaman kamu tetap sehat. Tumbuhan yang menyerap polutan atau virus dalam ruangan memerlukan sinar matahari untuk menghilangkan virus yang menempel pada tanaman.

Segarkan Rumah dengan Tanaman di Jendela

Selamat berkreasi dengan tanaman favorit kamu, menikmati suasana segar sekaligus udara yang lebih bersih dengan tanaman pembersih udara di dalam rumah.