Aku Bisa Tanpa Tukang! Begini Teknik Mengecat dengan Mudah

aku bisa cat dinding tanpa tukang

Suasana rumah mulai membosankan?
Sudah lama tidak ganti cat dinding rumah?

Ini berarti sudah saatnya pilih warna cat rumah baru dan mulai berkreasi!

Tapi pasti ada terbesit dipikiran akan membutuhkan biaya yang besar gak ya untuk beli cat dan panggil tukang?

Tak perlu khawatir, sebenarnya mengecat itu dapat dikerjakan sendiri dan tentunya akan menghemat biaya.

Simak yuk tips bagaimana mengecat dengan mudah tanpa tukang:

1. Siapkan alat

Untuk menghemat waktu dan tenaga, pastikan Anda sudah mempersiapkan semua peralatan sebelum mulai mengecat seperti masking tape, lakban, koran, tangga, amplas, dempul, kuas besar, kuas kecil untuk bagian sempit, kaleng air, bak cat, dan roller.

siapkan peralatan cat dinding

2. Bersihkan dinding

Bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada dinding untuk menghasilkan permukaan dinding halus dan rata sehingga cat dinding dapat diaplikasikan dengan baik. Membersihkannya dapat dilakukan dengan banyak cara, yaitu gunakan spons yang telah dicelupkan ke air bercampur deterjen, gosokkan ke dinding lalu diamkan hingga mengering. Atau dengan cara lain yaitu gunakan vacuum cleaner, sapu, atau kemoceng untuk menghilangkan debu pada dinding.

bersihkan dinding sebelum cat

3. Tutup retakan dan lubang pada dinding

Gunakan dempul untuk menutupi retakan dan lubang-lubang yang ada di dinding, lalu ratakan tambalan dengan amplas. Setelah itu, oleskan cat dasar atau primer cat yang berfungai sebagai pelindung dinding sekaligus untuk mendapatkan hasil akhir pengecatan dengan warna yang merata.

tutup retakan pada dinding

4. Tutupi bagian yang tidak dicat

Bagian-bagian yang tidak ingin dicat tapi rentan terkena tumpahan atau percikan cat sebaiknya ditutup menggunakan lakban kertas. Setelah selesai, segera cabut lakban kertas tersebut sebelum cat dinding mengering agar cat tidak ikut tercabut.

tutupi bagian dinding

5. Pahami penggunaan cat dengan benar

Aduk cat terlebih dahulu sebelum digunakan, fungsinya agar cat tidak menggumpal dan warna yang dihasilkan pun akan optimal. Campur cat dengan air bersih sebanyak 10% dari jumlah cat yang digunakan untuk pengenceran. Jika sudah, Anda bisa memulai pengecatan dengan teknik zig zag, dari atas ke bawah berulang kali hingga dinding tertutup rata dengan sempurna dan biarkan mengering.

pahami pemilihan warna

6. Bersihkan dan simpan peralatan

Jika pengecatan sudah selesai dilakukan, segera cuci peralatan dengan air bersih dan dijemur hingga kering sempurna agar nantinya bisa digunakan lagi.
Selesai!

bersihkan peralatan cat

Mudah kan langkah-langkahnya. Jadi, tunggu apalagi yuk mengecat rumah secara mandiri layaknya tukang untuk mendapatkan suasana rumah yang baru sekaligus menghemat biaya.

Salam warna warni.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *