4 Tips Utama Memilih Cat Kayu

Duduk di teras atau ruang tamu di rumah dengan pintu terbuka pada sore hari di akhir pekan, ditemani secangkir teh hangat maupun kopi, menikmati semilir udara sejuk tentunya akan membuat hari menjadi lebih segar. Berdiskusi ringan seputar kehidupan dengan anggota keluarga akan mempererat hubungan. Terkadang memang waktu bagi seorang ayah, ibu maupun keduanya adalah pekerja yang hari-harinya dipenuhi aktifitas kerja sehingga akhir pekan dijadikan ajang kumpul dan bercanda dengan seluruh anggota keluarga.

Rumah pun menjadi pilihan utama tempat berkumpul apabila tidak sedang berjanji dengan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan di tempat wisata maupun restoran kekinian. Ruangan yang paling sering digunakan untuk berkumpul tentunya mulai dari teras, ruang tamu, ruang keluarga hingga ruang makan. Tema yang ditampilkan kita sebagai pemilik rumah tentunya akan menjadi perhatian keluarga inti maupun tamu dari keluarga lainnya. Furnitur kayu biasanya menjadi pilihan untuk menampilkan kesan alam maupun dipadukan pada konsep rumah bergaya minimalis, vintage, shabby chic, Scandinavian, Mediteranian, klasik, hingga modern.

Kesan alami dan nyaman dalam hunian membuat masyarakat di Indonesia menyukainya. Untuk memperindah tampilan serta menjaga keawetan furnitur kayu, kita dapat melapisinya menggunakan cat kayu yang tepat. Berikut ini beberapa tips dalam memilih cat kayu :

1. Ketahuilah jenis kayu

Pertama-tama, ketahui terlebih dahulu jenis kayu yang akan dicat. Masing-masing kayu memiliki serat yang berbeda. Misalnya, jenis kayu dari pohon jati mengandung serat dan tekstur yang indah, jadi cukup melapisinya dengan Glotex Varnish agar serat kayunya tetap terlihat menonjol dan lebih mengkilap.

Contoh lain, jenis kayu dari pohon pinus yang biasa disebut Jati Belanda memiliki serat dan warna yang tidak sama/rata. Aplikasikan cat kayu Glotex Super Synthetic Paint dengan pilihan lebih dari 300 warna sehingga serat kayu tertutup dengan sempurna.

2. Penempatan furnitur

Cat kayu tidak hanya membuat tampilan furnitur kayu menjadi lebih menarik. Fungsi lain yang lebih penting dari penggunaan cat kayu adalah melindungi dari hama, jamur, dan juga lumut. Penting bagi kita untuk memperhatikan posisi peletakannya. Misalnya untuk furnitur di taman atau kebun, aplikasikan cat Glotex yang mampu melindungi pagar dari cuaca panas maupun hujan.

3. Tingkat transparansi kayu

Setiap cat kayu yang kita pilih dan hendak digunakan, tentunya keinginan akan tingkat transparansi yang berbeda harus diperhatikan. Apabila kita ingin menghasilkan warna kayu asli, gunakan cat Glotex Varnish pada furnitur interior atau Glotex Politur Tahan Cuaca untuk furnitur eksterior.

4. Memilih warna

Pada saat memilih warna, jangan terpaku pada kartu warna yang disediakan oleh pihak produsen cat kayu saja. Tentukan warna yang disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan serta penempatan furniture dan dekorasi pendukungnya. Jika diletakkan di tempat gelap, pilihlah warna cat kayu yang terang seperti White (000) dari Glotex Super Synthetic Paint. Sebaliknya jika diletakkan di tempat terang, pilihlah warna yang gelap atau netral seperti Black (999).

Demikian empat tips yang perlu diperhatikan saat memilih cat kayu yang tepat. Semoga furnitur kayu milikmu menjadi lebih indah dan sempurna, ya ­čśŐ