4 Warna yang Mendorong Peningkatan Produktifitas

4 warna tingkatkan produktifitas

Saat ini banyak kita temukan ruang kerja tidak selau didominasi dengan warna putih atau krem yang memberikan kesan netral. Kini, warna-warna “berani” justru sering kita jumpai pada dekorasi interior ruang kerja. Menurut beberapa penelitian, warna-warna tersebut dapat membantu meningkatkan produktifitas kerja. Lalu, apa warna yang cocok untuk ada di ruang kerja Anda?

Sebelum memulainya, perlu dipahami, tidak selalu harus mengaplikasikan warna tersebut sebagai warna cat dinding di ruang kerja atau kantor. Bila perusahaan menggunakan cat warna putih untuk dinding kantor, sedangkan Anda sebagai karyawan merasa lebih nyaman dengan warna lain, maka bisa gunakan tambahan aksesoris sesuai warna yang disukai sehingga tidak perlu mengubah warna dinding yang ada.

 

Biru

Biru adalah warna yang menenangkan sehingga bisa membantu Anda lebih berkonsentrasi dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari serta dapat memberikan ketenangan. Warna biru menjadi warna favorit untuk digunakan di ruangan tempat bekerja.

warna biru tingkatkan produktifitas

Warna biru cerah, sangat cocok untuk digunakan di ruang kerja bagian adminitrasi atau untuk tim kerja yang memerlukan fokus optimal, tambahkan sedikit warna oranye jika karyawan ataupun Anda membutuhkan inpirasi maupun ide-ide untuk proyek yang sedang dijalani.

warna biru untuk produktifitas

Warna biru dipercaya juga dapat meningkatkan ketelitian. Efek menenangkannya juga dapat mendukung komunikasi, sehingga warna ini banyak dipilih untuk di ruang kerja atau rapat agar komunikasi dengan tim berjalan lebih lancar.

Merah

Merah menjadi warna yang membangkitkan respon fisik yang kuat, bahkan bisa mengaktifkan naluri berkompetisi. Warna ini tepat bagi pekerja yang memiliki hubungan dengan pencapaian target jangka pendek, aktifitas fisik, dinamis, membutuhkan kreatifitas serta inspirasi tinggi.

warma merah untuk kerja

Pengaplikasian warna merah ini cocok juga untuk atlit, pelatih, desainer atau artis, namun tidak tertutup kemungkinan bagi pemilik kerjaan lainnya. Namun, jika pekerjaan Anda mudah memicu stress, sebaiknya hindari penggunaan warna merah ini dalam ruang kerja Anda.

warna merah untuk kreatifitas

Hijau

Warna hijau adalah warna yang melambangkan keselarasan, harmoni dan ketenangan sehingga mampu menyegarkan pikiran dan mata Anda saat dikejar deadline pekerjaan. Apapun jenis pekerjaan yang dijalani, usahakan untuk memiliki komponen warna hijau di ruangan baik aksesoris atau bisa tambahkan pot kecil berisi tanaman sehingga apabila Anda merasa lelah atau stres dapat mengalihkan perhatian sesaat sebelum memulai kembali.

warna hijau tingkatkan produktifitas

warna hijau untuk produktifitas

Kuning

Kuning melambangkan optimisme, enerjik dan segar, yang diyakini mampu menghasilkan ide-ide baru dan cemerlang. Warna kuning adalah warna yang paling tepat digunakan di lingkungan kerja kreatif seperti desainer, penulis, seniman atau profesional yang berhubungan dengan dunia seni.

warna kuning untuk produktifitas

warna kuning di tempat kerja

Penggunaan empat warna dasar tersebut di atas dapat dikombinasikan dengan warna lain sehingga tidak monoton. Kembali perlu diperhatikan apabila memang Anda tidak dapat mengubah warna dinding, meja, kursi serta peralatan kerja lainnya, bisa aplikasikan sentuhan warna tersebut pada aksesoris pelengkap atau gunakan sebagai warna baju ke kantor.

Bagaimana, siap untuk mencoba gunakan warna-warna tersebut untuk meningkatkan produktifitas Anda?

Salam warna warni!