Atasi Tembok Lembab dan Berjamur

cat dinding berjamur

Di musim hujan seperti sekarang ini, dinding tembok rumah seringkali menjadi lembab dan rentan berjamur. Selain tidak indah dipandang, warna cat dinding akan mengelupas dan apabila dibiarkan maka akan semakin menipis. Akan timbul juga bau yang kurang sedap, sehingga bukan hanya merusak tampilan rumah, tembok lembab pun bisa membahayakan kesehatan.

Untuk mengatasi dan terhindar dari dinding lembab dan berjamur, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Cek talang dan pipa air
    Talang yang dibiarkan bocor atau rusak bisa menjadi jalan masuk air hujan menuju tembok. Segera tambal bagian yang bocor atau jika perlu gantilah talang atau pipa air Anda yang sudah terlalu tua.
  2. Perhatikan sirkulasi udara
    Tidak hanya di tembok luar rumah, jamur juga bisa tumbuh di dinding dalam rumah yang lembab. Pastikan sirkulasi udara di rumah Anda dengan sering membuka pintu dan jendela agar sinar matahari bisa masuk.
  3. Bersihkan jamur
    Jika jamur terlanjur muncul di dinding rumah, Anda harus segera membersihkannya agar tidak menjalar ke bagian lainnya. Apabila jamurnya belum terlalu banyak, gunakan cairan cuka yang dicampur air dengan cara menyemprotkannya di area tembok yang terkena jamur, kemudian sikat hingga jamur terangkat seluruhnya. Namun jika jamur sudah menyebar cukup banyak, gunakan cairan anti jamur sesuai dengan ketentuan yang disarankan.
  4. Amplas dinding yang terkena jamur dan lumut
    Setelah dinding disikat menggunakan cairan cuka atau anti jamur, amplaslah sehingga dipastikan dinding bersih serta terasa halus.
  5. Oleskan kaporit
    Setelah dibersihkan, olesi permukaan dinding dengan kaporit. Kandungan klorin dalam kaporit efektif untuk membasmi jamur.
  6. Cat ulang dinding dengan cat waterproof
    Kini Anda sudah memiliki dinding yang bersih dari jamur dan siap untuk dicat ulang. Gunakan produk cat khusus eksterior dari Pacific Paint yaitu Metrolite Waterproofing yang berfungsi sebagai cat pelapis untuk perlindungan terhadap kebocoran atau rembesan pada dinding, dak, sambungan dan daerah yang rawan retak.Metrolite Waterproofing ini mudah diaplikasikan serta memiliki ketahanan sangat baik terhadap kebocoran, anti jamur serta anti lumut. Produk ini aman digunakan karena bebas logam, timbal dan merkuri. Pilihan warna yang ditawarkan pun beragam sehingga Anda dapat memilih warna kesukaan.
  7. Rutin membersihkan tembok
    Sebagai pencegahan selanjutnya, Anda harus rajin membersihkan dinding tembok Anda, minimal dengan air. Agar dinding rumah Anda terbebas dari jamur dan kotoran yang menumpuk.

Nah, itu tadi cara mengatasi dinding yang lembab dan berjamur. Ikuti langkah-langkah mudahnya ya.

Untuk mengetahui lebih mengenai produk Metrolite Waterproofing, dapat langsung pada link berikut ini : https://pacificpaint.com/kategori/eksterior/

Semoga bermanfaat.

Salam warna warni!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *