3 Tips Mudah Hadirkan Kesegaran Alam di Rumah

tips hadirkan kesegaran alam di rumah

Banyak orang berlibur ke luar kota untuk menikmati kesegaran dan keindahan alam dengan hijaunya pepohonan yang memberikan efek menenangkan bagi penikmatnya. Tempat wisata baru banyak bermunculan, seakan berlomba-lomba memanfaatkan keindahan alam sekitar sebagai objek wisata. Mungkin Anda dan keluarga juga termasuk yang ingin menikmatinya.

Namun untuk bisa kesana, tentu Anda perlu menyiapkan waktu dan persiapan khusus karena jarak yang lumayan jauh dari tempat tinggal, dan pasti perlu menyiapkan dana yang tidak sedikit pula.

Kabar baiknya, Anda dan keluarga bisa menikmati kesegaran alam di rumah sepanjang waktu dengan menciptakan nuansa taman di beberapa bagian rumah. Simak tips berikut ini dan temukan ide yang bisa diaplikasikan sendiri.

1. Manfaatkan dinding rumah

Jika Anda tidak memiliki lahan luas untuk meletakkan tanaman, tak perlu khawatir karena manfaatkanlah dinding yang ada untuk menggantung beragam tanaman hias. Ada berbagai macam tanaman yang bisa digunakan; tanaman dengan daun menjuntai, tanaman berbunga, atau tanaman dengan corak daun yang warna-warni. Anda bisa berkreasi dengan berbagai pilihan yang ada, dengan begitu bersama keluarga ataupun tamu bisa menikmati kesegaran serta indahnya alam.

tropical taman

Untuk perawatan tanaman ini biasanya tidak terlalu sulit, Anda tak perlu menyiramnya setiap hari, cukup 2-3x seminggu. Namun perlu memperhatikan perawatan dinding, karena akan sering terkena air saat menyiram tanaman sehingga akan berisiko cat mengelupas ataupun berjamur.

tanaman dinding

Agar dinding tidak cepat rusak, sebaiknya Anda menggunakan Metrolite Waterproofing untuk tembok, atau cat Glotex batu alam jika dinding Anda menggunakan dekorasi batu alam. Kelebihan dari produk Pacific Paint ini adalah bahan cat yang digunakan bebas timbal dan merkuri, cepat kering, tahan terhadap cuaca, mudah diaplikasikan, anti lumut dan jamur juga mampu menutup dan mencegah retak rambut.

2. Hutan tropis di teras rumah

Anda lebih suka menikmati kesegaran dari teras rumah? Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas untuk meletakan tanaman di teras, tentunya akan lebih leluasa berkreasi dan menatanya dengan kursi taman. Namun, jika lahan yang tersedia sangat terbatas, gunakan beragam pot kecil sebagai media tanamnya. Untuk mempercantik teras, tanaman tropis yang eksotis bisa menjadi pilihan dengan ukuran yang agak besar sehingga bisa menambah teduh suasana.

taman dalam rumah

Perlu diperhatikan pada taman semi outdoor adalah penggunaan furnitur karena akan sering terpapar panas matahari dan juga air hujan. Tapi tidak masalah, seperti juga dinding yang dapat dilindungi, furnitur dari besi atau kayu pun dapat diaplikasikan cat Glotex dari Pacific Paint.

taman interior

3. Suasana alam di pojok ruangan

Area pojokan rumah kadang terlewati begitu saja padahal banyak yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fungsi ruangannya. Salah satunya dengan menempatkan tanaman dan menjadikan tempat itu sebagai tempat bersantai menikmati keindahan dan kesegaran alam di rumah.

tanaman tropis dalam rumah

Tidak perlu biaya yang besar untuk menghias pojok rumah, Anda bisa memilih tanaman sesuai dengan budget dan tema ruangan yang sudah ada.

taman tropical di teras

Semoga tiga ide di atas bisa menjadi inspirasi dalam menghadirkan kesegaran alam di rumah yang dapat dinikmati setiap saat bersama keluarga dan orang terkasih Anda.

Salam warna warni.