8 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Memilih Cat Dinding

8 Kesalahan Memilih Cat

Cat dinding kerap digunakan untuk memperindah atau memberi aksen bagi ruangan di dalam rumah. Tetapi jangan asal mengecat ya. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat memilih cat untuk dinding rumah:

1. Warna cat kurang sesuai dengan fungsi ruangan

Warna favorit Anda tidak selamanya cocok untuk sebuah ruangan. Misalnya, kamar tidur kurang cocok dicat dengan warna merah cabai walaupun itu warna kesukaan Anda. Pemilihan warna merah memberi suasana bersemangat, tidak cocok untuk ruang tidur yang membutuhkan warna bernuansa teduh dan tenang seperti biru, krem (beige), atau bisa juga warna hijau muda.

warna merah kamar tidur

2. Memaksakan warna favorit

Punya warna kesukaan tentunya sangat wajar, tetapi jika Anda keukeuh menggunakan warna tersebut di setiap sudut ruangan, maka bisa jadi rumah akan tampak membosankan. Ada baiknya Anda aplikasikan warna kesukaan di beberapa sudut atau dinding ruangan, selebihnya pilih warna lain atau beranikan untuk bermain kombinasi warna.

3. Menyamakan warna

Memilih warna yang sama pada dinding, furnitur serta hiasan di rumah, sering kali justru membuat ruangan menjadi kurang menarik dan terlalu monoton. Sebaliknya apabila Anda memilih banyak warna dalam satu ruangan, tentunya akan tampak berlebihan.

Pilih dan kombinasikan warna cat dinding dengan aksen warna lain pada furnitur atau hiasan di interior rumah Anda agar mendapatkan kesan menarik dan memiliki makna tersendiri.

kombinasi warna dinding dan furnitur

4. Melupakan lantai dan langit-langit
Padu padan warna dinding juga harus disesuaikan dengan warna cat dan corak pada langit-langit serta lantai rumah, karena memang sering kali terlupakan. Anda dapat memilih warna senada maupun berbeda pada tiga bidang tersebut, namun tetap harus memperhatikan keselerasan tampilan ruangan. Agar mendapatkan hasil ruangan yang terlihat lebih besar, maka pilihlah warna yang senada pada dinding dan langit-langit, ataupun apabila ingin ada perbedaan maka pengaplikasian warnanya jangan terlalu kontras.

5. Mengabaikan cahaya matahari

Memilih cat warna terang atau gelap sebaiknya perlu mempertimbangkan faktor pencahayaan alami yakni sinar matahari yang masuk ke dalam rumah melalui jendela maupun cahaya lampu. Jika pencahayaan di rumah Anda kurang bagus, warna gelap justru akan membuat ruangan tampak semakin gelap dan muram.

warna lantai dan sinar matahari

6. Memakai lebih dari dua warna kontras pada dinding

Menggunakan dua warna atau lebih pada dinding akan membuat ruangan terlihat penuh sehingga menjadi terkesan lebih sempit. Apabila Anda tetap ingin memadukan lebih dari satu warna pada dinding, buatkan tema tertentu sehingga pada dinding akan menampilkan corak yang selaras. Tentunya sesuaikan juga dinding yang memiliki tema dan corak tertentu dengan furnitur pengisi ruangan.

7. Melupakan warna netral

Warna netral pada dinding diperlukan untuk mencegah timbulnya nuansa warna yang berlebihan pada ruangan. Pilihan warna netral tidaklah hanya putih, namun bisa juga dipilih warna abu-abu maupun krem.

Warna netral

8. Memaksakan memilih warna yang sedang tren

Tren warna yang berganti setiap tahunnya bisa saja dijadikan inspirasi, namun sebelum mengikuti harus terlebih dahulu direncanakan tema apa yang mau diaplikasikan untuk dinding ruangan di rumah. Mengganti seluruh warna pada dinding ruangan di rumah tentunya akan mempengaruhi kombinasi warna pada furnitur serta dekorasi. Persiapkan juga pengeluaran yang dibutuhkan untuk membeli cat dan kebutuhan lainnya.