Inspirasi Skema Warna dari Alam

Skema Warna Dinding Rumah dari Alam

Paduan warna bisa membuat dekorasi ruangan baik di rumah maupun kantor menjadi lebih hidup. Warna itu sendiri dapat diaplikasikan untuk menarik perhatian yang berada di dalam ruangan serta mampu juga untuk mempengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Tetapi terkadang sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai ketika memilih palet/skema warna untuk pengecatan dinding. Anda bisa merencanakan tema warna rumah secara keseluruhan atau warna ruang tertentu sesuai dengan fungsinya. Kombinasi warna memainkan peran penting dalam menampilkan kesan dan nuansa yang dikehendaki pemilik rumah atau bangunan.

Penjual biasanya memperlihatkan brosur berisi tampilan beragam warna sehingga terkadang membuat kita kebingungan dalam memilihnya. Apakah Anda pernah juga mengalami kesulitan dalam memilih warna yang ditawarkan oleh toko bangunan? Yuk bagaimana kalo kali ini kita coba pilih warna berdasarkan alam.

Insipirasi warna alam bisa didapat dari foto-foto hasil perjalanan bersama teman maupun keluarga atau bahkan dadri sosial media. Berikut ini beberapa contoh yang dapat dijadikan salah satu sumber inspirasi dalam memilih warna untuk dinding. Dari lima warna yang terdapat dalam foto, Anda bisa memilih dua hingga tiga warna untuk dipadukan dalam satu ruangan atau fasad eksterior rumah. Ingin gunakan seluruh warna yang ada? Boleh saja, namun biasanya akan terasa terlalu banyak warna sehingga berdampak terlalu ramai serta biaya yang dikeluarkan untuk membeli cat menjadi lebih banyak.

skema warna abu-abu coklat

Palet warna abu-abu dan coklat ini bagus untuk eksterior rumah bergaya minimalis. Bisa juga Anda terapkan pada interior rumah, namun perlu disiapkan juga tambahan aksesoris serta dekorasi yang memiliki lebih banyak warna agar suasana dalam rumah tidak berkesan gelap.

skema warna alam afrika

Bila ingin menambah kesan modern dalam skema warna abu-abu dan coklat untuk rumah minimalis, gunakan abu-abu gelap dan coklat terakota.

skema warna coklat ilalang

Skema warna ini masih menggunakan unsur warna coklat, namun memberikan kesan yang lebih luas untuk diterapkan pada interior rumah. Cocok juga untuk eksterior, dipadukan dengan warna hijau dari halaman berumput maupun pot tanaman hias, menguatkan kesan warna alam di rumah Anda.

skema warna dingin

Skema warna sejuk cenderung dingin ini cocok untuk ruang santai dengan dipadukan sofa di rumah. Ruangan dengan warna lembut ini bisa digunakan untuk membaca, atau dijadikan sebagai ruang keluarga dalam menghabiskan waktu menonton tayangan favorit. Apabila rumah Anda memiliki jendela menghadap ke barat dimana sinar matahari akan sangat terasa masuk ke dalam rumah, skema warna ini dapat membantu untuk menguranginya dalam dua cara yakni pertama, memberi kesan sejuk dan kedua, paduan warna tersebut tidak berpendar memantulkan cahaya seperti pada warna oranye, kuning atau merah. Ruangan pun menjadi lebih cerah meski tanpa harus menyalakan lampu.

 

Skema warna untuk bersantai

Nuansa sejuk sekaligus lapang bisa Anda dapatkan dari skema warna ini. Warna ungu-lavender bisa digunakan sebagai aksen warna pada list plafon, tirai, maupun warna pada sofa untuk menambah kesan segar yang menenangkan. Mau coba untuk ruang tidur Anda?

 

skema warna bunga ungu

Alternatif lain untuk pilihan warna cat di kamar tidur adalah paduan warna hijau yang lembut dengan ungu-lavender. Skema warna ini dapat membuat suasana kamar tidur yang akan membuat Anda, pasangan maupun anak-anak merasakan nyenyaknya beristirahat.

 

Skema warna alam laut lepas

Lapang, cerah dan menyegarkan! 5 warna dalam skema warna ini dapat Anda gunakan sekaligus tanpa perlu khawatir akan terlalu ramai jadinya. Gunakan warna putih keabu-abuan untuk dinding, warna biru untuk sofa, tirai jendela, frame foto atau asesoris lainnya, kemudian tambahkan suasana segar dari warna hijau daun tanaman hias di atas meja maupun sudut ruangan.

 

skema warna bunga putih

Ini skema warna bagi pecinta tanaman yang ingin tetap menikmati segarnya tanaman di dalam rumahnya. Padukan 3 warna teratas dari skema warna ini dengan warna hijau yang lebih gelap berasal dari beberapa tanaman hias dalam rumah Anda.

 

Terakota warna hangat

Butuh pembangkit semangat dan kreatifitas? Paduan warna ini tidak akan salah! Gunakan di ruang kerja pribadi Anda, baik sebagai warna cat dinding maupun dekorasi ruangan. Apabila Anda kesulitan mencari asesoris dekorasi yang sesuai dengan skema warna ini, saatnya berpikir kreatif, cari foto sejenis, print dan bingkai untuk pajangan di dinding. Coba perhatikan, melihat fotonya saja sudah menstimulus jiwa petualang Anda kan.

Ingin lebih banyak pilihan skema warna? Keindahan alam akan menyediakan pilihan tanpa batas, saatnya berburu foto pemandangan indah dan membuat skema warna alam yang cocok dengan selera.

Salam warna warni!