Memperindah Kampung, Meningkatkan Kehidupan dengan Warna.

Lingkungan Kampung Bekelir

Siapa sangka kampung Babakan yang dulunya masuk dalam kategori ‘wilayah kumuh sedang’, sekarang mejadi kampung yang indah dan dikenal sebagai Kampung Bekelir. Di Kampung Bekelir, pengunjung telah menikmati berbagai mural yang dihasilkan dari perpaduan warna cat rumah bagian luar kampung tersebut.

Kampung Bekelir terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No.16 RW 01 Kelurahan Babakan Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten. Keberadaannya di pinggir Sungai Cisadane mengubah wajah daerah tersebut menjadi lebih indah sehingga menjadi pemicu rencana pengembangan daerah sekitarnya untuk dijadikan wisata sungai oleh Pemerintah Kota Tangerang.

Di Kampung Bekelir ini, kita mendapati para seniman mural dengan keahliannya berhasil menggunakan perpaduan warna cat rumah yang biasa digunakan untuk cat dinding rumah sebagai alat menuangkan kreatifitasnya. Kampung yang tadinya kumuh, disulap menjadi kampung wisata yang sangat instagramable bagi pengunjung. Terdapat 1.121 mural grafiti dari cat tembok di kampung ini, dengan berbagai warna cat dinding sebagai warna latarnya. Dari sudut manapun kita melihat, dari luar, dalam bahkan dari atas kampung, terlihat pemandangan warna-warna cat rumah yang mempesona.

CSR Pacific Paint Kampung Bekelir

Bagaimana Perubahan Tersebut Dapat Terjadi?

Semua dimulai dari kerjasama Pacific Paint dengan Pemkot Tangerang, masyarakat sekitar dan seniman mural untuk mengubah wilayah kampung Babakan. Dari kampung kumuh, akan disulap menjadi kampung yang indah. Selain itu, kesadaran bersama untuk memiliki lingkungan hidup yang lebih baik dari warga kampung Babakan menjadi faktor yang sangat penting. Mereka tidak hanya harus mendukung proses perubahan, tetapi juga bekerja keras untuk seterusnya dalam melestarikan keindahan Kampung Bekelir.

Sebagai produsen cat dekoratif, Pacific Paint memiliki semua produk yang dibutuhkan untuk mengubah rumah yang tampak kumuh karena warna cat rumah yang kusam, mengelupas atau rusak menjadi rumah yang tampak bagus kembali. Untuk mewujudkan Kampung Bekelir, Pacific Paint menyediakan berbagai produk cat tembok terbaiknya. Begitu juga untuk cat kayu, cat besi, cat pada permukaan khusus dan lain sebagainya. Dengan semua produk cat berkualitas tersebut, proses pengecatan semua dinding di kampung Babakan dilakukan. Setelah pengecatan dinding selesai, dilanjutkan pembuatan mural-grafiti di hampir semua dinding yang ada.

Kampung Bekelir Press Conference

Sepanjang mata memandang, tidak satupun yang tertinggal. Mulai dari genteng rumah, dinding hingga jalan-jalan di Kampung Bekelir dipenuhi warna-warni dan mural karya para seniman dan masyarakat. Hampir setiap sudut kampung dapat digunakan untuk spot berfoto bagi para pengunjung. Maka sangat pantas kampung ini dinamakan Kampung Bekelir dan dengan cepat telah menjadi daerah tujuan wisata bagi masyarakat sekitar dan wisatawan berbagai daerah.

Meningkatkan Kehidupan dimulai dari Mengubah Warna Cat Rumah

Tembok-tembok di dalam kampung yang dulunya berkesan muram, sekarang menjadi tempat-tempat wisatawan berfoto, selfie maupun beramai-ramai bersama teman. Tidak heran Kampung Bekelir yang diresmikan pada bulan November 2017 yang lalu dalam waktu singkat menjadi viral di media sosial. Bahkan dari penuturan masyarakat disana, beberapa pengunjung yang datang adalah wisatawan asing yang sengaja datang untuk melihat keindahan Kampung Bekelir.

tujuan wisata baru kampung bekelir

Kampung Bekelir bukan saja mengalami perubahan pada warna cat rumah warganya, namun juga perubahan pada taraf kehidupan masyarakat disana. Masyarakat mendapat bantuan dan bimbingan untuk dapat meningkatkan penghasilan sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup dengan lebih baik. Mereka mendapatkan pelatihan pengolahan limbah, industri rumahan hingga produksi kuliner khas Tangerang yang mendatangkan keuntungan bagi mereka.

Berbagai pelatihan untuk pembedayaan masyarakat dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangerang dan elemen terkait, termasuk upaya untuk membentuk karakter yang bertanggung jawab pada diri setiap warga agar mereka dapat menjaga kebersihan dan keindahan Kampung Bekelir.

Keindahan lingkungan kampung bertambah dengan adanya budidaya tanaman hidroponik oleh warga. Menambah kesan lestari, sekaligus juga menjadi sumber penghasilan karena para pengunjung dapat membeli tanaman dalam pot untuk mereka bawa pulang.

Maka tidak berlebihan bila dikatakan bahwa Pacific Paint dengan berbagai jenis/merk cat tembok rumah produksinya tidak hanya mengubah warna kampung Babakan tetapi juga mengubah kehidupan masyarakat menjadi lebih baik. Tidak hanya bagi warga kampung Babakan, tetapi juga bagi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai program CSR-nya.

 

Inspirasi Keindahan Perpaduan Warna Cat Rumah dari Pacific Paint

Selain memberi manfaat bagi masyarakat sekitar, Kampung Bekelir juga memberi inspirasi bagi banyak orang. Sering kita temui pertanyaan, “Apa warna cat rumah yang bagus untuk rumah mungil?” Atau pertanyaan lain seperti “Bagaimana perpaduan warna cat tembok yang bagus?”

Para pengunjung mendapat jawaban dari pertanyaan tersebut dengan melihat langsung bagaimana perpaduan warna cat rumah diimplementasikan di Kampung Bekelir. Warna-warni cat kayu pada pintu dan kusen berpadu dengan warna cat tembok rumah. Warna rumah yang satu dengan rumah di sebelahnya. Apa yang terlihat memberi pengalaman tersendiri bagi mereka,  menginspirasi untuk digunakan pada rumah mereka sendiri.

Inspirasi tersebut akan terus meluas, menjadi viral kepada orang lain saat mereka yang datang berkunjung berbagi foto di media sosial. Dan inspirasi yang muncul dari keindahan warna cat Pacific Paint akan terus tumbuh dan berkembang. Hal ini sejalan dengan inovasi-inovasi Pacific Paint menciptakan tren warna cat rumah terbaru dari waktu ke waktu.

 

Langkah Awal Masa Depan Penuh Warna

Menatap Masa Depan Cerah Penuh Warna

Kampung kumuh telah berubah menjadi kampung wisata. Warna-warna kusam cat dinding rumah warga telah hilang berganti dengan warna-warna cat rumah yang indah, dengan berbagai mural grafiti yang menimbulkan daya tarik bagi wisatawan. Sekarang warga kampung kumuh itu telah memulai lembar baru kehidupan mereka di Kampung Bekelir. Menatap masa depan yang lebih cerah, penuh warna bersama Pacific Paint yang terus berkarya untuk membangun Indonesia.

 

Kampung Bekelir Infografik:

Kampung Bekelir Infografik

  • Jumlah mural-grafiti di Kampung Bekelir mencapai 1.121 mural.
  • Pengecatan 300 rumah warga dan seluruh dinding dan jalan di dalam Kampung Bekelir.
  • Menghabiskan 1.000+ galon cat tembok terbaik dari Pacific Paint.
  • Masuk dalam Top 10 Destinasi Wisata Terbaik di Provinsi Banten.

Kampung Bekelir telah menjadi ikon wisata baru di Provisi Banten, khususnya kota Tangerang. Anda akan menikmati keindahan mural dan spot berfoto disana, di salah satu karya terbaik menggunakan perpaduan warna cat rumah dari cat tembok berkualitas terbaik Pacific Paint.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *