Anak Susah Makan? Gunakan Warna-Warna Ini Pada Makanannya

atasi anak susah makan

Ada kalanya anak berada dalam fase susah makan, tentunya ini membuat khawatir dan bingung para Ibu serta dibutuhkan kesabaran extra dalam menanganinya. Jika orang tua memaksa, anak sering kali semakin menolak sehingga diperlukan trik khusus agar buah hati tetap doyan makan. Salah satunya adalah dengan cara menyediakan makanan yang memiliki warna berpengaruh pada mood anak-anak.

Ada sebuah penelitian dari Cleveland Clinic yang menyebutkan bahwa warna pada makanan mempengaruhi saraf di otak yang berfungsi untuk mengatur nafsu makan, sehingga jika seseorang melihat warna tersebut akan menimbulkan selera makan dirinya.

Melalui artikel ini, kami berikan beberapa tips warna yang dapat menumbuhkan selera makan terutama untuk sang buah hati, yaitu:

Oranye

Warna oranye mampu memicu saraf otak yang mendorong peningkatan jumlah pasokan oksigen ke otak sehingga akan memberikan efek segar dan lancer dalam menstimulasi aktivitas mental. Warna oranye pada makanan bisa didapatkan pada wortel serta tambahan buah jeruk. Tambahkan wortel pada sayur anak Anda serta bekali juga jeruk sebagai pelengkapnya ya.

warna oranye pada makanan

warna oranye telur

 

Hijau

Hijau identik dengan warna alami yang dalam makanan memiliki asosiasi kuat melalui sayur segar dan menyehatkan. Kreasikan sayur untuk sarapan maupun bekal makan siang anak agar tampak lebih menarik sehingga akan dinikmati hingga habis. Tampilan menarik sayur hijau dapat juga dikombinasikan dengan sayuran berwarna lain agar si kecil tidak bosan.

warna hijau brokoli

warna hijau pada makanan

 

Kuning

Warna kuning juga dapat meningkatkan nafsu makan karena sering dihubungkan dengan kebahagiaan. Saat melihat warna kuning, otak manusia biasanya akan mengeluarkan serotonin, yaitu hormon yang membuat perasaan menjadi lebih baik. Apabila anak merasa bosan dengan sayur maupun buah, bisa juga kreasikan nasi kuning dan dibentuk sesuai karakter kartun kesukaan mereka di dalam kotak makan serta letakkan ayam maupun ikan sebagai lauk untuk bekal makan siang mereka.

warna kuning pada makanan

 

Merah

Makanan berwarna merah mungkin identik dengan cabai ya. Padahal ada juga loh tomat, paprika, selada, kacang merah dan lainnya yang bisa dijadikan alternatif variasi makanan untuk anak. Merah merupakan salah satu warna penuh semangat yang juga diyakini dapat meningkatkan selera makan. Yuk kreasikan lauk, sayur maupun buah untuk makan buah hati kesayangan kita.

sup tomat merah

warna merah perlengkapan makan

 

Apabila Anda kehabisan stok makanan dengan warna-warna di atas, tak perlu khawatir loh bisa juga dikreasikan melalui peralatan makan seperti kotak bekal ataupun dekorasi ruang makan di rumah. Ingatlah bahwa aplikasi warna bisa untuk menggugah selera makan keluarga.

perlengkapan makan

dekorasi warna ruang makan

dekorasi hijau kuning

Bagaimana, sudah ada ide membuat menu makanan untuk si kecil?
Semangat terus untuk sang buah hati ya bunda.

Salam warna warni!