Pacific Paint Dukung Penyelenggaraan Festival Drumblek di Kampung Ragam Warna

Mural Kampung Ragam Warna

Pada pertengahan tahun lalu, terwujud Kampung Ragam Warna yang terletak di Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kendal, Semarang serta selanjutnya menjadi ikon budaya dan destinasi pariwisata Jawa Tengah. Melalui program CSR, Pacific Paint telah memberikan warna warni baru melalui pengecatan menggunakan produk unggulan Metrolite dan Glotex sebanyak lebih dari 8.000 liter cat sehingga membantu kehidupan masyarakat yang terdiri dari dua rukun tetangga (RT) dengan jumlah 500 warga yang masuk dalam 100 kepala keluarga (KK) berada di 100 rumah tinggal melebur dalam kegiatan bermasyarakat, berkesenian serta berbudaya.

Berawal dari semangat gotong royong maupun kegiatan seni, warga mengekspresikan dengan menghadirkan kegiatan Festival Drumblek yang merupakan salah satu kesenian favorit di Kampung Ragam Warna berupa seni tabuh yang memanfaatkan barang di sekitar. Festival Drumblek diadakan pada 26 – 27 Oktober 2019 dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat serta mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menumbuhkan wisata desa dan juga diharapkan dapat meningkatkan sektor pariwisata nasional. Untuk memberikan semangat kepada para peserta, festival turut dihadiri oleh Ibu dr. Mirna Annisa, M.Si selaku Bupati Kendal dengan didampingi Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pacific Paint.

 

Bupati, Direktur dan Corporate Head of Marketing Pacific Paint
Bupati, Direktur dan Corporate Head of Marketing Pacific Paint menerima lukisan dari ampas kopi

Festival Drumblek diberikan dukungan oleh Pacific Paint dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat yang turut menghadirkan keanekaragaman kostum, kekompakkan serta penampilan musik. Kegiatan lain dalam rangkaian penyelenggaraan selama dua hari yakni adanya lomba foto yang memperlihatkan keindahan Kampung Ragam Warna beserta aktifitas warga, ada juga lomba terkait sosial media seperti vlog dan blog.

 

Peserta Festival Drumblek
Penampilan peserta drumblek

“Kami sangat menghargai semangat gotong royong seluruh masyarakat Kampung Ragam Warna dalam menjaga lingkungan, melestarikan seni budaya hingga menyelenggarakan kegiatan Festival Drumblek. Keterlibatan perusahaan dalam acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi anak-anak, remaja serta warga dalam menampilkan kepiawaian dalam berkesenian,” ungkap Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Pacific Paint.

Penampilan peserta di acara Festival Drumblek
Penampilan peserta di acara Festival Drumblek

Sebanyak lebih dari 20 grup mengikuti kegiatan Festival Drumblek yang menjadi wadah penyaluran bakat kreatifitas. Kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan ini menggunakan alat musik drum terbuat dari seng, plastik, kentongan bambu maupun barang lain di sekitar lingkungan. Sebagai pendukung melodi pada drumblek, grup tetap menyertakan belira dan pianika. Kreatifitas seni terus berkembang dan melibatkan seluruh warga sekitar untuk menjadi bagian dalam kegiatan serta berperan untuk mempersiapkan performa kelompok.

“Sebagai perusahaan yang sebelumnya telah memberikan warna-warni baru untuk warga di Kampung Ragam Warna, diharapkan seluruh dukungan dari kami dapat dimanfaatkan dengan baik terutama dalam mengembangkan toleransi, kerjasama, kearifan lokal serta menjadikan suasana kebersamaan seluruh warga terutama generasi muda penerus bangsa,” tutup Suryanto.