7 WARNA YANG BIKIN WAWANCARA KERJAMU LANCAR

Wawancara kerja merupakan proses yang dilalui oleh calon karyawan untuk mengetahui kelayakan kandidat sebelum bergabung dalam suatu perusahaan. Jadi, wawancara kerja memengaruhi keputusan apakah kandidat akan diterima atau ditolak. Mendapat panggilan wawancara merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi para pencari kerja, mengingat banyak orang yang telah melamar pada posisi yang tersedia di perusahaan tersebut.

Di tengah pandemi saat ini persaingan kerja semakin sulit, satu perusahaan mewawancarai puluhan orang hanya untuk menduduki satu posisi. Tes wawancara kerja sendiri memang sangat menentukan seorang pelamar diterima atau tidaknya di suatu perusahaan. Saat tes wawancara berlangsung, pewawancara akan memperhatikan segala sesuatu yang terdapat dalam diri Anda, mulai dari penampilan luar Anda hingga tingkah laku Anda.

Salah satu kesan pertama yang bisa dilihat oleh pewawancara adalah apa yang Anda kenakan saat wawancara kerja. Secara tidak langsung, warna pakaian yang Anda gunakan pada saat wawancara kerja akan menyampaikan pesan kepribadian yang Anda miliki juga lho. Untuk itu, Anda perlu tahu pentingnya memilih warna pakaian saat menghadapi wawancara kerja. Berikut ini 7 warna yang dapat membantu wawancara kerja Anda berjalan dengan lancar.

Hitam

Warna hitam memberikan pesona yang anggun, kuat, dan mandiri dalam hal kepemimpinan. Untuk itu, warna ini sangat cocok bagi Anda yang akan mengikuti tes wawancara di kantor hukum maupun yang akan melamar di bagian eksekutif.

Putih

Terlihat basic, warna putih tidak kalah menarik dipakai untuk menghadiri wawancara kerja. Warna putih memberikan kesan kesederhanaan dan kedisiplinan. Selain itu, warna putih memberikan kesan kebenaran dan keterbukaan saat melakukan wawancara.

Namun, hindari memakai warna putih dari atas kepala sampai bawah kaki. Hal ini memberikan kesan mati dan membuat mata lelah. Usahakan untuk memakai aksesoris lain yang berwarna beda, ya.

Abu-abu

Warna ini menunjukkan kesan netral, cerdas dan positif di mata perekrut kerja. Biasanya abu-abu sangat cocok di padukan dengan baju dasar jas hitam atau putih. Gaya ini akan membuat Anda terlihat kuat namun tidak mendominasi, terkesan bahwa si kandidat memiliki kemampuan analisis dan logika yang seimbang.

Merah

Ingin menunjukkan kesan bahwa dirimu adalah orang yang berani dan tegas? Gunakan aksesoris warna merah yang membuat Anda tampil lebih percaya diri. Warna ini bisa dibilang warna yang kuat dan menunjukkan energi serta semangat yang tinggi.

Biru

Tidak hanya warna merah, biru juga menjadi warna yang terkenal di dunia bisnis. Warna biru disebut sebagai warna korporasi karena hampir sebagian dari perusahaan-perusahaan besar menggunakan warna utama biru.

Selain itu, warna biru dongker atau navy dianggap memberikan kesan kredibilitas dan kepercayaan diri yang tinggi. Saar perekrut melihat calon karyawan, akan timbul perasaan tenang, percaya, dan yakin dengan kualitas diri yang calon karyawan tawarkan.

Cokelat

Coklat menunjukkan Anda adalah orang yang dapat diandalkan. Nuansa warna tanah memang bisa memberikan kesan hangat pada penggunanya. Tapi ketika dikenakan saat wawancara, warna coklat dapat mempertegas kesan kamu sebagai sosok yang dapat diandalkan dan sederhana.

Hijau

Warna hijau menggambarkan ketenangan, kesehatan dan juga kekayaan. Warna yang satu ini dianjurkan untuk dikenakan saat Anda hendak melamar pekerjaan apa pun. Selain biru, warna ini juga memberikan kesan menenangkan lho. Namun, di sisi lain, hal itu juga melambangkan kurangnya pengalaman. Untuk mengatasi risiko itu, pilihlah warna hijau yang lebih gelap untuk memberi kesan kedewasaan.

Setelah mengetahui 7 warna pilihan di atas, mulai tentukan warna pakaian apa yang akan Anda kenakan saat wawancara nanti yaa.

Semoga wawancara Anda lancar ­čśŐ