Panduan Praktis Pengecatan Ulang Dinding Ruang Kerja

Bekerja tanpa harus mengalami kemacetan atau tidak perlu pergi pagi dan pulang malam adalah impian dari para pekerja. Bagi yang telah memutuskan untuk memiliki pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah baik usaha sendiri, freelance atau apapun, tentunya sudah ada ruangan atau sudut khusus di rumah yang dijadikan tempat melakukan aktifitas bekerja ya. Jika kini Anda merasa perlu mengganti warna cat dinding agar lebih semangat lagi bekerjanya, nah di sini kita akan membahas mengenai pemilihan warna cat dinding, gunakan cat Metrolite Acrylic Emulsion yang memiliki ribuan warna menarik, mudah diaplikasikan, cepat kering, hasil maksimal dan tentunya tahan lama.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses pengecatan ulangnya mendapatkan hasil yang baik dan maksimal. Kita pasti tidak mau dindingnya menjadi bermasalah atau pengecatan yang tidak rata sehingga tidak membuat hati puas melihat hasilnya.

Lalu, bagaimana cara mengecat ulang dinding lama? Simak panduan praktis pengecatan ulang dinding ruang kerja Anda berikut ini:

1. Periksa dan siapkan dinding yang akan dicat ulang

  • Apabila daya lekat cat lama kuat dan baik, bersihkan permukaan dinding dengan air sambil digosok dengan amplas atau sikat. Bila perlu bersihkan dengan deterjen, bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Jika permukaan dinding berlumut/berjamur, bersihkan dengan larutan kaporit lalu bilas dengan air bersih dan keringkan.
  • Apabila cat dinding lama sudah mengapur, bersihkan dari debu-debu pengapuran dengan amplas atau lap basah sampai dasar dinding atau lapisan aciannya terlihat.
  • Jika lapisan cat lama sangat tebal dan mengelupas, kerok habis sampai ke dasar dinding

2. Proses pengaplikasian cat dasar Pacific Alkali Wall Sealer dan cat dinding Metrolite Acrylic Emulsion

  • Periksa dan pastikan dinding sudah kering atau bersih.
  • Tutupi lantai atau dinding yang tidak dicat dengan koran atau terpal agar terhindar dari percikan cat.
  • Siapkan alat-alat pengecatan yang baru atau bersih, antara lain:
    1. Kuas (sesuaikan ukuran kuas dengan bidang yang akan dicat agar hasilnya lebih baik dan terhindar dari borosnya penggunaan cat)
    2. Roller
    3. Bak roller
    4. Ember plastik
    5. Pengaduk
    6. Tangga (untuk mengecat dinding di sisi atas)

  • Aplikasikan cat dasar Pacific Paint Alkali Wall Sealer hingga 2 lapis untuk menjaga kualitas cat tetap menempel sempurna dan tahan lama.
  • Periksa dan pastikan kemasan cat Metrolite Acrylic Emulsion tertutup rapat. Kemudian, buka kemasan dan aduk hingga rata sebelum diencerkan.

  • Tuangkan cat ke dalam ember plastik, lakukan pengenceran dengan air bersih sesuai petunjuk pabrik (cek di sisi kemasan) maksimal 10 %, kemudian aduk hingga rata.

  • Ambil cat dengan roll atau kuas secukupnya dan ulaskan ke permukaan dinding hingga merata mulai dari bagian atas ke bawah.
  • Lakukan pengecatan selapis demi lapis dengan selang waktu pengeringan minimal 2 jam dengan merata.

  • Setelah semua sisi dinding selesai dicat, bersihkan semua perlengkapan yang sudah digunakan. Jika masih ada cat tersisa, tutup rapat kemasan agar cat dapat digunakan kemudian hari.

 

Apabila panduan tersebut telah dilakukan, bukan tidak mungkin tampilan dinding kantor Anda seperti baru kembali dan tentunya indah dipandang.

Semangat mengecat ulang ya!