4 Rahasia Cat Dinding Tahan Lama

Saat ini perubahan cuaca sedang tidak menentu, beberapa hari panas terik, lalu tiba-tiba bisa saja turun hujan. Kondisi ini tentu bisa berdampak kurang baik untuk rumah apalagi di saat hujan adanya kebocoran yang mengalir pada dinding. Kelembapan akan membuat dinding bermasalah mulai dari mengelupasnya cat, timbul kapur di dinding, warna cat menjadi lebih cepat pudar bahkan timbul jamur dan lumut.

Sebenarnya, kerusakan cat akibat perubahan cuaca dapat diantisipasi dengan beberapa cara rahasia. Apa saja rahasianya?

Rahasia pertama

Cek kelembapan dinding. Cara mudah mengecek kelembapan secara kasat mata yaitu dinding yang kering akan terlihat lebih terang, sedangkan dinding yang lembap terlihat lebih gelap dan lebih dingin atau terasa ada air saat disentuh. Apabila Anda menemukan bahwa dinding di rumah lembap, maka harus segera diambil tindakan agar cat tidak lekas mengelupas dan timbul masalah lainnya. Amati talang air, asbes, genteng atau atap apakah ada yang bocor, jika ada maka harus segera ditambal maupun renovasi.

Rahasia kedua

Lakukan pengampelasan sebelum pengecatan lapis pertama dan kedua. Pastikan permukaan dinding semuanya rata serta tidak ada gumpalan cat yang mudah pecah sehingga mempercepat pengelupasan cat yang sudah kering.

Rahasia ketiga

Perhatikan jenis cat yang digunakan. Jangan salah dalam menggunakan cat interior untuk pemakaian eksterior, sebab cat interior tidak dapat menahan sinar ultraviolet maupun melindungi dinding dalam perubahan cuaca.

Gunakan selalu cat Metrolite Weatherseal dari Pacific Paint, cat dinding eksterior  berbahan dasar 100% acrylic yang diformulasikan khusus tanpa timbal dan merkuri untuk melindungi permukaan dinding dari cuaca ekstrem serta membuat warna tidak mudah pudar. Beragam warna dapat dipilih sesuai dengan keinginan dan disesuaikan dengan tema rumah. Cat ini juga memiliki kandungan yang membuat dinding tidak mudah berlumut maupun timbul jamur, sehingga Anda dan keluarga terjaga kebersihan dindingnya.

Rahasia terakhir

Apabila dinding Anda baru pertama kali dicat, gunakan Alkali Wall Sealer (cat dasar) terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan cat Metrolite Weatherseal. Cat dasar ini mampu menahan kadar garam berlebih yang ada pada dinding, sehingga warna cat tidak mudah pudar dan warna yang dihasilkan sesuai dengan pilihan.

Itulah beberapa cara rahasia yang sebaiknya Anda terapkan di rumah agar cat dinding awet dan terjaga terus keindahan dan kebersihannya ya.

Salam warna warni!