Elegan Dengan Sentuhan Emas

elegan dengan warna emas

Menggunakan warna emas untuk dekorasi interior memang tidak begitu mudah. Jika penggunaannya kurang pas atau berlebihan, maka kesan berkelas dan elegan yang diharapkan pada interior bisa menjadi terkesan norak bahkan murahan. Bagaimana penggunaan warna emas yang tepat? Simak beberapa ide penerapan warna emas untuk dekorasi interior berikut ini.

Warna emas selama ini identik dengan gaya interior glamor seperti gaya Art Deco yang populer di abad pertengahan. Pada masa itu dan bahkan hingga sekitar 20 tahun silam, warna emas dipandang sebagai simbol kemakmuran dan hanya digunakan pada dekorasi interior yang bergaya mewah. Namun dewasa ini, pengaplikasian warna emas dapat tampil lebih simpel dan modern, sehingga bisa masuk dalam beragam gaya desain interior.

Warna emas pada dasarnya cukup fleksibel dan mudah dipadu padankan dengan warna apapun asalkan dipadankan dengan warna putih terang, maka akan timbul kesan elegan nan cantik, rapi, dan kekinian. Jika dipadankan dengan warna gelap seperti hitam, biru navy, atau merah marun, kesan yang muncul adalah kesan mewah dan mahal. Warna lain yang juga cocok dipadankan dengan warna emas adalah warna hijau zaitun dan juga merah bata.

Kunci dari pengaplikasian warna emas adalah di seberapa banyak kadar pengaplikasiannya, sehingga masih bisa blend-in dengan kondisi di sekitarnya. Juga, jangan lupa untuk memperhatikan material furnitur di sekitarnya. Contoh material yang masih cocok untuk dipadankan dengan warna emas adalah furnitur berwarna kayu natural sehingga dapat menetralisir kesan silau dan berat dari warna emas.

Sedikit saja warna emas dapat memberikan sentuhan manis pada elemen detail pelengkap rumah Anda. Misalnya pada gagang pintu, atau railing gorden. Penggunaan warna emas bisa juga memberi efek visual yang lebih mendalam.

aksen emas untuk warna kamar tidur
sentuhan emas pada rel gorden

Penggunaan warna emas lainnya juga bisa Anda terapkan pada aksesori rumah. Agar tidak berlebihan dan menjadi titik fokus, gunakan warna emas pada aksesori yang diletakkan di bidang kosong seperti pigura emas di dinding, atau pot bunga emas di lantai. Pigura tidak selalu harus berisi foto atau lukisan, lho. Anda juga dapat menggantung hasil print bertuliskan quote favorit Anda, atau barang kenang-kenangan berukuran mungil – gantungan kunci misalnya. Unik dan pasti menarik perhatian.

Nah, selanjutnya, bagaimana dengan furnitur berwarna emas? Karena sifatnya yang mengisi suatu ruang, furnitur yang digunakan pun kemungkinan besar akan menjadi pusat perhatian dalam ruangan di rumah. Penggunaan furnitur berwarna emas bisa jadi berkesan berat dan berlebihan. Tapi tidak perlu khawatir, banyak desain furnitur yang mengaplikasikan warna ini pada bagian-bagian tertentu saja seperti kaki meja atau rangka kabinet yang sifatnya terbuka. Furnitur yang berlogam ini kebanyakan didesain ramping sehingga secara keseluruhan masih seimbang kadar penggunaan warna emasnya.

aksen emas furnitur rumah
aksen emas membuat laci tampil beda

Dinding Berwarna Emas, Ya Atau Tidak?

Jika Anda ingin mewarnai keseluruhan dinding dengan warna emas, memang bisa dilakukan, namun ruangan akan terkesan lebih berat, dan menjadi tidak elegan. Alternatif lainnya, Anda dapat membuat semacam wall décor di salah satu bagian dinding saja, dengan pilihan warna emas ringan. Pilih motif simpel seperti geometri agar tetap berkesan trendi dan kekinian.

Tips tambahan yang bisa diterapkan dalam penggunaan warna emas yakni dengan memastikan tekstur dari finishing produk berwarna emas yang digunakan serasi, agar ruangan tidak terasa terlalu ramai dan bertabrakan antara satu sama lain.

Jadi, asalkan penggunaan warna emasnya dalam kadar yang tepat, interior rumah Anda bisa terlihat sleek dan sophisticated. Tetap terlihat cantik karena fungsi warna bersifat sebagai aksen saja dan unsur pendukung bagi furnitur-furnitur di sekitarnya. Semoga Anda tidak ragu lagi untuk mendekor rumah dengan warna emas!

Bagikan foto-foto ruangan di rumah Anda yang memiliki aksen maupun padu padan warna emas melalui akun sosial media dan tag atau mention akun Instagram @pacificpaintindonesia atau Facebook Pacific Paint Indonesia dan bisa juga Twitter @Ppf_Indonesia

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *