8 Penyebab Tembok Retak Pada Rumah Kalian

Pasti banyak dari kalian bertanya-tanya, penyebab tembok retak itu kenapa? Dan apa yang harus dilakukan untuk terus menjaga tembok yang indah. Sebenarnya banyak faktor yang dapat membuat tembok rumah kalian menjadi retak, dan kalian juga tidak perlu khawatir untuk menghadapinya. Sebenarnya untuk tembok retak itu sendiri bisa dikatakan salah satu masalah yang sangat umum ditemukan pada rumah kalian. Disini mimin ingin membantu kalian untuk dapat mengenali dan cara mengatasi penyebab tembok yang retak, yu simak ulasannya:

1. Kualitas Dinding

Penyebab tembok retak yang pertama adalah dari kualitas dinding atau tembok yang rendah. Ketika kalian ingin membangun bangunan atau rumah, alangkah lebih baiknya kalian lebih memperhatikan bahan bangunan yang digunakan ketika membangun dinding. Ketika kalian menggunakan batu bata merah, umumnya memiliki kualitas yang baik dibandingkan kalian menggunakan hebel yang dapat memperngaruhi ketahanan dan kualitas pada dinding rumah kalian.

2. Faktor Alam

Ada juga faktor yang tidak dapat kita duga, misalkan faktor alam yang dapat membuat dinding rumah kalian menjadi retak. Apalagi kalian tinggal di Negara Indonesia yang sudah dapat dipastikan salah satu negara yang paling sering terkena gempa vulkanik meskipun dalam skala yang rendah. Hal ini juga membuat bangunan atau dinding rumah kalian dapat menjadi retak seketika ketika gempa itu terjadi.

3. Faktor Lokasi

Yang ketiga adalah faktor lokasi, hal ini sebenarnya salah satu penyebab tembok retak yang paling utama. Lalu apasih yang dimaksud dari faktor lokasi? Faktor lokasi itu sendiri adalah faktor dimana kondisi tanah suatu bangunan yang berdiri. Sebagai contohnya, bangunan yang ketika dibangun pada area persawahan akan lebih mudah retak di bandingkan bangunan yang berdiri ditanah yang normal. Karena tanah persawahan bisa dikatakan tanah yang lembut dan memiliki tekstur yang basah, yang membuat bangunan akan mudah bergerak.

4. Beban Bangunan

Untuk penyebab yang satu tidak dapat di anggap remeh, karena banyak dari pemiliki rumah secara asal-asal atau sembarangan membangun rumahnya menjadi tingkat tanpa memikirkan beban yang ditopang pada bangunan yang dibawahnya. Hal ini juga dapat terpengaruh pada dinding rumah kalian, ketika beban yang di berikan melebihi kapasitas yang telah ada. Maka tembok atau dinding kalian dapat menjadi retak, bahkan dapat memberikan dampang yang lebih dari retaknya tembok.

5. Kayu yang keropos

Sebenarnya penyebab yang satu ini bisa dikatakan penyebab yang tidak masuk akal, karena hubungan kusen kayu dengan dinding sangatlah berbeda. Akan tetapi ketika kayu yang kalian gunakan untuk di jadikan kuset rumah sudah mengalami keropos yang berlebihan. Sudah dapat dipastikan bahwa tembok di sekitarnya akan mengalami keretakan yang berdampak pada bagian-bagian lainnya.

6. Bahan Bangunan yang tidak sesuai

Ketika kalian ingin membangun rumah, kalian wajib memperhatikan bahan bangunan apa saja yang digunakan dalam membangun rumah kalian. Kalau menurut mimin untuk harga kalian tidak perlu memperhatikannya, karena ketika kalian menggunakan bahan yang cukup baik. Makan ketahanan pada dinding atau tembok rumah kalian tidak perlu diragukan lagi, karena banyak sekali dari beberapa orang menggunakan bahan bangunan yang tidak baik akan tetapi tidak memiliki ketahanan yang maksimal.

7. Faktor Cat

Yang selanjutnya adalah faktor dari cat yang digunakan untuk melapisi dinding rumah kalian, memang sedikit terbilang spele. Akan tetapi cat dinding yang baik akan membantu rumah kalian untuk lebih merekatkannya dengan dinding rumah kalian. Kualitas cat yang baik juga sangatlah berpengaruh untuk menentukan dari kualitas dan ketahanan dinding yang kalian bangun.

8. Proses Acian

Yang terakhir adalah dari proses pengacian yang tidak benar, ternyata meskipun mudah tetapi perannya juga sangat penting untuk dinding rumah kalian kloh. Proses pengacian yang salah ternyata salah satu penyebab tembok retak dengan mudah.

Semoga artikel 8 Penyebab Tembok Retak ini dapat membantu kalian untuk dapat dipertimbangkan ketika kalian sedang membangun rumah. Ketika kalian ingin bertanya, bisa tulis di kolom komentar ya.